Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Rumah saja

Alt Key : Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Rumah saja - Kegiatan di Rumah Selama Pandemi - Mengisi Waktu Liburan di Rumah

Pandemi Covid-19 yang belum juga meredam membuat sebagian ruang publik dibatasi. Salah satunya adalah tempat rekreasi. Alhasil, ketika liburan tiba, sebagian besar opsinya adalah liburan di rumah saja. Tapi, sudah berbulan-bulan di rumah, apa nggak bosan? Kira-kira apa kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan di rumah yang nggak mengurangi keseruan dan quality time?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan momen yang tidak terlupakan saat liburan di rumah saja. Dilansir dari kelaspintar.id, yuk cari tahu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan di rumah. Selengkapnya di Delia Hijab.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Rumah saja

 

Alt Key : Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Rumah saja - Kegiatan di Rumah Selama Pandemi - Mengisi Waktu Liburan di Rumah

 

Bermain

Bermain akan menjadi hal yang dilakukan saat liburan di rumah paling sering. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan di rumah saja, baik tradisional maupun modern. Misalnya bermain congklak, lompat tali, atau bermain board game seperti uno dan monopoli juga cocok dimainkan bersama keluarga. Bisa juga bermain game online bersama teman-temanmu sambil mengobrol melalui ponsel masing-masing. Namun jangan lupa untuk memberi batasan waktu bermain, kesehatan mata juga harus diperhatikan.

Nonton

Kamu gak sempet me time? Nah, gak apa kok sesekali rebahan tanpa merasa berdosa, mumpung liburan. Lakukan apa yang nggak bisa kamu lakukan saat sedang sibuk. Misalnya menonton film atau serial drakor favorit kamu.

Namun jangan sampai kebablasan, mentang-mentang lagi liburan jadi terlalu santuy dan gak tau waktu. Pastikan untuk cukup waktu untuk mengistirahatkan mata dan batasi waktu nonton sambil diselingi kegiatan positif lainnya.

Memasak

Memasak bukan hanya untuk kaum hawa, bukan juga hanya untuk chef profesional, semuanya bisa belajar dan memasak di rumah. Buat kamu yang hobi makan, bisa coba kegiatan ini. Kamu bisa mencoba membuat resep-resep unik dan viral, termasuk resep jajanan kaki lima. Dengan begitu kamu bisa tetap menikmati jajanan dengan kehigienisan yang terjaga.

Selain itu, ibu adalah chef terbaik di rumah, lebih seru lagi kalau prosesnya kita videokan dan diunggah ke medsos. Siapa tau jadi viral dan jadi content creator yang inspiratif juga berpenghasilan. Memasak adalah kegiatan di rumah selama pandemi yang seru, bukan?

Membuat Kerajinan

Daripada nganggur, mending kamu membuat kerjainan DIY, seperti mainan, boneka atau gantungan kunci. Tentunya akan melatih untuk lebih kreatif dan infovatif. Apalagi kalau membuat kerjinan dari bana daur ulang. Selain mencintai bumi, tentu akan menghemat biaya, dan bisa menjadi sumber penghasilan kalau hasil kerajinanmu bisa dijual secara online. Asyik bukan?

Olahraga

Olahraga juga bisa jadi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan di rumah. Selain menjaga kebugaran tubuh, kamu juga bisa membuat program pembentukan otot-otot. Kamu bisa coba olahraga ringan hingga berat, contohnya senam aerobic, push up, angkat beban, lari dan lainnya.

 

Alt Key : Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Rumah saja - Kegiatan di Rumah Selama Pandemi - Mengisi Waktu Liburan di Rumah

 

Dekorasi Kamar

Rumahku adalah istanaku, pepatah lama ini juga bisa menjadi ide untuk melakukan kegiatan positif saat liburan di rumah. Selain bersih-bersih rumah, kamu juga bisa mendekorasi ulang, khususnya kamar kamu sendiri. Selain mempercantik kamar, tujuannya untuk memberikan suasana baru supaya kamu tidak bosan.

Kamu bisa memasang wallpaper baru, mengecat ulang, mengatur penempatan barang dan menghiasnya supaya lebih ‘bikin betah’.

Bercocok Tanam

Selama di rumah aja, kamu bisa mengusir bosan dengan berkebun atau bercocok tanam. Kamu bisa mulai dengan metode hidroponik, menggunakan pot atau memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah.

Selain bisa menghias area rumah, tanamanmu juga bisa menambah kadar oksigen di sekitar tempat tinggal kamu. Jadi apa nih yang bakalan kamu tanam? Bunga, tanaman hias atau sayuran?

Meluangkan Waktu Belajar

Kalau kamu masih berstatus pelajar atau mahasiswa, jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu untuk belajar. Kamu bisa ‘mencuri start’ dengan mempelajari materi berikutnya atau mempelajari materi yang belum dipahami.

Selain mempelajari materi pelajaran juga, kamu bisa pelajari ilmu lain diluar bahasan sekolah atau kuliah. Misalnya tentang bisnis dan kehidupan sehari-hari. Belajar adalah proses yang tidak boleh berhenti.

Mencari Penghasilan Tambahan

Kegiatan terakhir ini memang butuh usaha yang lumayan, tetapi akan terasa ringan kalau kamu menikmati saat menjalaninya. Kamu bisa memulai dengan menjual kreasi kerjainan atau hasil masakan kamu, kemudian didagangkan melalui media online.

Atau kalau kamu masih bingung mau jual apa, bisa juga memulai bisnis reseller. Yuk simak tips memulai bisnis tanpa modal.

 

3 thoughts on “Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Rumah saja

  1. Pingback: Rekomendasi Film Keluarga Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Sedih

  2. Pingback: Manfaat Bertanam Sayur di Rumah Sendiri - Delia Hijab

  3. Pingback: Resep Cireng Krispi dan Lembut, Pakai Sambal Rujak - Delia Hijab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?