Manfaat Bertanam Sayur di Rumah Sendiri

Alt Key : Manfaat Bertanam Sayur di Rumah Sendiri - Menanam Sayuran di Rumah dengan Hidroponik - Bercocok Tanam di Rumah Selama Pandemi

Delia Hijab, Manfaat Bertanam Sayur di Rumah Sendiri – Belakangan ini bercocok tanam dengan metode hidroponik semakin sering dilirik, terutama untuk berkebun di rumah. Bertanam sayuran dengan metode hidroponik memang cocok untuk manusia modern yang hidup dalam segala keterbatasan. Manfaat yang bisa didapat darinya juga banyak. Berikut ini beberapa di antaranya. Dilansir dari Merdeka.com, yuk simak selengkapnya di Delia Hijab.

Manfaat Bertanam Sayur di Rumah Sendiri

Menghemat Lahan

Menanam sayur dengan metode hidroponik tidak memerlukan lahan luas. Bahkan jika Anda tidak memiliki halaman rumah pun teknik berkebun ini tetap bisa diterapkan. Pasalnya, cocok tanam hidroponik menggunakan kultur air atau kultur pasir untuk penanaman. Anda bisa meletakkannya di sudut rumah.

 

Alt Key : Manfaat Bertanam Sayur di Rumah Sendiri - Menanam Sayuran di Rumah dengan Hidroponik - Bercocok Tanam di Rumah Selama Pandemi

 

Memberikan Pasokan Sayuran Berkualitas

Anda bisa mendapatkan pasokan sayuran yang bermutu tinggi dengan menanamnya sendiri. Anda bisa memilih untuk menanamnya dengan pupuk organik dan tidak menggunakan pestisida. Jadi mutu sayuran tetap terjaga.

Menghemat Pengeluaran

Menanam sendiri sayuran dan rempah daun bisa membantu memotong jumlah anggaran belanja. Tanamlah tumbuh-tumbuhan yang sering Anda gunakan untuk memasak, antara lain cabai, tomat, jeruk nipis, dan kemangi.

Menjadikan Rumah Lebih Sejuk

Bertanam sayur dengan cara hidroponik juga bermanfaat untuk lingkungan. Selain terlihat lebih asri, sayur-sayuran ini juga bisa memproduksi oksigen. Rumah pun terasa lebih sejuk.

Menyegarkan Mata

Menatap tumbuh-tumbuhan hijau bisa membantu menyegarkan kembali mata yang lelah. Sayuran yang Anda tanam bisa membantu mengurangi polusi dan menambah pemandangan hijau yang menyejukkan mata.

Demikian berbagai manfaat bertanam sayuran hidroponik untuk kehidupan sehari-hari. Tentunya selama di rumah aja, kamu bisa mengusir bosan dengan berkebun atau bercocok tanam. Jangan bingung dengan metode hidroponik, ada banyak tutorial sederhana untuk memulai tanam-menanam hidroponik di Youtube. Selain menggunakan metode hidroponik, kamu juga bisa menggunakan pot atau memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah.

Selain bisa menghias area rumah, tanamanmu juga bisa menambah kadar oksigen di sekitar tempat tinggal kamu. Bercocok tanam banyak manfaatnya bukan? Jadi apa nih yang bakalan kamu tanam di rumah? Bunga, tanaman hias atau sayuran?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?