Olahraga Ringan di Rumah saat Pandemi

Olahraga Ringan di Rumah saat Pandemi

Walau sedang menjalani fase ‘di rumah aja’, selama pandemicini bukan berarti kita hanya duduk dan rebahan setiap harinya. Melansir dari The Jakarta Post, sebuah penelitian menyebutkan olahraga ringan di rumah saat pandemi yang dilakukan sekitar tiga kali seminggu bisa mengurangi risiko kematian saat flu Hong Kong tahun 1998.

Sementara orang yang tidak berolahraga sama sekali atau terlalu banyak berolahraga (lima kali seminggu), memiliki risiko kematian lebih besar dibandingkan dengan orang yang cukup berolahraga. Jadi, pastikan kamu tetap berolahraga rutin dengan intensitas sedang supaya tetap sehat selama pandemi COVID-19 ini berlangsung, ya.

Olahraga Ringan di Rumah saat Pandemi

Nah, olahraga apa saja yang cocok kamu lakukan? Dilansir dari Halodoc, yuk simak selengkapnya di Delia Hijab.

Kardio

Jenis olahraga kardio adalah olahraga yang efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Untungnya olahraga ini bisa dilakukan di rumah sehingga mengurangi risiko kamu terjangkit COVID-19. Jika kamu memiliki treadmill, sepeda statis atau alat kardio lainnya di rumah, maka kamu bisa memanfaatkannya. Namun, jangan khawatir, lompat tali atau skipping juga bisa menjadi alternatif. 

Olahraga Ringan di Rumah saat Pandemi

Senam Aerobik

Jika tidak memiliki alat latihan kardio, kamu bisa melakukan senam aerobik yang memiliki manfaat yang serupa. Olahraga satu ini juga menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan selama di rumah. Kamu bisa melakukan senam zumba misalnya, dengan mengikuti video tutorial atau bahkan bersama teman-teman di rumah masing-masing lewat video conference. Senam aerobik juga mampu meredakan gejala depresi dan gangguan cemas yang dihadapi selama pandemi ini. 

Yoga

Olahraga ini mungkin terkesan mudah dan sederhana. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, olahraga ini juga tergolong efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Bonusnya lagi, beberapa gerakan yoga dapat membuat kamu lebih tenang dan santai. Sehingga kecemasan yang sering muncul selama pandemi ini bisa berkurang. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di internet.

Menari

Mirip senam aerobik, aktivitas menyenangkan ini juga bisa dihitung olahraga, lho! Kamu bisa nyalakan lagu favoritmu, atau sambil melihat video idola kesukaanmu. Menari juga tergolong sebagai olahraga karena meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh. Kamu juga bisa berkeringat saat menari, karena menari membuat tubuh lebih aktif dan terus bergerak.

Push-up

Olahraga ini juga bisa dilakukan di rumah dan untungnya kamu juga tidak memerlukan alat bantu. Push-up adalah olahraga yang tepat jika kamu ingin memperkuat tubuh bagian atas, seperti dada. Jika rutin dilakukan setiap hari, maka dapat meningkatkan kekuatan otot dada dan tubuh menjadi lebih fit.

Ingat, jangan sampai masa-masa karantina ini membuat kamu jadi malas-malasan untuk olahraga, ya! Lakukanlah olahraga rutin dan terapkan pola makan sehat dan tidur cukup agar sistem imun kamu cukup kuat untuk melawan virus dan penyakit lainnya.

3 thoughts on “Olahraga Ringan di Rumah saat Pandemi

  1. Pingback: Delia Hijab – Mengikuti Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW

  2. Pingback: Tips Awet Muda dan Cantik Alami ala Wanita Jepang - Delia Hijab

  3. Pingback: Delia Hijab - Cara Mengatasi dan Mengurangi Rasa Nyeri Menstruasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?