Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Wajib Dicoba

Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Wajib Dicoba

Berbagai cara bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, terutama dengan mengatur pola makan. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui Sayuran Penurun Kolesterol yangbisa anda coba.

Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk dapat membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Makanan untuk menurunkan kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh seseorang bisa dikendalikan dengan mengonsumsi berbagai makanan atau sayuran penurun kolesterol, diantaranya:

1. Mentimun dan sawi hijau

makanan penurun kolesterol

Kandungan antioksidan yang ada dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga dapat mencegah terakumulasinya kolesterol di dalam darah. Untuk itu, setelah makan daging, usahakan juga untuk selalu mengonsumsi sayuran agar dapat menurunkan kolesterol seperti bayam, mentimun, atau kol.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

2. Ikan laut yang mengandung omega 3sayuran penurun kolesterol

Simak Selengkapnya

Ikan berlemak, seperti misalnya salmon dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang cukup baik untuk tubuh. Agar kandungan gizi dari ikan nggak berkurang.

Kamu bisa memasak ikan dengan cara mengukus atau juga merebus. Ikan yang digoreng justru akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Kacang kacangan

Menurut beberapa penelitian, makan 2-3 porsi kacang per hari bisa menurunkan kolesterol dengan cepat. Rata-rata kolesterol yang diturunkan sekitar kurang kebih 10,2 mg/dl. Sementara itu, dengan makan satu porsi kacang setiap hari pun dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung fatal dan non-fatal sekitar 28%.

4. Minyak zaitun

sayuran penurun kolesterol

Selanjutnya Sayuran Penurun Kolesterol edua nutrisi ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol atau lemak jahat dan juga menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik.

Kamu juga bisa mencampurkan dua sendok minyak zaitun pada salad atau bsa coba menggoreng dan menumis dagingmu dengan memakai minyak zaitun. Kamu juga bisa mengganti minyak kelapamu menjadi minyak zaitun agar lebih sehat.

Baca Juga : Jenis Jenis Makanan yang cocok Saat Kumpul Bareng Teman

5. Outmeal

Oatmeal mengandung banyak serat larut yang dipercaya bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Serat pada oatmeal juga dipercaya bisat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Untuk itu, setelah makan daging, baiknya kamu mengonsumsi oatmeal pada pagi hari setelahnya.

6. Pisang

sayuran untuk menurunkan kolesterol

Pisang termasuk ke dalam buah untuk menurunkan kolesterol paling ampuh yang akan membantu mengeluarkannya dari sistem pencernaanmu. Dengan begini kolesterol nggak akan masuk ke dalam aliran darah dan menyumbat arterimu kan?

7. Apel

sayuran penurun kolesterol

Pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan juga lemak jahat dari makanan serta mengeluarkan urine dan juga feses. Antioksidannya yang kuat bisa menurunkan peradangan lo! Dengan secara rutin mengonsumsi makanan diet untuk menurunkan kolesterol seperti apel, jantung akan jadi lebih sehat dan juga terhindar dari kolesterol jahat.

Nah, itu tadi beberapa sayuran penurun kolesterol dan makanan yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sekarang nggak perlu takut lagi deh kalau kebanyakan makan daging, asal langsung imbangi aja dengan penawarnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?