Tips Mengatasi Stres Anak saat Belajar di Rumah

Tips Mengatasi Stres Anak saat Belajar di Rumah

Perubahan rutinitas di kala pandemi ini bisa sangat berpengaruh pada psikologis si kecil. Aktivitas yang terbatas, ditambah lagi harus tetap melakukan kegiatan belajar di rumah. Sebagai orang tua, kita harus bisa mengenali dan mengatasi stres anak saat belajar di rumah.

Mengutip dari WHO, anak-anak merespons stres dengan berbagai cara. Seperti menarik diri, marah, cemas atau gelisah, dan lain-lain. Karena itu, tanggapi reaksi si kecil dengan cara yang mendukung, dengarkan keprihatinan mereka dan berikan perhatian ekstra selama pandemi ini. Dilansir dari Parenting Orami, yuk simak selengkapnya di Delia Hijab.

Tips Mengatasi Stres Anak saat Belajar di Rumah

Tips Mengatasi Stres Anak saat Belajar di Rumah

Jelaskan Informasi Tentang Pandemi COVID-19

Psikolog RS Pondok Indah, Jane Cindy Linardi, M. Psi, Psi, CGA menjelaskan agar orang tua memberikan informasi terkait situasi pandemic virus COVID-19 yang sedang terjadi di seluruh dunia. Kamu bisa memberikan ilustrasi video sederhana yang bisa dicari di berbagai media sosial, yang dibuat khusus untuk menjelaskan virus COVID-19 pada anak.

Dan jangan lupa mengingatkan perlaku hidup bersih dan sehat kepada Si Kecil. Dengan begitu, anak bisa menangkap pesan ‘di rumah aja’ termasuk belajar di rumah, yang merupakan cara mencegah penyebaran dan penularan virus.

Berikan Waktu Bersosialisasi dengan Teman-temannya

Tindakan ini juga menjadi tips untuk mengatasi stres anak saat belajar di rumah. Berikan anak ruang dan kesempatan untuk melakukan video call dengan teman-teman sekolahnya, termasuk juga saudara-saudaranya.

Kamu bisa mengajak orang tua murid di kelas Si Kecil untuk sama-sama mengadakan conference call. Buat momen dimana anak bisa bercerita dengan teman-teman sekelasnya sehingga mereka tidak merasa stress.

Ajak Si Kecil Melakukan Hobinya

Sebagai orang tua, kita perlu menyisihkan waktu di rumah untuk bersama-sama dengan anak melakukan hal yang ia sukai, seperti hobinya. Kenalkan juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama namun jarang dilakukan. Misalnya, berjemur bersama di pagi hari sambil mendengarkan lagu favorit dan mengobrol.

Ada banyak aktivitas di dalam rumah yang bisa dilakukan Si Kecil dan keluarga di tengah pandemi ini, dan jadikan kegiatan ini sebagai tips mengatasi anak stres saat belajar di rumah.

Tips Mengatasi Stres Anak saat Belajar di Rumah

Buat Si Kecil Tetap Produktif

Membuat anak tetap produktif menjadi tips terakhir dalam menagtasi stres pada anak saat belajar di rumah. Kamu bisa turut ikut dalam membuat proyek kreatif bersama Si Kecil. Misalnya membuat rumah-rumahan dari kardus bekas, atau memasak sesuatu bersama.

Poin terpenting dalam mengatasi stres pada anak adalah sikap orang tua selama menjalani stay at home. Anak akan menangkap apa yang direfleksikan orang tuanya, baik dari perilaku, ujaran, maupun reaksi terhadap pandemic COVID-19 yang sedang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?