Doa Saat Hujan Petir agar Berkah dan Jauh Dari Musibah

Doa saat hujan petir agar Berkah dan Jauh Dari Musibah

Islam mengajarkan cara menyikapi keadaan ketika saat turun hujan deras disertai dengan angin kencang dan petir. Bacaan Doa saat hujan petir ini ditujukan untuk memuji sang pencipta Allah SWT sebagaimana dengan bertasbihnya halilintar dan para malaikat karena takut kepada-Nya.

Saat waktu hujan turun, Islam mengajarkan untuk selalu memperbanyak doa karena termasuk salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa dan waktu di mana doa pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga : Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam Hangat

Bacaan doa saat hujan angin dan petir

اللَّهُمَّ لا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ، وَلا تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ ، وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

“Ya Allah, janganlah engkau matikan kami dengan sebab amarahMu, dan janganlah engkau hancurkan kami dengan azabmu dan selamatkan kami sebelum hal itu terjadi.”

Doa saat hujan turun deras

Saat hujan deras, anda pasti seringkali risau bukan? Tenang saja, baca doa di bawah ini agar hujan deras tidak akan membawa musibah di sekitar kita.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ

Ya Allah, sungguh aku mohon kepada Mu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini dihembuskan.

Doa saat hujan deras dan angin

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].”

Selain Doa saat hujan petir, kita juga dapat menambahkan bacaan doa lainnya apabila hujan yang turun di sekitar kita datang dengan angin kencang yang menakutkan. Doa tersebut berisi tentang permohonan perlindungan kepada Allah SWT agar kita dijauhkan dari segala angin yang mendatangkan musibah yang merugikan kita.

Jadi waktu yang terbaik untuk memanjatkan doa

Doa Saat Hujan Petir

Pada saat hujan selain membaca do’a diatas, menjadi salah satu waktu atau momen terbaik untuk memanjatkan segala hajat atau do’a kita kepada Allah SWT.

Karena memanjatkan do’a pada saat hujan adalah waktu yang mustajab untuk dikabulkan. Berdo’a dengan sepenuh hati dan iklas serta berserah diri kepada yang maha kuasa dibarengi dengan rasa tawakal dan yakin, maka insyallah do’a kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga : Memasak Pare agar Tidak Pahit Beserta Resep Terbaru

Berdoa saat hujan jarang ditolak

Doa Saat Hujan Petir

Pada saat hujan membawa banyak rahmat yang turun ke bumi. Oleh arena itulah, salah satu Imam an-Nawawi mengatakan bahwa doa saat hujan yang anda panjatkan jarang ditolak atau berkesempatan besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Jenis Jenis Hujan Dalam Islam

1. Hujan Hikmah

Jenis hujan yang Allah SWT berikan ini bertujuan untuk memberikan hikmah kepada setiap manusia. Dalam hal ini Doa Saat Hujan Petir, hujan bertujuan untuk memberikan satu gambaran kepada umat agar mereka bisa tafakur atas ciptaan Allah SWT.

Sehingga, air hujan ini melahirkan bencana banjir. Hal itu dimaksudkan sebagai pesan dari Sang Pencipta, agar manusia jangan merusak alam, hidup selalu berdampingan dengan alam, dan harus selalu menjaganya.

2. Hujan Berkah

Selain dengan memanjatkan Doa saat hujan petir di antara bentuk penjagaan Allah kepada alam semesta yang melahirkan maslahat, sekaligus bentuk kasih sayangnya terhadap seluruh hamba yaitu dengan mengatur cuaca.

Dari cuaca ini melahirkan banyak manfaat keberkahan dan kebaikan baik untuk pertumbuhan tanah, manusia, bahkan untuk alam seluruhnya.

3. Hujan Azab

Ini merupakan hujan yang sifatnya harus dihindari, karena berupa hukuman nyata dari sang pencipta. Biasanya bagi orang-orang yang menantang azab, selalu bermaksiat, dan selalu melanggar larangan dari yang maha kuasa.

Hujan yang sifatnya azab, merupakan hal terburuk dari apa yang diturunkan ldari angit.

Terlepas dari hal itu semua, Allah menurunkan hujan dengan aturan dan cara terbaiknya, mulai dari rintik rintik, gerimis, sampai deras. Artinya, Allah menunjukkan tahapan yang terukur.

Hal tersebut juga memberikan kenyamanan bagi pertumbuhan, untuk tumbuh berkembang, tanaman, dan berbuah. Hasilnya bisa dinikmati.

Itulah bebrapa Doa saat hujan petir dan jenis jenis hujan yang harus diketahui agar bisa meningkatkan kualitas Iman kita kepada Allah SWT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?