Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Manfaat buah pir untuk ibu hamil yang Wajib Diketahui

Manfaat buah pir untuk ibu hamil boleh dikonsumsi karena merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup beragam.

Bukan hanya mampu untuk mencukupi kebutuhan gizi saja, tetapi buah pir juga bagus untuk ibu hamil karena memiliki kemampuan melawan infeksi di dalam tubuh. Selain itu, masih banyak beragam manfaat buah pir untuk ibu hamil lainnya yang perlu kalian ketahui.

Baca Juga : FYP Tik Tok Hari ini Simak Jadwalnya beserta Tipsnya

Keamanan dan Nutrisi Buah Pir untuk Ibu Hamil

seiring perkembangan jaman, ternyata buah pir untuk ibu hamil sangatlah aman. Buah pir mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang cukup penting untuk tubuh, berikut ini kandungan yang ada pada buah pir:

Vitamin

Manfaat Buah pir untuk ibu hamil cukup bagus dikonsumsi juga karena mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, A, hingga B6.

Rangkaian vitamin didalam buah pir ini punya fungsi beragam juga, diantaranya berperan sebagai antioksidan, bagus untuk otak janin, dan membuat mata bayi lebih sehat nantinya.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil

Serat

Serat dibutuhkan oleh ibu hamil agar buang air menjadi lebih lancar dan kesehatan perut tetap terjaga saat momen kehamilan. Buah pir untuk ibu hamil cukup baik dikonsumsi karena kandungan serat yang cukup sehingga membuat kesehatan perut dan pencernaan kamu akan lebih terjaga dengan baik.

Kalori

Ibu hamil sangat membutuhkan kalori lebih karena sedang dalam proses membesarkan janin yang ada dalam kandungan. Bisa diibaratkan, ibu hamil makan untuk dua orang, untuk dirinya sendiri dan bayinya.

Kalori menjadi salah satu komponen penting yang wajib ada pada setiap makanan ibu hamil karena selain membantu untuk pertumbuhan janin.

Kalori juga berfungsi untuk menguatkan tubuh kamu dan membantu produksi ASI yang akan siap ketika bayi lahir nantinya.

Asam Folat

Asam folat tinggi bukan hanya dimiliki buah alpukat atau pisang saja. Buah pir bagus untuk yang sedang hamil karena mengandung asam folat yang cukup untuk asupan setiap harinya.

Nutrisi asam folat jangan sampai diabaikan karena berhubungan dengan kesehatan otak janin yang ada di dalam kandungan.

Kalium

manfaat buah pir untuk ibu hamil karena juga mengandung nutrisi kalium walaupun tak sebanyak buah pisang.Walaupun begitu, kalium yang ada pada buah pir nantinya berperan dan bertanggung jawab pada beberapa fungsi tubuh, sel, serta jaringan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Buah pir untuk ibu hamil sudah cukup terbukti memiliki banyak manfaat dan aman untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui:

1. Mencegah dan Meringankan Sembelit

Sembelit salah satu keluhan yang umum dialami para ibu hamil. Sembelit saat hamil bisa disebabkan banyak hal, mulai dari perubahan hormon, rahim yang membesar, hingga kurang minum air putih, atau bisa juga kurangnya asupan serat.

2. Membantu Mealawan Infeksi

Buah pir untuk ibu hamil juga dapat membantu melawan infeksi penyakit yang mungkin bisa muncul. Buah pir yang manis ini dapat membantu tubuh untuk mencegah penyakit menular seperti flu, batuk, atau flu musiman. Buah pir juga memiliki peran cukup penting untuk mengobat sejumlah penyakit seperti infeksi paru hingga hepatitis.

3. Membantu Mencegah Cacat Tabung Saraf

Buah pir sangat dianjurkan karena memiliki kandungan asam folat meskipun tidak sebanyak pada buah alpukat. Sepotong buah pir mengandung kurang lebih 12 mikrogram asam folat yang cukup untuk asupan harian, terutama untuk yang sedang hamil. Sebaiknya dikonsumsi karena asam folat didalamnya nantinya akan membantu mencegah cacat tabung saraf.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting, terutama bagi para Ibu hamil yang cukup rentan terhadap berbagai penyakit musiman. Manfaat buah pir untuk ibu hamil salah satunya bisa membantu menjaga imunitas tubuh supaya tahan terhadap berbagai macam infeksi musiman yang dialami.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin yang ada pada buah pir sangat bagus untuk kesehatan tubuh kamu.

5. Anti Depresi dan Anti Muntah

Ibu hamil sangat rentan sekali terkena depresi yang menyebabkan mual hingga muntah. Hormon yang ada pada tubuh ibu hamil tak menentu sehingga mood biasanya naik turun. Ibu hamil yang mengalami mood naik turun jangan diabaikan karena akan berujung pada depresi yang juga membahayakan pada janin. Buah pir memiliki rasa manis dan asam yang ringan sehingga mampu mengatasi stress sekaligus dapat membantu mengurangi mual dan muntah.

6. Membuang Racun pada Tubuh

Manfaat buah pir untuk ibu hamil yang sangat menarik yaitu buah pir mengandung tannin yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menghilangkan racun berbahaya yang mungkin ada dalam tubuh.

Racun berbahaya ini biasanya didapatkan saat kamu terpapar sesuatu, seperti radikal bebas, polusi udara, dan yang lainya.

Tips Mengonsumsi Buah Pir Sehari-Hari

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil pada dasarnya tidak akan menimbulkan efek samping pada siapapun, terutama pada masa kehamilan seseorang. Namun tetap harus waspada terhadap buah ini bila kamumemiliki sejumlah kondisi seperti berikut ini:

Hati-hati Bagi Penderita Diabetes

Daftar Partnership Delia Hijab

Buah pir cenderung manis dan manisnya pun sangat alami. Namun, bagi penderita diabetes, buah pir tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan. Ada batas maksimal untuk mengonsumsi buah ini setiap harinya.

Hindari Buah Pir Bila Produksi Gas Berlebih

Produksi gas berlebih dapat membuat perut kembung, mual, hingga muntah. Mengonsumsi buah pir yang biasa dimakan mentah mengandung serat kasar yang dikhawatirkan bisa mengiritasi perut dan mungkin akan menyebabkan muntah hingga diare. Meskipun begitu, ada saran jitu supaya lebih aman mengonsumsi buah ini, yaitu dengan cara dipanggang, direbus, atau bisa juga  dikukus.

Pilihlah Pir yang Segar

Manfaat buah pir untuk Ibu Hamil yang masih segar, tanpa bintik-bintik hitam, ataupun noda pada kulitnya. Cium aroma pir terlebih dahulu karena buah pir yang masih segar cenderung berbau harum dan sangat menggugah selera untuk dikonsumsi.

Simpanlah buah pir dalam kulkas supaya bisa tahan lama, pastikan tertutup kantong kertas coklat agar tidak terkontaminasi bau bahan makanan lainnya.

Konsumsi Pir Lebih Baik Setelah Makan

Sebetulnya  kapan saja boleh mengonsumsi buah ini bila tidak ada pantangan seperti penyakit lambung dan yang lainya.

Hal ini dikarenakan buah pir akan memiliki rasa yang sedikit asam walaupun tetap manis. Penderita penyakit lambung cenderung tidak tahan dengan rasa asam yang ada pada buah pir dan akan sangat mengganggu. Jadi ada baiknya pir dikonsumsi setelah makan saja  agar Manfaat buah pir untuk Ibu Hamil dan jangan dalam keadaan perut kosong. Buah pir yang dicampur dengan susu segar cenderung dapat memberi efek pencahar, jadi harus hati-hati juga terhadap hal ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?