Manfaat olahraga Bagi Tubuh untuk Menjaga Kesehatan dan Mental

Manfaat olahraga Bagi Tubuh untuk Menjaga Kesehatan dan Mental

Manfaat olahraga Bagi Tubuh bukan hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga bisa menjaga kesehatan mental.

Ada beragam manfaat olahraga yang bisa kamu peroleh, mulai dari memelihara fungsi organ tubuh hingga meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk kesehatan mental kamu.

Olahraga adalah salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, namun masih sering kali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh akan lebih bugar dan kesehatan kamu pun akan tetap terjaga.

Beragam Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Berapa pun usia kamu, berolahraga secara rutin baik dilakukan agar tubuh lebih sehat dan bugar. Berikut ini adalah beragam manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga Bagi Tubuh

Info Selengkapnya Klik DISINI

Baca Juga : Tips Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Manfaat olahraga yang pertama yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Berolahraga diketahui bisa meningkatkan ukuran dan kekuatan otot ventrikel jantung bagian kiri. Otot tersebut berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Olahraga juga bermanfaat untuk membuat detak jantung menjadi lebih rendah. Hal tersebut karena jantung bekerja lebih efisien dalam memompa darah.

2. Meningkatkan Ukuran dan Massa Otot

Manfaat olahraga Bagi Tubuh selanjutnya yaitu bisa meningkatkan ukuran dan massa otot. Penambahan massa otot tersebut karena bagian tubuh tersebut memiliki lebih banyak pembuluh darah kapiler, enzim penghasil energi, dan kapasitas penyimpanan makanan. Dengan berolahraga secara rutin, otot juga bisa menyesuaikan untuk menggunakan bahan makanan lebih efektif dan efisien.

3. Menambah Kapasitas Paru Paru

Saat berolahraga kebutuhan oksigen menjadi meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, paru-paru harus meningkatkan volumenya.

Dengan olahraga secara rutin, maka kapasitas paru-paru akan bertambah. Saat kapasitas bertambah, maka oksigen yang masuk juga akan meningkat. Bukan hanya jumlah oksigen yang meningkat, tetapi tubuh juga akan memiliki kemampuan mendistribusikan oksgien dengan lebih cepat dan efisien.

4. Meregenerasi Tulang

Manfaat olahraga berikutnya adalah meregenerasi tulang oleh sel baru. Regenerasi bermulai dari lapisan tulang bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam.

Proses tersebut berlangsung dengan perlahan. Jenis olahraga yang memberikan dampak besar dalam regenerasi tulang adalah olahraga yang melatih ketahanan dan kekuatan otot.

Baca Juga : 10  Langkah Menjadi Pengusaha yang Sukses

5. Menjaga kadar gula dalam darah

Manfaat olahraga Bagi Tubuh. Dengan olahraga dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil, khususnya pada penderita diabetes. Bukan hanya itu, ruitn berolahraga juga dapat mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

6. Mencegah dan meringankan nyeri punggung

Nyeri punggung adalah salah satu keluhan yang cukup umum dialami oleh banyak orang dewasa dan lansia. Keluhan ini bisa disebabkan banyak hal, mulai dari saraf terjepit, posisi tidur yang salah, hingga kebiasaan jarang bergerak.

Olahraga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri punggung. Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh seperti otot punggung, perut, dan kaki, akan menjadi lebih kuat dan mampu menopang sendi dan tulang belakang dengan baik.

7. Menjaga berat badan tetap ideal

Melakukan olahraga secara teratur mampu mengurangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan serta menjaganya tetap ideal. Untuk itu olahraga penting dilakukan untuk mencegah atau mengatasi obesitas.

Namun, agar manfaat olahraga bagi tubuh yang satu ini bisa dirasakan secara maksimal, kamu perlu menjaga berat badan tetap ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

8. Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Berbagai jenis olahraga, seperti jalan kaki, sepak bola, atau aerobik, dapat memperkuat otot, tulang, dan sendi. Beberapa riset pun menunjukkan bahwa dengan olahraga secara rutin berperan dalam mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang atau osteoporosis.

Namun, untuk menjaga tulang dan sendi tetap kuat, kamu juga perlu mencukupi asupan nutrisi yang baik dan penting untuk kesehatan tulang, seperti vitamin D dan kalsium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?