Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Wajah Menarik Dicoba

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Wajah

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Wajah merupakan salah satu tanaman yang dikenal mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan.

Tanaman yang mudah tumbuh di lingkungan tropis ini memiliki aroma yang sangat khas. Tak heran mengapa sejak dulu banyak orang yang banyak menanam daun sirih, karena memiliki kandungan minyak atsiri, kavikol, gula, zat samak, pati dan juga betiephenol.

Baca Juga : Cara Mengenali Jenis Kulit Wajah pada Wanita

Manfaat daun sirih sendiri bisa dirasakan dari air rebusannya. Merebus merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ekstrak dari daun sirih yang kaya akan khasiat.

Manfaat air rebusan daun sirih untuk wajah

Berikut manfaat rebusan daun sirih yang bisa kamu rasakan.

Mengatasi alergi atau rasa gatal di kulit

manfaat rebusan daun sirih

Manfaat rebusan daun sirih untuk wajah lainnya adalah mengatasi alergi atau rasa gatal di kulit.

Cara menggunakan daun sirih untuk wajah atasi untuk alergi, cukup dengan hancurkan beberapa lembar daun sirih lalu ambil ekstrak jusnya. Kemudian, campurkan sedikit bubuk atau parutan kunyit.

Setelahnya, bisa mengoleskan masker daun sirih tersebut pada area kulit yang mengalami alergi atau terasa gatal.

Menyembuhkan luka

Sebuah sumber dari laman resmi Universitas Airlangga mengemukakan bahwa manfaat rebusan daun sirih untuk wajah dapat menyembuhkan luka ringan pada wajah, seperti luka gores, atau akibat infeksi bakteri

Manfaat dari air daun sirih untuk wajah ini bisa dirasakan melalui penggunaan daun sirih merah.

Daun sirih merah diketahui mempunyai kandungan, seperti flavonoid, alkaloid, polifenol, dan juga minyak atsiri, yang bertindak sebagai antibakteri untuk kulit.

Baca Juga : Manfaat Es Batu untuk Wajah, Hilangkan Jerawat Hingga Keriput

Saponin juga berfungsi sebagai antiseptik yang mempercepat proses penyembuhan luka sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

manfaat sirih merah untuk kewanitaan

manfaat minum rebusan daun sirih

Sebagai antiseptik alami

Manfaat ini bisa dirasakan bagi para wanita yang sedang haid atau yang sedang menjalani masa nifas. Pada saat haid area kewanitaan sangat rentan terkena infeksi karena penggunaan dari pembalut.

 Aktifitas yang padat, dan juga faktor hormonal. Sama halnya dengan masa nifas atau sehabis melahirkan. Untuk itu para wanita sangat perlu memakai rebusan daun sirih untuk mencegah terjadinya infeksi pada daerah kewanitaan.

Mengatasi keputihan

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Wajah  selanjutnya yaitu Keputihan sering kali dihiraukan oleh para wanita. Padahal keputihan merupakan masalah yang cukup serius yang disebabkan oleh jamur candida albicans.

Dengan rebusan daun sirih teruji secara mikrobiologi mampu untuk membunuh jamur candida albicans.

Baca Juga  : Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan Wajah

Menghilangkan bau tak sedap

Bukan hanya Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Wajah, aroma daun sirih yang sangat khas dan segar juga mampu mengatasi bau tak sedap pada daerah kewanitaan.

Dengan khasiat antiseptik alami yang dapat mengatasi masalah keputihan dan daerah kewanitaan lain khusunya saat datang bulan, pembuatan Resik V Godokan Sirih sama dengan membuat air rebusan sirih dengan resep tradisional.

Bagaimana cara menggunakan daun sirih untuk wajah dengan aman?

manfaat minum daun sirih

Penting diketahui cara menggunakan daun sirih untuk wajah belum tentu efektif untuk dilakukan untuk semua jenis kulit wajah.

Karena, bagi orang-orang dengan kulit wajah normal atau tidak memiliki masalah pada wajah yang berarti, sah-sah saja untuk menggunakan daun sirih untuk wajah.

Namun, Manfaat air rebusan daun sirih untuk wajah berbeda bagi orang dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu. Termasuk juga bagi orang-orang yang memiliki reaksi alergi.

Baca Juga : Tips agar Parfum Tahan Lama Seharian

Jadi, untuk mengetahui apakah kulit Anda cocok menggunakan masker wajah dari bahan alami, sebaiknya lakukan langkah-langkah sebagai berikut ini.

  • Oleskan sedikit air rebusan dari daun sirih untuk wajah ke area kulit lengan bawah atau area belakang telinga.
  • Tunggu selama kurang lebih 24-48 jam untuk melihat reaksinya pada kulit Anda.
  • Apabila kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, berarti Anda dapat menggunakan masker alami wajah daun sirih ini dengan aman.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati sebelum menggunakan masker wajah alami apa pun itu ke wajah Anda.

Ada baiknya Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memperoleh khasiat daun sirih untuk wajah.

Itulah beberapa Manfaat air rebusan daun sirih untuk wajah dan semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?