Mengenal Jenis Rumah Adat Jawabarat

Keyword : Rumah Adat Jawabarat -rumah adat dari jawa barat - rumah adat suku sunda

Keyword : Rumah Adat Jawabarat -rumah adat dari jawa barat – rumah adat suku sunda

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya. Hal tersebut bisa dilihat dari setiap daerah  memiliki adat istiadat, kebiasaan, serta rumah adatnya masing masing setiap daerah. Seperti di jawa barat misalnya, dijawabarat tersimpan budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuk rumah adat yang memiliki corak dari sebuah bangunan dan memiliki makna kehidupan yang melekat di masyarakat jawa barat.

Rumah Adat Jawabarat

Baca juga : Keistimewaan Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi

Di jawa barat terdapat beberapa jenis rumah adat yang masih eksis higga saat ini. Bagi anda yang belum mengetahui tentang rumah adat yang ada di jawa barat, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini. dengan begitu wawasan dan pengetahuan anda akan bertambah.  Untuk itu, yuk simak ulasannya di Delia Hijab berikut ini.

1. Rumah Badak Heuay

Rumah badak heuay jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu rumah badak menguap. Nama tersebut diambil karena bentuk rumah ini menyerupai badak yang sedang menguap. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuknya yang terbuka lebar di bagian atap rumah.  Atap yang terbuka bertujuan untuk melindungi bagian depan teras rumah. Karena pada zaman dahulu dibagian teras biasanya digunakan untuk menerima tamu laki-laki. rumah badak heuay ini bisa anda temukan di daerah sukabumi jawabarat.

Keyword : Rumah Adat Jawabarat -rumah adat dari jawa barat - rumah adat suku sunda

2. Rumah Tagog Anjing

Sama seperti rumah adat sebelumnya, rumah adat tagog anjing memiliki desain rumah yang menyerupai posisi anjing yang sedang duduk. Sekilas rumah adat ini terlihat seperti rumah panggung, hanya saja pondasi rumah tersebut tidak terlalu tinggi. Di bagian atap terdapat dua bidang atap yang berbatasan dengan garis batang suhunan. Bidang atap pertama memiliki ukuran lebih lebar dari atap yang lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi ruangan dari paparan sinar matahari langsung. Rumah adat tagog anjing bisa anda temukan didaerah garut jawa barat.

Rumah Adat Jolopong

Dinamakan jolopong karena bentuk rumah ini yang tergolek atau terkulai lurus. Desain rumahnya pun sangat sederhana dan tidak memiliki lekukan yang variatif. Rumah jolopong sering disebut juga dengan istilah suhunan jolopong. Rumah adat ini bisa anda temukan di daerah priangan timur. Rumah adat ini banyak diminati masyarakat sekitar, mengingat desainnya yang sederhana sehingga lebih hemat material bangunan namun tetap kokoh.

4. Rumah Perahu Kumureb

Dinamakan rumah perahu kumureb, karena bentuk rumah ini menyerupai bentuk perahu yang tengkurap atau terbalik. Hal tersebut bisa dilihat dari desain atapnya yang berbentuk limas. Desain rumah perahu kumureb memiliki empat bagian utama yang terbagi kedalam dua bagian yang berbeda. Diarea sisi depan dan belakang rumah berbentuk trapesium, dan memiliki bentuk segitiga sama sisi di bagian sisi kanan dan kiri rumah. Rumah perahu kumureb bisa anda temukan di daerah ciamis jawa barat.

5. Rumah Julang Ngapak

Disebut dengan rumah julang ngapak karena desain rumah ini menerupai dengan burung yang sedang terbang dan mengapakkan sayapnya. atap rumah adat ini berbentuk segi tiga dibagian atasnya, sedangkan atap dibagian bawahnya lebih melebar. Pada kedua sudut atap dilengkapi dengan cagak gunting atau capit hurang. Hal ini bertujuan untuk mencegah kebocoran disaat hujan turun. Untuk bisa menemukan rumah adat ini, anda bisa mengunjungi ke daerah kuningan  dan tasik malaya jawa barat.

Keyword : Rumah Adat Jawabarat -rumah adat dari jawa barat – rumah adat suku sunda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?