Pesona Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Yang di Akui Dunia

Keyword : Wisata Geopark Ciletuh - Geopark Ciletuh Sukabumi - Geopark Ciletuh

Keyword : Wisata Geopark Ciletuh – Geopark Ciletuh Sukabumi – Geopark Ciletuh

Sukabumi merupakan sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Barat. meskipun begitu, pesona alam yang ada di kota ini sungguh sangat memukau. Keanekaragaman budaya serta keasrian alamnya yang masih terjaga, membuat kota sukabumi ini salah satu tempat favorit yang cocok untuk berlibur. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa dinikmati mulai dari gunung, air terjun, bukit, hingga pantainya. Semua keindahan alam tersebut bisa anda temukan di Global Geopark Ciletuh yang ada di sukabumi. Berikut ini penjelasan lengkap tentang wisata geopark ciletuh sukabumi yang di akui dunia. simak terus di Delia Hijab.

Sekilas Tentang Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Yang Di Akui Dunia

Geopark Ciletuh merupakan kawasan wisata dengan luas wilayah 128 ribu hektar yang mencakup delapan kecamatan di sukabumi. Dengan keistimewaan alamnya yang masih terjaga, tempat ini begitu pouler di kalangan wisatawan. Berkat warisan geologi yang luarbiasa dan keragaman hayati, budaya didalamnya, serta landscape alamnya yang istimewa. Maka geopark nasional ciletuh ini juga telah mendapat pengakuan dari Unesco pada tahun 2015. Dan pada tanggal  12 April 2018 lalu, geopark ciletuh juga telah sah ditetapkan oleh Unesco sebagai jaringan  Global dunia atau Unesco Global Geopark (UGG).

Keyword : Wisata Geopark Ciletuh - Geopark Ciletuh Sukabumi - Geopark Ciletuh

Daya Tarik Keindahan Alam Geopark Ciletuh

Hal yang menjadi daya tarik keindahan alam Geopark ciletuh yaitu menawarkan berbagai  tempat wisata dalam satu kawasan. Keindahan alam yang masih terjaga, maka tak heran bila tempat ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah hingga luar negeri. Salah satu keindahan yang bisa ditemukan di kawasan ini adalah hamparan bebatuan yang merupakan hasil sedimentasi berbagai patahan, fosil,dan lempengan bumi juta tahun lalu. Ditempat ini juga terdapat sembilan air terjun yang masing–masing memiliki keindahan yang luarbiasa. Curug yang bisa anda kunjungi yaitu Curug Awang, Curug cimarinjung, Curug Puncakmanik, Curug tengah, Curug Karet, Curug Cikanteh, Curug Puncakjeruk, Curug Luhur. Curug sodong.  Bagi anda yang menyukai keindahan panorama alam, di Geopark ciletuh terdapat beberapa puncak atau bukit yakni puncak darma dan panenjoan. Ditempat ini pengunjung bisa menikmati landscape alam yang indah dari puncak tersebut. Saat berkunjung ke geopark ciletuh  pengunjung bukan hanya ditawarkan berupa pemandangan air terjun dan gunung saja. Ditempat ini juga terdapat berbagai wisata bahari seperti pantai palangpang, ujung genteng bahkan geopark ciletuh ini telah diperluas dan diintegrasikan dengan kawasan wisata Pantai Pelabuhanratu.

Fasilitas Geopark Ciletuh di Sukabumi

Bagi anda yang berencana melakukan liburan ke tempat ini, tidak perlu kwawatir. Di geopark ciletuh kenyamanan dan dan keamanan pengunjung merupakan prioritas utama. Di setiap tempat wisata telah disediakan berbagai fasilitas seperti area parkir kendaraan, kamar mandi, dan mushola. Saat anda memutuskan untuk menginap dan melakukan liburan lebih lama, di geopark ciletuh juga tersedia beberapa penginapan yang bisa anda sewa. Ditempat ini juga terdapat beberapa resto yang bisa anda nikmati kelezatan hidangannya. Jadi saat berkunjung ke geopark ciletuh keamanan dan kenyamanan anda akan selalu terjamin.

 

 

Rute Menuju Kawasan Wisata Geopark Ciletuh

Akses jalan untuk menuju ke Geopark Ciletuh tidaklah sulit. Hal itu karena pemerintah setempat selalu berupaya dan melakukan perbaikan jalan. Sehingga pengunjung bisa dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik itu mobil maupun motor. Jarak yang ditempuh untuk menuju tempat ini membutuhkan waktu tiga sampai empat jam dari pusat kota sukabumi. Namun bagi pengunjung dari luar kota tidak perlu khawatir karena takut tersesat. Karena untuk menuju geopark ciletuh tersedia petunjuk arah disepanjang jalan. Namun bila masih ragu anda juga bisa menggunakan google maps di smartphone anda.

Harga Tiket Masuk Geopark Ciletuh

Bagi anda yang berencana liburan ke Geopark Ciletuh namun masih ragu mengenai harga tiketnya tidak perlu khawatir, karena ditempat ini tidak menerapkan tiket apapun. Ada punm tarif  yang dikenakan, itu biasanya  untuk parkir kendaraan saja. Biaya yang harus disiapkan untuk membayar parkir kendaraan masih terbilang wajar kok, yakni yakni kisaran tiga sampai sepuluh ribuan saja. Namun perubahan biaya tarif kendaraan kemungkinan sewaktu-waktu bisa saja berubah. Oleh sebab itu sebaiknya anda selalu update mengenai tariff kendaraan ataupun biaya penginapan.

Keyword : Wisata Geopark Ciletuh – Geopark Ciletuh Sukabumi – Geopark Ciletuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?