Tips Foto Produk untuk Para Pemula Jenis serta Contohnya

Tips Foto Produk untuk Para Pemula Jenis serta Contohnya

Tips Foto Produk jadi salah satu hal terpenting yang berpengaruh pada penjualan. Agar bisa menarik customer dalam berbelanja, kamu harus menampilkan foto yang jelas serta menarik dari produk.

Kebanyakan para fotografer sudah mengerti dan paham bagaimana cara mengambil foto produk yang sangat baik. Dari itu jangan aneh bila foto produk yang dihasilkan bagus dan berkualitas. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan foto produk yang bagus juga bisa dihasilkan oleh omula.

Artikel ini akan membahas tips dan trik bagi pemula agar bisa menghasilkan foto produk yang menarikdan memikat para konsumen.

Jenis Jenis Foto Produk

Kalau melihat di marketplace, kamu akan menemukan foto-foto yang diambil dari berbagai angle. Ternyata ini bukan tanpa tujuan, Variasi berbagai produk dan jasa membutuhkan style dan cara pengambilan yang berbeda pula. Berikut penjelasan lebih lengkapnya!

Individual Shots

Tips Foto Produk

Ini menjadi jenis foto produk yang cukup banyak dijumpai dan banyak digunakan. Dimana foto ini hanya menampilkan produk tanpa tambahan properti di dalamnya. Jenis foto ini biasanya digunakan untuk foto katalog dan banner.

Baca Juga : Manfaat Buah Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Group Shots

Seperti namanya, foto grup menampilkan tidak hanya satu produk di dalam satu frame atau foto. Biasanya digunakan untuk produk collection

Tujuan foto ini yaitu untuk menunjukkan variasi produk dan memberikan konsumen penawaran produk secara lengkap. Jenis ini cocok untuk postingan dimedia sosial dan untuk kebutuhan iklan.

Lifestyle Shots

Tips Foto Produk

Foto produk dengan tipe lifestyle ini biasanya menggunakan model. Tujuannya untuk memperlihatkan ‘action’ dari produk. Lifestyle shots menunjukkan cerita di balik produk tersebut sekaligus menunjukkan bagaimana kegunaan produk dalam aktivitas sehari-hari.

Scale Shots

Tujuan dari scale shots yaitumembantu customer mendapatkan gambaran ukuran produk yang sebenarnya. Permasalahan saat belanja online yang banyak dialami konsumen adalah salah memperkirakan ukuran asli produk.

Scale shots membantu pelanggan untuk dapat memvisualisasikan produk dan membandingkan ukurannya dengan produk sehari-hari.

Detailed Shots

Biasanya detailed shots biasa digunakan untuk mengambil gambar produk yang kecil dan memerlukan close-up. Produk tersebut contohnya seperti perhiasan dan produk yang memiliki detail yang harus ditunjukkan kepada konsumen.

Jenis foto produk ini memerlukan cahaya dan pengaturan kamera tertentu. misalnya, memakai lensa makro agar dapat menangkap hasil jepretan yang detail.

Baca Juga : Cara Mengupas Bawang Merah dengan Cepat agar Mata tidak Merah

Tips Foto Produk Untuk Pemula

Kini untuk menghasilkan foto bukan hal yang sangat sulit. Seperti yang kita lihat, kita sudah memiliki handphone dengan kamera bermega pixel yang dapat digunakan untuk berbagai foto.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas untuk pemula.

Tips Foto Produk

Pilih Background yang Tepat

Gunakan background yang berwarna putih atau bisa warna cerah. Warna-wana ini akan mempermudah proses editing dan retouch foto.

Pilih Kamera yang Tepat

Bila budget kamu tidak terlalu banyak, Kamu tetap bisa melakukan foto produk melalui kamera smartphone.

Ingat, kamu harus mengatur settingan kamera nya sedemikian rupa untuk menghasilkan foto bagus dan berkualitas.

Gunakan Tripod

Untuk mendapatkan gambar yang sangat tajam, kamu harus mensetting kamera ke aperture yang cukup rendah dengan shutter speed yang agak lambat.

Tipsnya, kamu harus menggunakan tripod saat mengambil foto produk kalau tidak, fotomu akan rentan goyang ataupun blur.

Retouch Foto

Mungkin kamu sudah merasa puas dengan beberapa hasil jepretan, namun proses editing tetap harus dilakukan.

Proses retouching akan membuat foto kamu lebih profesional dan memiliki kualitas, pencahayaan, dan komposisi yang konsisten.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?