4 kunci kebahagiaan Rumah Tangga Menurut islam

Membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah tentu menjadi  4 kunci kebahagiaan rumah tangga setiap pasangan Muslim. Namun, agar bisa mencapainya bukanlah pekerjaan yang cukup mudah. Akan ada banyak PR alias pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan oleh pasangan suami istri.

Selain itu dibutuhkan juga dasar pondasi untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Nantinya, pondasi tersebut harus bisa diterapkan secara bersama-sama.

Baca Juga : Manfaat Menabung Sejak Dini untuk Masa Depan Lebih Baik

kunci rumah tangga bahagia

Berikut ini adalahbebrapa kunci kebahagian dalam rumah tangga menurut islam yang bisa anda terapkan dalam kehidupan rumah tanggamu dengan pasangan.

1. Membangun fondasi

4 kunci kebahagiaan rumah tangga

Mendirikan pernikahan berdasarkan cinta karena Allah. Dengan begitu fondasi yang kukuh antara dua orang bisa menjadi sederhana di hari-hari awal pernikahan. Jadikan pernikahan sebagai sumber ibadah. Saling mencintai karena Allah.

Lakukan hal-hal semata mata untuk mencari keridhaan Allah. Ketika kita melakukan sesuatu bukan karena pasangan kita, tetapi untuk mencari keridhaan Allah, pahala kita tidak akan pernah hilang. Sehinggan menjadi 4 kunci kebahagiaan rumah tangga dalam islam

2. Selalu menjaga komunikasi

Menjaga komunikasi dengan baik dengan pasangan sangatlah penting. Komunikasi merupakan bekal terbesar yang harus dimiliki oleh setiappasangan.

Melalui komunikasi yang baik, aspirasi dan keinginan satu sama lain dapat tersalurkan dengan baik.

Hal ini juga yang selalu dilakukan Nabi Muhammad SWA untuk menjaga komunikaSi, yaitu bercengkerama dan bercakap-cakap dengan istrinya.

3. Memperkuat Hubungan dengan Allah SWT

Jangan pernah melupakan Allah SWT dalam setiap kondisi apapun yang kita ambil dalam hidup. Mintalah bantuan-Nya untukselalu  menjaga keluarga kita tetap kuat dan harmonis.

Pasangan yang saling mencintai karena Allah SWT juga akan semakin membuat rumah tangga anda bahagia dan harmonis, karena hubungan yang baik dengan Allah akan memengaruhi hubungan yang baik juga dengan pasangan anda.

Baca Juga : Contoh Kegiatan Bersama Keluarga di Rumah Simple namun Berkesan

4. Selalu Menjaga Ibadah dan saling mencurahkan perhatian

Keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah yang menjadi 4 kunci kebahagiaan rumah tangga tidak akan terwujud jika pasangan tidak selalu menjaga ibadahnya dengan baik.

Pasangan suami istri bisa meraih kebahagiaan jika mereka taat berada di jalan lurus Allah SWT dan saling mengingatkan dalam hal beribadah dan selalu mengingatkan juga kewajiban kita pada Allah SWT.

Tidak lupa juga untuk saling perhatian dapat membuat rumah tangga semakin harmonis dan bahagia. Bahkan sedikit perhatian kecil saja bisa membuat pasangan bahagia.

5. Saling Memahami dan Menutupi Kekurangan

kunci rumah tangga bahagia

Pasangan suami dan istri dalam rumah tangga harus memiliki fungsi tersendiri, walaupun karater yang berbeda, dan juga latar belakang yang bermacam-macam.

Untuk itu,dalam berumah tangga yang ingin bahagia tentu harus saling memahami dan menutupi kekurangan satu sama lain.

Setiap perbedaaan dan kekurangan tidaklah harus menjadi suatu perdebaan dan menjadi hal yang membuat pertikaian. Masing-masing kekurangan harus bisa ditutupi dengan kelebihan masing-masing.

Tidak ada pasangan yang sempurna dan tidak ada juga rumah tangga yang selalu bahagia atau paling sempurna.

Semua yang ada di dunia ini pasti memiliki banyak kekurangan, karena hanya Allah SWT lah yang Maha Sempurna. Untuk itu, 4 kunci kebahagiaan rumah tangga untuk dapat bahagia adalah harus saling memahami dan menutupi kekurangan dengan kelebihan yang ada.

Itulah kunci agar rumah tangga mendapatkan kebahagiaan. Tentunya membutuhkan proses dan pembelajaran yang cukup panjang hingga tercapainya keluarga sesuai konsep Keluarga Dalam Islam, Keluarga Sakinah Dalam Islam, Keluarga Harmonis Menurut Islam, Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah ,

Bagi anda yang ingin mengikuti Arisan Delia Hijab bisa menghubungi admin kami klik DISINI

Apa itu Arisan Delia Hijab pelajari DISINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?