Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut Islam

Peran Ibu Dalam Keluarga mempunyai peranan yang cukup penting dalam keluarga maupun masyarakat dan negara. Peranan wanita tidak bisa dianggap sepele terkait besarnya peranan yang mampu mereka berikan.

Wanita sebagai ibu adalah pendidik paling utama untuk anak anaknya. Kaum ibu tidak sekedar dapat mengandung, namun seorang ibu harus berkualitas. Anak-anak mereka tidak cukup dijamin kebutuhan jasmaninya, namun rohaninya juga lebih penting.

Lantas bagaimana peranan wanita islam dalam membangun keluarga? Mari kita simak artikel berikut, bagaimana seharusnya peranan wanita membangun sebuah keluarga?

Baca Juga : 4 Kebahagian Rumah Tangga Dalam Islam

Tugas Ibu Dalam Keluarga

Wanita dalam keluarga mempunyai 2 peranan yaitu menjadi seorang istri dan menjadi seorang Ibu. sungguh peranan yang sangat besar dampaknya untuk sebuah keluarga. peranan wanita dalam menjadi seorang istri juga sangatlah besar.

Seorang suami tidaklah mampu untuk melakukan tugasnya tanpa adanya bantuan seorang istri disampingnya yang mampu untuk mendukung, membantunya.

Ibu sebagai Seorang Manajer Keluarga

Peran Ibu Dalam Keluarga

Peran Ibu Dalam Keluarga harus bisa menjadi seorang manajer keluarga yang memiliki wewenang dalam mengatur semua hal yang terjadi didalam keluarga.

Ibu sebagai seorang manajer juga bertugas dalam menyatukan anggota keluarga dan menyelesaikan semua masalah yang ada. Seorang ibu juga harus bisa mengatur segala kebutuhan, perencanaan, penyelesaian masalah, keuangan keluarga, dan banyak hal lainnya.

Ibu sebagai Seorang Pendidik

Sosok seorang ibu juga berperan penting dalam hal pendidikan untuk anggota keluarganya. Pendidikan yang dimaksud merupakan apa yang diajarkan oleh seorang ibu kepada anaknya.

Anak biasanya paling dekat dengan ibu. Penanaman dalam pendidikan dilakukan harus sejak dini. Ibu juga paling mengerti membaca karakter anak sehingga mampu memberikan pendidikan yang sesuai.

Ibu mendidik anak tentang apa yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari hari dan bagaimana menjadi seorang yang baik.

Sepanjang proses pertumbuhan seorang anak dipengaruhi oleh ajaran ajaran dari seorang ibu dan ayahnya untuk tumbuh menjadi manusia yang baik.

Baca Juga : Manfaat Menabung Sejak Dini untuk Masa epan yang Lebih Baik

Ibu sebagai Seorang Psikolog bagi Anak dan Keluarga

Ibu harus bisa menjadi seorang psikolog yang memperhatikan tumbuh kembang anak anaknya, mulai dari tumbuh kembang kejiwaan, karakteristik, dan perilaku yang dilakukan setiap anggota keluarga.

Kejelian ibu dalam memperhatikan hal tersebut digunakan untuk memberikan masukan apabila ada sikap dan prilaku yang menyimpang dan agar setiap anggota keluarga tumbuh menjadi manusia yang baik di lingkungan masyarakat nantinya.

Ibu juga harus memastikan anak tumbuh dengan karakter dan jiwa yang baik dan bisa berguna untuk orang lain.

Ibu sebagai Seorang Chef

Peran Ibu Dalam Keluarga dalam menghidangkan makanan yang enak dan sehat untuk keluarga setiap harinya. Selain bisa memasak makanan utama, ibu juga biasanya menyiapkan cemilan, makanan penutup, dan hidangan makanan lainnya.

Ketrampilan ibu dalam hal ini tidak perlu ditanyakan lagi. Masakan seorang ibu selalu menjadi yang paling enak dan dirindukan oleh setissp anggota keluarga.

Ibu sebagai Pelindung

Ibu juga berperan penting sebagai pelindung baik secara fisik maupun secara mental dan emosional. Ibu sebagai pelindung mental dan emosi harus siap mendengarkan cerita kehidupan tiap anggota keluarganya dan selalu memberikan masukan positif yang berisi dukungan dan nasehat.

Ibu juga sebagai seorang pelindung secara fisik, tidak akan suka apabila anaknya dilukai oleh orang lain dan membatasi anak untuk tidak bergaul dengan orang- orang yang salah. Pembatasan ini dilakukan untuk hal yang baik agar anak tidak salah dalam pergaulan.

Baca Juga  : Contoh Kegiatan Bersama Keluarga Simple namun Berkesan

Ibu sebagai Panutan

Ibu adalah sosok panutan yang selalu kuat. Ibu juga selalu menanamkan nilai nilai keagamaan dan nilai kemanusiaan pada anak anaknya.

Ibu sebagai panutan juga diperlihatkan dari setiap aktivitas yang dilakukannya. Sosok ibu yang baik selalu memberikan panutan positif pada anak untuk meniru perbuatan baik tersebut.

Ibu sebagai Akuntan Keluarga

Peran Ibu Dalam Keluarga

Peran Ibu Dalam Keluarga untuk mengatur semua pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga. Ibu harus bisa mengatur finansial keluarga dengan sangat rapi agar semuanya terencana dengan baik dan keuangan keluarga menjadi stabil.

Ibu juga yang mengetahui tentang pembatasan penggunaan keuangan untuk hal yang penting atau tidak sehingga memiliki wewenang dalam membatasi hal tersebut.

Ibu sebagai Motivator Keluarga

Ibu selalu memberikan support pada setiap anggota keluarganya selama hal tersebut dinilai positif. Ibu juga harus selalu memberikan semangat tanpa batas untuk mendukung perkembangan anaknya menjadi sosok yang luar biasa.

Ibu juga yang selalu membangkitkan semangat anak saat mereka putus asa atau tidak memiliki tujuan hidup. 

Ibu sebagai Dokter Keluarga

Ibu sebagai dokter keluarga harus mengetahui tanda- tanda anggota keluarga yang sakit. Ibu akan memberikan obat terbaik untuk anggota keluarganya.

Ibu menemani berobat dan mengurus segala keperluan pengobatan. Ibu selalu memperhatikan perkembangan kondisi dan memiliki alternatif pengobatan dari berbagai sumber.

Ibu sebagai Partner

Ibu sebagai partner dari sosok seorang ayah yang kompak untuk segala keputusan terkait anak anaknya, keluarga, rumah, dan yang lainnya.

Segala keputusan akan dibicarakan bersama untuk pilihan keputusan terbaik. Ibu juga menjadi partner dalam berbagai kegiatan.

Ibu sebagai Superhero

Segala macam kemampuan dimiliki dalam  Peran Ibu Dalam Keluarga sehingga menjadikannya seorang superhero. Ibu adalah wanita yang sangat super yang selalu berjuang untuk keluarganya.

Ia mengesampingkan semua keinginannya dan selalu  mengorbankan diri untuk melihat kebahagian pada keluarganya.

Demikian Peran Ibu Dalam Keluarga yang sangat banyak sekali. Selain itu bagi ibu ibu yang ingin mengikuti arisan, kami dari Delia Hijab sedang mengadakan acara Arisan Delia Hijab.

Dimana arisan ini legal dan terpercaya dan member9ikan banyak hadiah bagi para member yang mengikuti Arisan Delia Hijab.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi admi kami DISINI

Dan ibu juga bsa mempelajari dulu tentang Arisan Delia Hijab DISINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?