Amalan Malam Lailatul Qadar dari Rumah selama Pandemi

Amalan Malam Lailatul Qadar dari Rumah selama Pandemi - Keutamaan Malam Lailatul Qadar - Kapan Malam Lailatur Qadar Ramadhan 2021 - Baju Muslim Lebaran 2021 Terbaru

Kunci : Amalan Malam Lailatul Qadar dari Rumah selama Pandemi – Keutamaan Malam Lailatul Qadar – Kapan Malam Lailatur Qadar Ramadhan 2021 – Baju Muslim Lebaran 2021 Terbaru

Malam Lailatul Qadar adalah satu malam paling istimewa dari bulan suci Ramadhan. Allah SWT menjanjikan rahmat dan berkah di malam itu. Seperti bagaimana yang kita ketahui, suatu ibadah yang kita lakukan pada malam itu dinilai bagaikan beribadah selama 1000 bulan.

Kita bisa menghidupkan malam istimewa ini dengan memperbanyak amalan, ibadah dan berdo’a kepada sang Khalik. Sebaiknya di masa pandemi Covid-19 ini, amalan malam Lailatul Qadar dilakukan di rumah saja. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk meraih momentum ini? Dilansir dari CNN Indonesia, yuk simak pedoman amalannya di Delia Hijab.

Pedoman Amalan Malam Lailatul Qadar di Rumah selama Pandemi

Sholat Lima Waktu

Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar, selalu lakukan ibadah wajib seperti sholat lima waktu dengan khusyuk dan tepat waktu. Untuk menambah pahala sholat wajib, sholat dapat dilakukan dengan berjamaah di rumah.

Melaksanakan Sholat malam

Di malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk memperbanyak sholat malam. Sholat malam yang dapat dilakukan diantaranya adalah sholat tarawih, sholat tahajud, sholat witir, sholat taubat, sholat tasbih, dan sholat hajat.

Amalan Malam Lailatul Qadar dari Rumah selama Pandemi - Keutamaan Malam Lailatul Qadar - Kapan Malam Lailatur Qadar Ramadhan 2021 - Baju Muslim Lebaran 2021 Terbaru

BACA JUGA : Hati-Hati, 5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa

Membaca Alquran

Membaca Alquran merupakan salah satu ibadah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW di malam hari selama bulan Ramadan. Termasuk di 10 hari malam terakhir, waktu datangnya malam Lailatul Qadar. Allah SWT juga menyukai hambanya yang banyak membaca Alquran.

Memperbanyak Dzikir dan Sholawat

Amalan lainnya yang dapat dilakukan adalah memperbanyak dzikir atau mengingat Allah SWT. Dzikir yang dapat dilakukan di malam Lailatul Qadar seperti istigfar, tahlil, tasbih, tahmid, dan takbir. Selain itu, di malam Lailatul Qadar, umat Islam juga dapat mengirimkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Berdoa dan Bertaubat

Malam Lailatul Qadar juga dapat diisi dengan merenungkan kesalahan atau muhasabah diri. Lalu, bertaubat kepada Allah dan memperbaiki diri untuk beramal dan beribadah dengan lebih baik. Dan jangan lupa untuk berdoa, dan memohon ampun untuk dosa yang telah lalu. Baik untuk diri sendiri, maupun umat muslim semua.

Bersedekah

Tidak ketinggalan, menggapai keutamaan malam Lailatul Qadar juga bisa dilakukan dengan memperbanyak sedekah. Sedekah dapat diberikan kepada saudara sendiri, tetangga, fakir miskin dan lain sebagainya.

Doa Malam Lailatul Qadar

Disarankan untuk memperbanyak doa pada malam Lailatul Qadar, atau pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Terdapat sebuah doa yang dianjurkan dibaca di malam Lailatul Qadar.

اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا

Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa’fuanna

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah.”

Nah Sahabat Delia, ibadah, amalan dan doa malam Lailatul Qadar ini bisa kamu jadikan pedoman untuk mendapatkan malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan.

Kunci : Amalan Malam Lailatul Qadar dari Rumah selama Pandemi – Keutamaan Malam Lailatul Qadar – Kapan Malam Lailatur Qadar Ramadhan 2021 – Baju Muslim Lebaran 2021 Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?