Hati-Hati, 5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa

Kunci : Hati-Hati, 5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan - Amalan Bulan Ramadhan - Model Baju Muslim Lebaran 2021 - Baju Gamis Renda

Kunci : Hati-Hati, 5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa RamadhanAmalan Bulan Ramadhan – Model Baju Muslim Lebaran 2021 – Baju Gamis Renda

Meski tak disadari, seringkali kita menghadapi situasi penuh cobaan disana dan disini. Beberapa diantaranya mungkin bisa saja mengurangi pahala puasa kita tanpa pernah disadari. Nah, supaya kita lebih berhati-hati dan tidak mengulanginya, Delia Hijab akan sampaikan beberapa hal yang bisa mengurangi pahala puasa Ramadhan. Yuk simak selengkapnya di DeliaHijab.com.

5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

Marah Serta Memendam Kebencian

Sebab pada dasarnya puasa adalah menahan diri dari segala nafsu dan juga ujian emosi. Termasuk nafsu amarah dan merasa benci atau dendam kepada orang lain. Nah, ketika rasa kesal kepada orang lain muncul karena suatu hal, maka sebaiknya kamu bisa menenangkan hati supaya tidak menyimpan emosi negatif ini.

Kunci : Hati-Hati, 5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan - Amalan Bulan Ramadhan - Model Baju Muslim Lebaran 2021 - Baju Gamis Renda

Baca : Mix & Match Baju Gamis Renda Simple dan Elegan

Berbicara Kotor

Selain merendahkan martabat kita, berkata kotor juga mampu mengurangi pahala puasa. Dibandingkan berbicara kotor yang tidak ada manfaatnya, sebaiknya kita bisa menggunakan lisan kita untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalnya mengaji, berdzikir atau melantunkan shalawat. Kegiatan tersebut sudah pasti bisa menambah pahala yang kita dapat di bulan suci ini.

Tidur Sepanjang Hari

Selama Ramadhan, tidur bisa mendatangkan pahala karena dihitung sebagai ibadah. Namun jika tidur secara berlebihan justru mengurangi pahala puasa. Misalnya sepanjang hari, dari sahur sampai berbuka, atau terbangun hanya untuk sholat. Tidur yang baik dan dihitung sebagai ibadah adalah sebentar saja untuk menghindari hal-hal yang memancing nafsu emosi juga lapar dan dahaga selama berpuasa.

Berbohong

Perkataan yang keluar dari mulut memang layaknya mata pisau yang bisa memangkas pahala puasa. Bukan hanya berkata kasar, berbohong dan fitnah juga mampu mengurangi pahala puasa, bahkan mendatangkan dosa.

Bergosip

Mengobrol ketika berkumpul itu hal yang sangat biasa. Namun tanpa disadari, seringkali kita bergosip dan membicarakan orang lain, bukan hanya kebaikannya tetapi juga terkadang keburukan termasuk aibnya. Sebisa mungkin tahan keinginan ini supaya tidak mengurangi pahala puasa dan membiasakan diri dari perbuatan buruk ini.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa mengurangi pahala puasa Ramadhan. Jadikan bulan suci ini sebagai momen untuk memperbaiki kebiasaan. Mulai dari pola hidup sehat, beribadah, mengelola emosi, dan lainnya.

Kunci : Hati-Hati, 5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa RamadhanAmalan Bulan Ramadhan – Model Baju Muslim Lebaran 2021 – Baju Gamis Renda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?