Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini - Baju Muslim Anak Lebaran 2021 - Baju Muslim Sarimbit Keluarga 2021

Kunci : Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini – Baju Muslim Anak Lebaran 2021 – Baju Muslim Sarimbit Keluarga 2021

Mengajarkan anak beribadah sebaiknya dimulai sejak dini. Supaya saat sudah besar nanti, si Kecil bisa menjalankan kewajibannya dengan baik, termasuk berpuasa. Meski begitu, mengajarkan anak berpuasa tidaklah mudah. Orang tua perlu bersabar dalam melatihnya sampai mampu menjalankan puasa dengan baik. Nggak perlu bingung, yuk simak tips mengajarkan anak puasa dari Delia Hijab.

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Latihan Berpuasa Setengah Hari

Bagi si Kecil yang usianya masih di bawah lima tahun, menahan rasa lapar dan haus seharian mungkin akan terasa sangat berat. Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa dirinya masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pastinya membutuhkan banyak nutisi. Jadi, sebaiknya orang tua tidak perlu memaksa anak untuk puasa seharian penuh setiap hari, karena bisa-bisa si Kecil malah jatuh sakit. Ajarkan si Kecil berpuasa secara bertahap, mulai dari beberapa jam sehari, setengah hari, atau kamu bisa pakai patokan adzan. Mulai sampai dzuhur, ashar hingga maghrib.

Beri Contoh yang Baik

Anak-anak, terutama pada usia balita biasanya masih dalam fase meniru dan mencoba melakukan apa yang mereka lihat, khususnya orangtuanya. Pada hal ini, orangtua bisa membuat si Kecil tertarik berpuasa dengan memberikan contoh yang baik. Lakukan sholat, puasa rutin, berbukan dan sahur bersama. Ketika anak penasaran dengan apa yang kita lakukan, jelaskan arti dan makna puasa pada si Kecil pelan-pelan.

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini - Baju Muslim Anak Lebaran 2021 - Baju Muslim Sarimbit Keluarga 2021

Baca : Tips Memilih Model Baju Sarimbit Keluarga agar Makin Serasi

Ngabuburit

Supaya si Kecil tidak merasa berat saat menjalani puasanya, ajaklah dia untuk melakukan berbagai kegiatan menyenangkan atau ngabuburit. Misalnya bisa dengan bermain, membaca buku, menonton animasi kesayangan, dan lain-lain. Tapi hindari bermain di luar rumah saat cuaca panas, sebab bisa membuatnya kelelahan dan merasa haus. Jangan lupa untuk mengajaknya istirahat tidur siang untuk menyimpan energi dan memangkas waktu. Buat puasa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan istimewa untuk si Kecil supaya bersemangat dalam menjalaninya.

Sediakan Makanan Kesukaannya untuk Berbuka Puasa

Memacu anak agar semangat berpuasa tidak harus selalu dengan cara mengiming-imingi hadiah. Kamu bisa memasak makanan favorit Si Kecil atau membeli takjil kesukaannya untuk berbuka puasa nanti. Dijamin, Si Keci pasti akan terpacu untuk menjalankan puasanya dengan baik.  

Berikan Pujian

Walaupun hanya bisa menjalankan puasa selama beberapa jam atau selama beberapa hari saja, kamu sebaiknya tetap memberikan pujian untuk menghargai usahanya. Kamu juga bisa memberi kata-kata penyemangat agar Si Kecil dapat terpacu untuk menjalankan puasanya dengan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?