Cara Membersihkan Najis Pada Pakaian Yang Perlu Diketahui

Keyword : Cara Membersihkan Najis - Cara Mencuci Pakaian Yang Benar - Mencuci baju

Keyword : Cara Membersihkan Najis – Cara Mencuci Pakaian Yang Benar – Mencuci baju

Bagi seorang ibu rumah tangga, kegiatan mencuci baju merupakan kegiatan yang biasa dilakukan setiap hari. Dalam islam urusan mencuci baju tidak boleh dispelekan. Selain mengucek dan membilas dengan air, pakaian yang dicuci pun harus suci dan terbebas dari najis yang menempel di pakaian. Hal itu karena seluruh umat muslim diharuskan menggunakan pakaian yang terbebas dari najis, terutama pada saat melakukan shalat. Seseorang akan dianggap tidak sah shalatnya bila pakaian yang digunakan masih mengandung najis. Oleh karena itu penting sekali bagi seorang muslim memperhatikan bagaimana cara mencuci yang benar pada pakaian yang terkena najis. Untuk mengetahui caranya, yuk simak di Delia Hijab berikut ini.

Cara Membersihkan Najis Pada Pakaian

1. Pisahkan Pakaian Yang Terkena Najis

Baca Juga :  Cara Mencuci Baju Muslim Renda Dengan Mudah

Jika salah satu pakaian yang akan  kita cuci terkena najis seperti air kencing, darah, kotoran manusia atau hewan, maka pisahkan pakaian yang terkena najis  terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar najis yang menempel pada baju tersebut tidak menyebar ke baju-baju yang lainnya.

Keyword : Cara Membersihkan Najis - Cara Mencuci Pakaian Yang Benar - Mencuci baju

2. Bersihkan Pakaian Yang Terkena Najis

Bersihkan pakaian yang terkena najis dengan cara mengguyurnya dengan air. Sehingga pada saat pengguyuran, najis yang menempel akan ikut tertarik seiring mengalirnya air. Jika menggunakan mesin cuci, pastikan pakaian  yang akan dimasukan harus benar-benar terbebas dari najis terlebih dahulu. Karena menurut mazhab imamsyafi`I, air yang kurang dari dua qullah bila terkena dengan najis, maka bisa membuat air tersebut menjadi najis secara menyeluruh. Meskipun air tersebut tidak berubah dalam warna, rasa dan aromanya. 

3. Cuci Pakaian Dengan Sabun

Langkah selanjutnya untuk mencuci pakaian yang terkena najis adalah dengan mencucinya menggunakan sabun. Kita bisa menyikat, menguceknya dengan tangan, atau memasukannya kedalam mesin cuci. Dengan begitu, kotoran dan najis yang menempel pada pakaian akan menjadi mudah  terangkat dan menjadi hilang.

4. Membilas Dan Guyur Kembali Dengan Air Mengalir

Setelah melakukan cara-cara diatas, maka cara yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan membilas dan guyur kembali dengan air mengalir. Cara ini bertujuan untuk memastikan bahwa najis yang menempel pada pakaian, benar-benar hilang terbawa oleh aliran air. Dengan begitu najis yang menempel pada pakaian akan hilang, sehingga pakaian akan kembali bersih dan suci.

Keyword : Cara Membersihkan Najis - Cara Mencuci Pakaian Yang Benar - Mencuci baju

Keyword : Cara Membersihkan Najis – Cara Mencuci Pakaian Yang Benar – Mencuci baju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?