Cara Memperoleh Modal Usaha Dijamin Menghasilkan

Cara Memperoleh Modal Usaha Dijamin Menghasilkan

Ketika memulai sebuah bisnis atau usaha, mungkin suka bingung bingung dengan Cara Memperoleh Modal Usaha. ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Setelah memiliki ide dan juga menyusun business plan, tentunya kita harus mulai memikirkan cara untuk mendapatkan modal usaha.

Sejatinya, untuk mendapatkan modal usaha memang bukan urutan pertama yang harus dipikirkan dalam membangun bisnis. Akan tetapi, tanpa modal otomatis bisnis tak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Sebab, menjual dan untuk mempromosikan produk tentu membutuhkan modal yang terbilang tidak sedikit jumlahnya.

Nah, apabila kamu kesulitan dalam mencari modal usaha, jangan perlu khawatir. Karena, dalam artikel ini akan menjelaskan cara yang ampuh untuk mendapatkan modal usaha.

1. Tabungan pribadi

Cara memperoleh modal usaha

Baca Juga : Jadi Reseller Aja Inilah Keuntungan Menjadi Reseller

Yang pertama untuk Cara Memperoleh Modal Usaha adalah dengan menggunakan tabungan pribadi.

Pada umumnya, semua orang memang menabung dengan tujuan tertentu seperti misalnya untuk dana pensiun, membeli rumah, pendidikan anak, maupun untuk kebutuhan di beberapa tahun ke depan.

Jika memang sudah memiliki konsep yang cukup matang untuk membuat sebuah bisnis, tak ada salahnya untuk mengalihkan simpanan tersebut sebagai modal usaha.

Karena demikian, dilansir dari sumber Forbes, pastikan kamu mempunyai sisa dana dari tabungan  untuk biaya hidupmu sehari-hari.

Jadi, jangan sampai tabunganmu dihabiskan untuk modal bisnis, tetapi kamu keteteran memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.

2. Pinjam kepada teman atau keluarga

Apabilamempunyai orang-orang terdekat, seperti teman atau keluarga, tak ada salahnya untuk meminjam uang kepada mereka sebagai modal usaha.

Akan tetapi, dilansir dari sumber Inc, kamu harus bisa memastikan kapan uang tersebut akan kembali kepada mereka.

Karena, jika tidak ada kepastian dalam hal pengembalian uang, hal itu akan mengganggu kelangsungan sebuah hubungan antara kamu dengan orang-orang terdekat tersebut.

Jadi, sebisa mungkin untuk meyakinkan mereka bahwa kamu akan mengembalikan uangnya dalam waktu tertentu. Misalnya, 1 bulan atau 3 bulan lagi, sesuai dengan kemampuanmu.

Baca Juga : Inilah Cara Agar Konsisten Menggunakan Jilbab

3. Crowdfunding

Crowdfunding merupakan penggalangan dana untuk proyek tertentu baik profit maupun nonprofit yang pada umumnya dilakukan di internet.

Saat ini, sudah banyak platform crowdfunding yang dapat membantumu untuk mendapatkan modal usaha.

Nantinya, platform tersebut akan menghubungkan kamu dengan banyak orang yang mau menginvestasikan sebagian uangnya pada bisnis yang akan kamu jalani.

Namun, untuk mendapatkan modal dari crowdfunding, kamu harus pandai dalam mengemas produkmu ke dalam sebuah cerita yang menarik untuk para investor.

Selain itu, kamu harus bisa menjanjikan sesuatu kepada investor jika memberikan dananya. Misalnya seperti, memberikan contoh produkmu atau hadiah lainnya yang bisa menarik perhatian para investor.

Beberapa contoh situs crowdfunding di Indonesia yang sudah banyak dikenal semua orang antara lain seperti KitaBisa. com, GandengTangan. org, Wujudkan. Com dan yang lainya.

4. Menjual asset

Cara memperoleh modal usaha selanjutnya adalah dengan menjual aset yang kita miliki.

Jika memiliki lebih dari satu aset seperti properti maupun kendaraan bermotor, kamu bisa menjualnya dan bisa memanfaatkannya sebagai modal usaha.

Sama seperti  menggunakan tabungan, kamu juga tidak bisa sembarangan dalam menjual asset tersebut.

Pastikan dahulu untung rugi dalam penjualan aset tersebut. Jangan sampai malah membuatmu menjadi lebih repot dalam mengurus berbagai hal.

5. Mencari partner bisnis

Cara Memperoleh Modal Usaha

Mencari rekan bisnis adalah cara terbaik untuk mendapatkan modal usaha di awal membangun bisnis.

Selain untuk menambah modal usaha, rekan bisnismu juga bisa menyalurkan ide-ide kreatifnya agar bisnis bisa berkembang dengan cepat.

Namun, yang perlu diperhatikan, saat mencari rekan bisnis sebaiknya kamu harus menemukan orang yang mempunyai visi dan juga misi yang sama denganmu dalam menjalankan sebuah bisnis.

6. Ikut program pendukung UKM

Cara selanjutnya untuk memperoleh modal usaha adalah dengan mengikuti program pendukung Usaha Kecil Menengah atau (UKM) yang ditawarkan oleh berbagai lembaga.

Banyak lembaga pemerintah ataupun  swasta yang peduli dengan usaha kecil dan menawarkan pinjaman modal usaha.

Kebanyakan program tidak hanya membagikan sekedar modal usaha saja, tetapi juga melakukan pelatihan dan juga pendampingan di awal usaha kita dirintis.

Dengan begitu, kita bisa mendapatkan berbagai masukan untuk setiap langkah yang akan kita ambil.

Itulah beberapa cara memperoleh modal usaha yang bisa kalian lakukan, dan semoa bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?