Makanan yang Bikin Kenyang lebih Lama

Makanan yang Bikin Kenyang lebih Lama

Makan dengan porsi yang banyak belum tentu bikin kenyang. Jika menu harian Anda yaitu makanan  yang tinggi kalori tanpa zat gizi memadai, itu justru dapat membuat Anda sering cepat lapar. Simak beragam Makanan yang Bikin Kenyang lebih Lama

Salah satu penyebab seseorang sering merasa gampang lapar yaitu pemilihan makanan yang tidak tepat.

Jika dibiarkan, kebiasaan tersebut bisa membuat Anda makan secara berlebihan karena makanan yang dikonsumsi tidak betul-betul memberikan rasa kenyang.

Makanan yang membuat kenyang lebih lama

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang ampuh melawan rasa lapar.

1. Oatmmeal

makanan yang bikin kenyang lebih lama

Klik Selengkapnya

Kandungan karbohidrat yang kompleks yang ada pada oatmeal ternyata memberikan efek kenyang yang lebih lama pada perut anda. Makanan dari gandum utuh ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan pada jantungmu. Jadi jangan ragu untuk selalu menambahkan oatmeal pada menu harianmu.

2. Kacang kedelai

Ga banyak yang tau, kalo kacang kedelai berada di deretan atas daftar makanan yang bikin kenyang tahan lama. Ini karena kacang kedelai mengandung banyak protein dan juga serat.

Proses pencernaan kedua zat gizi tersebut cukup panjang sehingga membuat kenyang lebih lama. Produk-produk kedelai seperti halnya tahu dan tempe juga memberikan manfaat yang sama.

Makan kedelai ataupun produk olahan sejenis bisa mencegah Anda ngemil makanan yang tak sehat di sela-sela waktu makan. Jenis makanan ini juga dapat mencegah rasa lapar pada tengah malam.

Baca Juga : Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Wajib Dicoba

3. Telur

Salah satu Makanan yang Bikin Kenyang lebih Lama yaitu telur dimana, sudah bukan rahasia lagi bahwa telur merupakan makanan penunda lapar yang cukup efektif. karena, telur mengandung kombinasi yang tepat dari protein dan juga lemak.

Jadi, makanan ini akan lebih mengenyangkan dibandingkan dengan makanan sarapan lainnya. Bagian kuning telur yang terkenal cukup tinggi kolesterol juga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah Anda.

Sebaliknya, kuning telur yang kaya akan lemak menyehatkan, vitamin, mineral, dan juga antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Kentang rebus

makanan yang bikin kenyang lebih lama

Kentang rebus termasuk dalam kelompok karbohidrat yang kompleks. Tubuh mencerna karbohidrat kompleks lebih lama daripada karbohidrat yang sederhana.

Proses pencernaan karbohidrat kompleks menyebabkan pelepasan glukosa yang sebagai sumber energi menjadi lebih stabil dan juga bertahan lama.

Selain itu, kentang juga mengandung banyak serat yang dapat  membantu menahan nafsu makan berlebih.

Baca Juga : Cara Menjaga Pola Makan Untuk Orang yang Sibuk

5. Greek yogurt

Greek yoghurt adalah produk susu yang mengandung banyak protein, vitamin, dan juga mineral.

Selain menjadi Makanan yang Bikin Kenyang lebih Lama, makanan fermentasi ini juga bisa membantu mengendalikan nafsu makan dan juga menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian Nutrition Journal menunjukkan bahwa konsumsi Greek yoghurt merupakan camilan yang cukup sehat.

Asupan kalori peserta penelitian yang makan yoghurt juga lebih rendah 100 kkal dibandingkan dengan orang yang ngemil cokelat atau biskuit.

Berkat manfaat tak heran bila kentang rebus menjadi pilihan sumber karbohidrat yang sesuai bagi orang yang berusaha untuk menurunkan berat badan.

 

6. Daging rendah lemak

Daging dengan protein yang rendah lemak tidak mengandung terlalu banyak kalori.

Dengan kandungan protein yang sangat  tinggi, bahan makanan ini bikin kenyang lebih lama. Misalnya seperti, sepotong dada ayam matang mengandung 35 gram protein yang dapat mencukupi 50% kebutuhan hariannya.

Mengonsumsi makanan yang tinggi protein juga membantu mengendalikan nafsu makan dan juga menurunkan asupan kalori harian.

Selain membuat Anda lebih kenyang seharian, mengonsumsi Makanan yang Bikin Kenyang lebih Lama mungkin bisa membantu Anda mencapai berat badan ideal.

Apabila Anda sering merasa lapar walaupun sudah makan, hal ini mungkin berkaitan dengan makanan yang Anda pilih.

Mulai sekarang, cobalah untuk perbanyak makanan tinggi serat dan protein sebagai makanan penunda lapar Anda.

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?