Cara Mendidik Anak Agar Sholeh Dan Sholehah

Keyword : Cara Mendidik - Sholeh Dan Sholehah - Cara Menjadi Sholeh

Keyword : Cara Mendidik – Sholeh Dan Sholehah – Cara Menjadi Sholeh

Memiliki seorang anak yang sholeh dan sholehah merupakan harapan semua orang tua. Ya, karena anak adalah aset yang berharga bagi orangtua. Anak adalah titipan yang harus dirawat dan dididik sehingga tumbuh menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah. Cara mendidik anak agar sholeh dan sholehah memang butuh ketelatenan kesabaran dan pengetahuan yang cukup. Kesalahan dalam mendidik bisa berdampak buruk terhadap perkembangan anak. Anak akan jadi merasa tertekan dan sulit untuk berkembang apabila mendidik terlalu keras. Hal itu tentu sangat dikhawatirkan dan tidak diinginkan oleh semua orangtua.

Cara Mendidik Anak Agar Sholeh Dan Sholehah

Dalam cara mendidik anak ada baiknya orang tua lebih mengarahkan dan didampingi secara proporsional. Dengan begitu anak akan menjadi lebih nyaman dan tidak merasa tertekan. Lantas cara apa yang harus dilakukan sebagai orangtua untuk mendidik anaknya agar tumbuh menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah. Yuk cari tau tipsnya di Delia Hijab.

1. Pahami Sifat Dan Karakter Anak

Dalam cara mendidik anak agar sholeh dan sholehah. Sebagai orang tua tentu pasti memehami  setiap karter anaknya. Perlakukan dia sebagaimana karakternya. Jangan pernah memaksakan anak untuk menjadi karakter lain, karena  anak akan merasa tidak menjadi diri sendiri. Sehingga akan berpengaruh buruk terhadap anak.

2. Ajarkan Anak Untuk Bersikap Disiplin

Dengan membiasakan sikap disiplin terhadap anak, anak akan menjadi pribadi yang teratur dan penurut. Sehingga anak akan lebih mengerti dan tau, mana yang boleh dilakukan dengan yang tidak boleh dilakukan. Agar anak terbiasa disiplin, mulailah mengajarkannya sejak dini. Dengan begitu anak akan terbiasa kelak nati saat tumbuh dewasa.

Keyword : Cara Mendidik - Sholeh Dan Sholehah - Cara Menjadi Sholeh3. Memberi Contoh Yang Baik Pada Anak

Hal yang harus dilakukan oleh orang tua adalah dengan memberikan contoh yang baik terhadap anaknya. Rasa keingin tahuan pada anak sangat tinggi, sehingga mereka akan meniru prilaku oranglain termasuk orangtuanya, Untuk itu berikan contoh yang baik terhadap anak. Sehingga anak anda bisa menjadi sholeh dan sholehah.

4. Hindarilah Memarahi Hingga Membentak Anak

Ketika anak melakukan kesalahan, hindari memarahi hingga membentak anak. Karena akan berdampak terhadap kesehatan fisik maupun mental sang anak. Saat anak melakukan kesalahan, berikanlah nasihat dan motivasi yang baik. sehingga anak akan mengerti dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

5. Selalu Mendoakan Anak

Selain dengan mendidik, hal yang harus dilakukan selaku orang tua adalah dengan cara mendoakan anaknya. Dan tentunya mendoakan yang baik-baik ya. Doa orang tua tentu sangat penting, karena doa yang paling ampuh adalah doa orang tua terutama ibu. Doa orang tua terhadap anaknya akan menjadi  pengantar  untuk menuju  anak yang sholeh dan sholehah. 

Keyword : Cara Mendidik – Sholeh Dan Sholehah – Cara Menjadi Sholeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?