Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Awet dan Tahan Lama

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Awet dan Tahan Lama

Sebelum mengetahui Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu siapa yang berhak menerima dagng kurban dan cara pembagian daging kurban.

Bagi yang telah merencanakan berkurban tahun ini mungkin masih ada yang bertanya-tanya siapa saja yang berhak menerima manfaat dari daging kurban.

Ibadah kurban merupakan bentuk rasa ungkapan syukur dan ketaatan seorang hamba kepada sang pencipta. Selain itu, dengan ibadah kurban juga merupakan salah satu ibadah yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga : Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Era Modern

Yang Berhak Menerima Daging Kurban

Ada 3 kelompok orang yang berhak untuk menerima daging kurban, diantaranya:

1. Orang yang berkurban dan keluarganya

Cara Menyimpan Daging Kurban

Orang yang berkurban. Keluarganya dianjurkan untuk memakan sebagian dari daging hewan kurbannya.

2. Teman, kerabat dan tetangga sekitar

Para ulama menganjurkan agar sebagian dari daging hewan kurban dibagikan kepada teman, kerabat atau tetangga meskipun mereka golongan orang kaya. Dan menghadiahkan sepertiga daging kurban kepada kerabat dan teman-temannya meskipun mereka kaya.”

3. Golongan fakir dan miskin

Golongan fakir dan miskin adalah yang paling berhak menerima daging hewan kurban. Hal ini dikarenakan Allah SWT memerintahkan untuk memberikan makan kepada fakir miskin dari daging hewan kurban Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas.

Cara Pembagian Daging Kurban

Menurut pendapat para ulama yang didasarkan pada hadis, dalam pembagian daging qurban adalah sebagai berikut:

1/3 untuk orang yang berqurban

Bagian 1/3 untuk sedekah

1/3 untuk dihadiahkan

Ulama Syafi’iyyah berpendapat bahwa daging qurban yang diterima orang miskin berstatus hak kepemilikan secara penuh. Maksudnya adalah bisa dikonsumsi untuk sendiri, dijual, disedekahkan, dan lain yang lainya.

Sementara itu, daging qurban yang diterima orang kaya tidak menjadi hak milik secara utuh. dia hanya diperbolehkan menerima qurban untuk di konsumsi sehingga tidak boleh djual.

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Cara Menyimpan Daging Kurban

Perayaan lebaran Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban seperti sapi atau kambing. Setelah hewan kurban ini dipotong, dagingnya akan dibagikan secara merata kepada orang orang yang berhak menerima daging kurban..

Biasanya Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas setelah dibagikan akan banyak daging yang harus disimpan dalam kulkas sebagai persediaan di rumah. Apabila  penanganannya salah, daging kurban ini akan rusak atau turun kualitasnya.

Berikut beberapa cara menyimpan daging kurban dengan baik yang diambil dari berbagai sumber.

Baca Juga : Amalan Sebelum Idul Adha yang Disunnahkan Untuk Dilakukan

1. Jangan dicuci

Saat menerima daging hewan kurban, usahakan untuk tidak mencucinya jika ingin disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Ketika daging kurban dicuci sebelum disimpan dalam kulkas, dikhawatirkan bakteri dari daging tersebut dapat menyebar pada permukaan lain melalui air yang mengalir.

Daging kurban yang dicuci sebelum disimpan juga dapat mengandung air yang lebih tinggi dan mudah bau busuk. Hal ini karena sisa air yang tertinggal di dalam daging tersebut dapat membuat kelembaban daging meningkat.

Daging kurban disarankan untuk dicuci ketika akan dimasak saja. Tetapi sebelum dimasak pun, sebaiknya daging kurban yang sudah dicuci harus benar-benar dikeringkan dengan benar.

2. Potong daging sesuai kebutuhan

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas  selanjutnya Hindari menyimpan daging dalam keadaan utuh. Hal ini dapat memicu daging akan mudah terkontaminasi sehingga tidak bisa kembali disimpan dalam waktu yang lcukup lama.

Saat menerima daging hewan kurban, usahakan untuk membaginya menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang cukup untuk sekali masak. Saat akan dibekukan dan akan dimasak tinggal dicairkan secukupnya saja.

Potongan yang disarankan untuk menyimpan daging bisa dibuat menjadi per kantung sekitar 1/2 kilogram atau 1/4 kilogram. Selain untuk membuat daging tidak mudah terkontaminasi, cara ini juga akan memudahkan saat memasak.

3. Pastikan ruang penyimpanannya bersih

Daging kurban yang sudah disiapkan untuk disimpan selanjutnya bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer atau kulkas.

Sebelum dimasukkan dalam freezer, pastikan area freezer sudah bersih dari kotoran dan makanan-makanan lain yang tidak bisa disimpan bersamaan dengan daging.

Area penyimpanan yang kotor akan mengganggu kualitas daging walaupun sudah ditangani dengan baik.

Sebelum disimpan pastikan juga bagian kantung dan wadah penyimpanan daging sudah bersih dari cairan darah yang menetes. Pastikan tidak ada cairan daging yang keluar dan mengotori area penyimpanan hingga dapat mengontaminasi potongan daging yang lain.

4. Gunakan wadah kedap udara

Selanjutnya Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas saat akan menyimpan potongan daging kurban, usahakan untuk memakai wadah kedap udara.

Wadah kedap udara ini berfungsi untuk dapat mencegah daging mengering saat dibekukan dalam freezer.

Wadah kedap udara ini bisa berupa tempat kotak makan dengan tutup atau plastik yang ada pengunci pada bagian atasnya. Pemilihan wadah bisa dilakukan dengan menyesuaikan kuantitas daging kurban yang ingin disimpan.

5. Bekukan pada freezer

Jika daging kurban akan disimpan dalam waktu yang agak panjang, taruh dalam freezer. Menurut sumber dari Foodsafety,gov daging yang disimpan pada suhu 17 derajat celcius atau dalam kondisi beku dapat disimpan hingga waktu enam bulan.

Sedangkan daging yang hanya disimpan pada suhu kulkas sekitar 4 derajat celcius, hanya bisa bertahan 3 sampai 5 hari saja. Jika ingin digunakan daging hewan kurban yang sudah dibekukan ini disarankan untuk dilumerkan atau dicairkan dengan memindahkan pada suhu kulkas biasa.

Ketika daging yang beku sudah dilumerkan untuk dimasak, tidak disarankan untuk kembali dibekukan dan disimpan. Terlebih saat daging bekunya dilumerkan dengan didiamkan pada suhu ruangan. Hal ini dikhawatirkan akan membuat bakteri di dalamnya justru semakin banyak.

Itulah beberapa tips Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar awet dan tahan lama. Dengan melaksanakan kurban banyak hikmah dan manfaat yang bisa diperoleh seperti meningkatkan tali silaturahmi antar umat islam, memberi santunan kepada fakir miskin dan yang lainya.

Bagi anda yang inging mengetahui update fashion keluarga terbaru untuk keluarga anda bisa cek updatenya DISINI.

Dan apabila anda sua bingung untuk menentukan fashion muslim untuk momen seperti Idul Fitri atau Idul Adha, anda bisa mengikuti program Arisan Delia Hijab dimana anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu DISINI bisa juga tanya tanya terlebih dahulu tentang program Arisan Delia Hijab dengan menghubungi admin kami DISINI.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?