Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Era Modern

Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Era Modern

Setiap insan manusia  pasti memeliki keinginan untuk Membangun Keluarga Sakinah. Islam sendiri merupakan agama yang menganjurkan umatnya untuk bisa membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.

Banyak orang berpendapat tentang arti sebenarnya dari keluarga sakinah dan mereka menyebutkan bahwa keluarga sakinah yaitu keluarga yang dibangun atas pondasi ajaran agama islam.

Lalu bagaimana cara membangun keluarga yang sakinah tersebut? Mari sejenak kita luangkan waktu untuk memahaminya lewat penjelasan berikut.

Baca Juga : Cara Menjadi Orang Tua yang Baik Menurut Islam

Arti Sakinah Mawaddah Warahmah

Kelurga sakinah diartikan sebagai keluarga yang harmonis DAN bahagia dimana nilai-nilai ajaran islam senantiasa dilaksanakan dan saling menghormati serta saling menyanyangi.

Dalam keluarga yang sakinah, anggota keluarga bisa menjalankan kewajibannya dan senantiasa membantu satu sama lain.

Keluarga yang sakinah juga selalu mengerti satu sama lain sehingga jika apabila terjadi konflik dalam keluarga maka konflik tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Dasar Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Membangun Keluarga Sakinah

Memiliki keluarga yang sakinah tentunya pasti memerlukan pondasi yang kuat dan hubungan yang baik seperti layaknya hubungan dalam silaturahmi.

Ketaqwaan dan Keimanan kepada Allah SWT

Dasar dari keluarga yang sakinah mawaddah warahmah adalah ketaqwaan kepada Allah SWT sehingga siapapun umat islam yang mau menikah maka bertaqwalah dan pilihlah pasangan hidup yang juga memiliki nilai ketaqwaan tersebut.

Ketentraman dan ketenangan hati

Membangun Keluarga Sakinah. dalam suatu ayat Alqur’an bahwa kata sakinah diartikan sebagai ketenangan dalam hati atau rasa tentram sehingga keluarga yang sakinah adalah keluarga yang dimana setiap anggotanya memiliki ketenangan hati dan jarang ada konflik maupun keraguan di dalamnya.

Cara Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Setelah mengetahu arti dan dasar dari keluarga yang sakinah maka kita juga harus mengetahui cara membangun keluarga sakinah mawaddah warahmah tersebut.

Adapun cara membangun keluarga sakinah yang sesuai dengan ajaran islam adalah sebagai berikut Baca Juga : Kewajiban Perempuan Setelah Menikah agar Bernilai Ibadah

1 Menikah dan memilih pasangan yang baik

Jalan pertama yang harus ditempuh ketika seseorang ingin membangun keluarga yang sakinah adalah memilih pendamping hidup yang baik sesuai ajaran islam.

Yaitu pasangan yang baik agama dan budi pekertinya Baca Juga Pasangan yang memiliki ketaqwaan dan senantiasa melaksanakan ajaran islam akan lebih mengerti bagaimana cara membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah tersebut dan menikah untuk memenuhi imannya dan untuk beribadah kepada allah SWT.

2. Saling mengingatkan

Setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan dan khilaf maka jika ingin membangun keluarga yang sakinah setiap anggota keluarga baik itu suami atau istri harus bisa saling mengingatkan dalam hal kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah.

Jika suami atau istri tidak memenuhi ajaran dalam islam maka keduanya harus selalu saling mengingatkan dan saling menasehati dengan cara yang baik.

adapun misalnya sang istri tidak mematuhi atau nurut kepada suami maka suami berhak untuk menegurnya dengan cara yang baik dan sebaliknya bila istri merasa suami berbuat yang tidak baik maka ia boleh menggugat cerai suaminya.

Islam sendiri tidak melarang hal tersebut karena pada dasarnya pernikahan adalah untuk beribadah, kebaikan dan bukan untuk menyakiti satu sama lain.

3. Saling pengertian

Membangun Keluarga Sakinah

Dalam membangun keluarga sakinah tentu setiap anggota keluarga harus saling mengerti dan membantu satu sama lain.

Misalnya jika istri sedang sakit maka sebagai seorang suami sebaiknya bisa membantunya dan istri juga harus bisa mengerti dan tawakal kepada allah SWT atas keadaan yang menimpa dirinya atau keluarganya.

Rasa cinta dan saling pengertian akan menghindarkan dari terjadinya kesalah pahaman atau konflik dalam keluarga yang sering berakibat pada hubungan yang tidak harmonis.

Baca Juga : Manfaat Makan Bersama Keluarga untuk Kesehatan Mental

4. Menjalankan kewajibannya

Agar bisa membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah maka baik istri ataupun suami harus dapat menjalankan kewajibannya dengan baik dan memenuhi hak satu sama lain.

Dalam memenuhi kebutuhan suami atau istri adalah suatu ibadah dan sudah di jelaskan dalam islam.

5. Bangun Komunikasi yang Baik

Membangun komunikasi yang baik adalah  satu hal yang dapat mempengaruhi harmonis nya suatu rumah tangga.

Karena dengan kurang menjaga komunikasi akan muncul kesalahpahaman yang nantinya memicu timbulnya pertengkaran.

Ketika suami sibuk bekerja jangan sampai lupa untuk selalu berkomunikasi dengan istri agar tetap terjaga komunikasi dan berikan rasa perhatian melalui komunikasi.

6. Percaya satu sama lain

Dasar dari membangun keluarga sakinah adalah kepercayaan dan banyak kita saksikan saat ini suami istri yang sudah tidak saling percaya lebih memilih untuk bercerai.

Oleh karena itu untuk membangun keluarga yang sakinah suami istri harus bisa saling mempercayai dan keduanya harus selalu bisa menjaga kepercayaan pasangnnya. Seorang istri harus selalu senantiasa mematuhi suaminya termasuk sang suami juga harus bisa menjadi panutan bagi istri dan keluarganya.

Demikian pengertian keluarga sakinah mawaddah warahmah dan cara membangun keluarga sakinah dalam islam. Semoga bermafaat.

Bagi ibu ibu yang hobi arisan, dimana Delia Hijab sebentar lagi akan mengadakan Arisan Delia Hijabdengan beraga keuntungan dan hadiah menarik lainya.

Kalian bisa mempelajari dulu apa itu Arisan Delia Hijab atau bisa menghubungi admin kami DISINI.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?