Cara Menjadi Orang Tua yang baik Menurut Islam

Cara Menjadi Orang Tua yang baik Menurut Islam

Cara Menjadi Orang Tua yang baik sangat berat memang, namun mau bagaimana lagi itu merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai orang tua. Suka ataupun tidak kita harus bisa menjalankan amanah dengan sebaik mungkin.

Supaya kita bisa belajar banyak untuk menjadi orang tua yang baik maka tentunya perlu role model yang harus bisa dicontoh. Di dalam Al-Quran sudah banyak sekali tokoh yang bisa dijadikan suri teladan, seperti Nabi Adam, Nabi Nuh, keluarga Ibrahim, dan yang lainya.

Baca Juga : Kewajiban Perempuan Setelah Menikah agar Bernilai Ibadah

Bimbing Anak-Anak Untuk Menaati Syariat Allah

Cara Menjadi Orang Tua yang baik

Kita sebagai orang tua harus bisa Membimbing anak untuk menaati syariat Allah. Salah satu contoh syariat yang harus selalu dijalankan adalah mendirikan shalat.

Menanamkan syariat islam sejak usia dini merupakan hal yang harus di lakukan, sebab, nanti apabila merka sudah dewasa sudah terbiasa untuk menjalankan perintah seperti sholat  dan yang lainya.

Senantiasa Berdoa

Berdoa dilakukan bukan hanya ketika anak telah lahir. Ketika anak masih berada dalam kandungan pun hendaknya sebagai orang tua senantiasa selalu mendoakan agar kelak bisa menjadi anak yang sholeh, dan juga bisa diharapkan menjadi generasi penerus yang baik bagi agama dan negaranya.

Mengajarkan adab dan akhlak

Pendidikan dalam keluarga adalah madrasah pertama bagi perkembangan anak.

Keluarga merupakan tempat pertama dalam memperoleh sesuatu ilmu, salah satunya adab dan akhlak yang bisa dijadikan pondasi bagi anak dalam berinteraksi dengan lingkungan mereka saat nanti dewasa.

Ada banyak macam adab, etika, dan akhlak yang bisa diajarkan pada anak. Misalnya adab dan akhlak kepada Allah SWT, adab dan akhlak kepada Rasulullah (dengan melaksanakan sunah-sunahnya), serta adab dan akhlak kepada sesama manusia.

Bersikap lemah lembut sekaligus tegas

Cara Menjadi Orang Tua yang baik perlu bersikap lembut dan mengasihi anak mereka namun adakalanya perlu juga harus bersikap tegas dalam mendidik anak.

Selain dituntut untuk bisa menjadi pemimpin bagi anak, orang tuaharus bisa juga harus menjadi teman yang penuh kasih sayang bagi buah hati. Misalnya seperti mengajak bermain, bercanda, dan mencium sebagai bentuk kasih sayang.

Baca Juga : Manfaat Makan Bersama Keluarga untuk Kesehatan Mental

Bersikap adil

Orang tua harus bisa bersikap adil kepada semua anak-anaknya. Terkadang, tidak sedikit orang tua yang memiliki sikap yang berbeda pada salah satu atau sebagian anak dibandingkan anak-anak lainnya, baik dalam hal materi ataupun non materi.

Padahal sikap seperti itu tidak mencerminkan contoh yang baik pada anak karena akan ada anak yang merasa tidak disayangi atau tersisihkan.

Menanamkan Rasa Malu kepada Anak

Cara Menjadi Orang Tua yang baik yang selanjutnya adalah  Menanamkan rasa malu di sini bukan berarti membuatnya rendah diri. Namun, menanamkan rasa malu yang dimaksud yaitu membiasakan dia untuk menjaga kesopanan.

Hal tersebut sebagai bukti pendidikan yang baik dan juga lingkungan yang baik untuk si anak. Ketika rasa malu sudah semakin tinggi maka rasa kesopanan juga akan semakin tinggi.

Lagi-lagi hal ini harus bisa  dicontohkan oleh orang tua. Orang tua yang selalu menanamkan nilai etika pada anaknya maka kelak si anak juga akan mengetahui bagaimana dia bisa bersikap sopan di lingkungan pergaulannya.

Mengajak Anak Melihat Keindahan Alam

Cara Menjadi Orang Tua yang baik  yang paling mudah adalah dengan mengajak anak untuk mensyukuri keindahan alam.

Melihat keindahan alam dan menikamatinya akan bisa  membuat anak melihat kebesaran Allah Swt. Ajak anak untuk membuat sesuatu yang menurut anak adalah karya terbaiknya, kemudian ajaklah anak untukmembandingkannya dengan keindahan alam yang diciptakan oleh allah SWT.

Hal itu akan membuat anak berpikir betapa agung allah SWT dan juga anak akan senantiasa mensyukuri karunia yang diberikan OLEH Allah Swt. Melihat keindahan alam juga akan SELALU membiasakan anak agar BISA menjaga alam yang telah dianugerahkan Allah untuk umat-Nya.

Bagi ibu ibu yang hobi arisan, dimana Delia Hijab sebentar lagi akan mengadakan Arisan Delia Hijabdengan beraga keuntungan dan hadiah menarik lainya.

Kalian bisa mempelajari dulu apa itu Arisan Delia Hijab atau bisa menghubungi admin kami DISINI.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?