Cobaan Dalam Rumah Tangga Menurut Islam

Cobaan Dalam Rumah Tangga Menurut Islam

Cobaan Dalam Rumah Tangga adalah hal yang pasti terjadi dalm menjalani kehidupan rumah tangga, berlabuh dalm mengarungi kehidupan rumah tangganya.

Dalam menjalani rumah tangga, semua orang memiliki jalan ceritanya sendiri. Hidup berdua dengan orang yang kita sayangi, bukan berarti semuanya akan mulus dan lancar begitu saja, akan ada ujian dalam setiap hubungan.

Setiap psuami istri pastinya akan diuji, karena melalui ujian ini, akan menguatkan dan mengukuhkan rasa cinta diantara mereka.

Baca Juga : Manfaat Lain buah Lemon untuk Bersihkan Perabotan Rumah

Besar kecilnya ujian harusnya bisa dilewati bersama-sama, dan jangan menjadi alasan untuk terjadi perpisahan diantara keduanya. Inilah deretan ujian berat yang akan dilalui oleh setiap pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan rumah tangganya.

Sikap dalam menghadapi ujian rumah tangga dalam islam

Islam adalah landasan dan solusi bagi berbagai persoalan, termasuk dalam rumah tangga. Jika anda menjadikan Islam sebagai satu-satunya solusi dalam menghadapi cobaan rumah tangga.

maka di samping akan menuai pahala, Cobaan Dalam Rumah Tangga juga menyelesaikan masalah dan menguatkan cinta suami dan istri. Berikut cara Islami dalam menyikapi ujian rumah tangga.

Qana’ah dan bersabar

Ujian rumah tangga kadang datang berupa dalam keterbatasan atau bahkan saat keterpurukan ekonomi keluarga. Di sinilah sifat qana’ah (yaitu menerima apa adanya dalam hal kebendaan atau duniawi sangat dibutuhkan.

Ia adalah rahasia dan sumber kebahagiaan, yang tidak menjadikan kesempitan duniawi sebagai sumber permasalahan apalagi perceraian.

Hindari caci maki dan kekerasan fisik

Konflik juga bagian dari ujian dalam rumah tangga. Rumah tangga tanpa konflik ibarat seperti masakan tanpa bumbu. Tapi apabila bumbu terlalu banyak, masakan menjadi tidak enak. Agar konflik tidak semakin memanas dan berkepanjangan, hindari lah caci maki dan kekerasan fisik pada pasangan.

Jangan menampakkan konflik

Salah satu dampak negatif media sosial adalah semakin mudahnya seseorang mengumbar masalahnya di muka umum. Sedang kesal dengan suami, ditumpahkan di Twitter. Bahkan ada suami istri yang bertengkar dan saling melempar cacian di Facebook. Mereka tidak peduli pada teman di jaringan mereka yang menonton ‘pertunjukan’ tersebut.

Cobaan Dalam Rumah Tangga dengan pasangan semestinya dikelola di ruang privat dengan mencari solusi bersama, bukan diumbar melalui jejaring sosial. Sudah seharusnya seseorang mempunyai rasa malu jika aibnya diumbar.

Ujian terberat dalam rumah tangga menurut islam

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga pasti selalu ada permasalahan yang bisa terjadi kapan saja, berikut adalah beberapa permasalahan yang biasa terjadi.

Cobaan Dalam Rumah Tangga

Pelajari selengkapnya

1. Ujian Keuangan

Dalam kehidupan berumah tangga, setiap pasangan suami istri akan diuji dengan salaha satunya kekurangan ekonomi, saat penghasilan tidak bisa memenuhi semua kebutuhan rumah tangga.

Ujian ini akan terasa begitu cukup berat, saat keduanya tidak bisa saling menguatkan, sehingga tidak jarang dari mereka gagal mempertahankan dalam hubungan.

Baca Juga : Menu Arisan Keluarga Simple Paling enak dan Jadi Favorit Para Tamu

2. Merasa jenuh terhadap pasangan

Kehidupan setelah pernikahan bisa membuat suami istri mengalami  rasa kejenuhan. Melakukan rutinitas yang itu-itu saja bersama pasangan berpotensi dapat menimbulkan rasa bosan.ika sudah begini, hubungan akan terasa kurang harmonis dan menjadi tidak spesial lagi.

Cobalah untuk sesekali melakukan kegiatan baru atau liburan bersama pasangan, seperti liburan berdua atau bisa juga jalan-jalan ke tempat kenangan ketika masih pacaran.

3. Kebiasaan buruk yang dibiarkan

Pasangan yang memiliki kebiasaan buruk bisa menjadi sumber Cobaan Dalam Rumah Tangg. Tidak semua kebiasaan buruk pasangan bisa diterima dengan ikhlas dan sabar. Ada kalanya kebiasaan buruk itu justru memicu pertengkaran.

Jika pasangan memiliki kebiasaan buruk yang ga disukai, komunikasikanlah dengan baik. Jangan menyimpan terus-menerus hingga meledak. Dengan begitu, pasangan bisa menyadari kebiasaan buruknya dan berusaha untuk mengubahnya.

4. Cemburu berlebihan

Cemburu adalah hal biasa dalam sebuah pasangan. Namun, kecemburuan bisa saja berubah menjadi ujian dalam rumah tangga apabila tidak dikontrol dengan baik. Terutama cemburu berlebihan  yang tidak realistis atau hanya mengada-ada saja.

Pasangan yang cemburu berlebihan bisa saja menjadi arogan dan pemarah. Kehidupan dalam rumah tangga yang seperti ini tentu tidak sehat dan komunikasi pun tidak akan berjalan lancar.

5. Perbedaan nilai dan prinsip hidup

Pasangan suami istri tidak selalu memiliki nilai dan prinsip hidup yang sama. Bisa saja memiliki perbedaan pandangan soal agama, definisi baik dan buruk, atau cara mereka dalam mendidik anak. Karena, setiap orang tidak tumbuh di lingkungan dan nilai yang sama.

Tidak jarang juga, hal ini bisa menimbulkan Cobaan Dalam Rumah Tangga yang rumit. Maka dari itu, baiknya kedua pasangan saling mengerti dan menyesuaikan diri tentang perbedaan tersebut.

6. Pasangan terlalu sibuk

Kesibukan dalam pekerjaan atau pendidikan, sebenarnya bukan masalah apabila bisa dikelola dengan baik. Namun, hal tersebut tetap saja berpotensi menjadi cobaan rumah tangga.

Apalagi saat pasangan terlalu sibuk sampai kurang tidur atau kurang asupan nutrisi. Hal tersebut dapat menyebabkan stres. Ketika stres, pasangan menjadi tidak sabaran dan juga tidak bisa mengatasi konflik dengan baik. Inilah yang akhirnya menimbulkan permasalahan.

Jadwal yang terlalu sibuk juga bisa membuat hubungan suami istri menjadi renggang akibat kurangnya momen waktu bersama. Ketika masing-masing sudah terlalu sibuk dengan urusanya.

suami istri sulit menjadi pasangan yang solid dalam mengurus rumah tangga. Hal terlihat sepele seperti pekerjaan rumah sehari-hari pun bisa menjadi masalah.

Itulah beberapa Cobaan Dalam Rumah Tangga Dalam Islam dan sikap dalam menyelesaikan permasalahan dalam rumah tangga, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?