Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah Pada Hari Jumat

Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah Pada Hari Jumat

Sudahkah anda berinfaq dan bersedekah hari ini? Zakat Infaq dan Sedekah adalah salah satu amalan dalam islam yang mempunyai pahala yang sangat besar. Hikmah zakat infaq dan sedekah bagi yang melakukannya sangat luar biasa.

Kita tahu bahwa dari zakat infaq adalah mengeluarkan sebagian dari harta yang anda miliki untuk kepentingan umat islam. Zakat Infaq dan sedekah sering disamakan, namun keduanyatentu  mempunyai makna yang berbeda.

Baca Juga : Cobaan Dalam Rumah Tangga Menurut Islam

Bedekah lebih luas, karena sedekah bukan hanya harta saja tapi juga bisa berupa tenaga, pemikiran, atau bahkan senyum yang ikhlas juga merupakan bentuk sedekah. Sedangkan untuk infaq merupakan sedekah dalam wujud harta.

Hikmah Infaq bagi Mereka yang Melakukannya

Menambah Rezeki

Banyak orang menganggap bahwa dengan berinfaq dan bersedekah harta akan berkurang atau habis. Ini adalah anggapan yang sangat salah. Berinfaq dan bersedekah justru akan menambah rezeki anda semakin berlimpah.

Membersihkan Harta

Hikmah berinfaq yang selanjutnya adalah membersihkan harta yang anda miliki. Setiap harta yang anda dapatkan ada sebagiannya milik orang yang membutuhkan.

Untuk  itu, dengan berinfaq anda bisa membersihkan harta yang anda miliki dan pastinya menambah keberkahannya.

Menolak Bala atau Musibah

Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah yang selanjutnya yatu dapat menolak bala atau musibah. Hal ini sesuai dengan hadist nabi Muhammad SWA yang menyebutkan bahwa satu-satunya amalan yang dapat menolak musibah yaitu dengan berinfaq dan bersedekah.

Dengan Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah anda secara tidak langsung sudah membantu orang lain, orang lain yang andabantu tentunya akan mendoakan anda agar terhindar dari segala musibah.

Hal inilah yang membuat infaq akan melindungi anda dari marabahaya dan musibah. Oleh karena itu, perbanyaklah berinfaq agar terhindar dari segala macam musibah.

Dilindungi Pada Hari Kiamat

Keajaiban lainnya yang akan anda dapatkan dengan zakat infaq dan sedekah adalah dilindungi ketika nanti hari kiamat.

Dalam hadits yang dirawayatkan oleh Imam Tabrani, Rasulullah SAW bersabda bahwa orang beriman akan selamat di hari kiamat karena infaq dan sedekahnya. Jadi apabila anda  ingin terlindung di hari kiamat perbanyaklah untuk berinfaq dan bersedekah.

Manfaat sedekah di hari jumat

Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah

Ternyata hari Jumat memang memiliki banyak keutamaan bagi seluruh umat Islam yang bersedekah. Tentunya kesempatan beramal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, agar mendapatkan manfaatnya. Di antaranya adalah:

1. Pahala Berlipat Ganda

Hari Jumat juga menjadi hari terbaik dimana nilai dan segala macam pahala akan Memberi Berkah Rezeki dan Keluarga

Sedekah di hari Jumat juga akan menghasilakn keajaiban serta pertolongan yang tidak pernah di duga sebelumnya seperti limpahan rezeki yang semakin lancar.

Baca Juga : Manfaat Lain buah Lemon untuk Bersihkan Perabotan Rumah

Sedekah sendiri tidak selalu harus berupa uang, akan tetapi juga bisa dalam bentuk bantuan dan juga tenaga yang termasuk dalam sedekah pada orang lain.

2. Orang yang Bersedekah Akan Didoakan Malaikat

Bagi hamba yang melakukan ibadah sedekah pada Hari Jumat sesungguhnya ia akan mendapatkan doa dari para malaikatnya Allah SWT.

Berbeda dengan orang yang tidak mau bersedekah maka dirinya tidak akan mendapatan Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah karena harta yang dimiliki itu ada hak orang lain (orang orang yang membutuhkan).

3. Sedekah di Hari Jumat adalah Sunnah Rasul

Menjalankan sunnah Rasul SAW tentu akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT salah satunya yaitu dengan melakukan sedekah pada hari Jumat.

Sedekah pada Hari Jumat ini menjadi ibadah sunnah yang dianjurkan untuk umat Nabi Muhammad SAW.

Anda bisa bersedekah di siang atau malam hari pada Hari Jumat. Masih banyak yang belum paham tentang keutamaan dari amalan ini. Allah SWT juga akan menghapus dosa-dosa terdahulu dan memperbaiki laporan yang akan diberikan oleh malaikat kepada Allah setiap hari Jumat.

4. Akan Mendapatkan Banyak Karunia

Hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa karena akan turun karunia dari Allah SWT. Dengan bersedekah di Hari Jumat sama besar pahalanya saat melakukan sedekah di Bulan Ramadhan. Perbanyaklah untuk sedekah maka rezeki akan dilancarkan.

Orang yang bersedekah adalah  orang yang menabung pahala di akhirat nanti. Hartanya tidak akan habis melainkan akan dilimpahkan terus oleh Allah SWT. Dan akan membalas perbuatan baik hamba-Nya entah dalam bentuk apa pun.

5. Keluarga dan Diri Sendiri Akan Mendapatkan Berkah

Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah Pada Hari Jumat akan mendapatkan  berkah melimpah diberikan ke seorang hamba dan keluarganya yang melakukan sedekah pada Hari Jumat. Dan akan mendatangkan pertolongan dari Allah SWT yang tidak pernah diduga.

Selain mendapatkan keberkahan, rezeki yang didapatkan juga akan lancar. Allah SWT juga akan mempermudah semua urusan hamba tersebut.

Seperti janji Allah SWT bahwa setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan dan setiap kemudahan itu bisa saja datang melalui sedekah di Hari Jumat.

6. Menguatkan Keimanan

Dengan melakukan sedekah pada Hari Jumat itu ternyata bisa memperkuat keimanan seseorang. Ibadah adalah bentuk interaksi antara seorang hamba dengan Tuhannya dan sedekah adalah salah satu bentuk dalam ibadah.

Siapapun orang yang berniat melakukan sedekah di Hari Jumat maka Allah SWT akan meningkatkan kualitas keimanannya. Orang tersebut akan mendapatkan balasan yang setimpal serta hidupnya penuh dengan keberkahan.

Itulah beberapa Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah pada hari jumat dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?