Cara Mengatasi Pikiran Negatif Dalam Islam

Cara Mengatasi Pikiran Negatif Dalam Islam

Cara Mengatasi Pikiran Negatif adalah hal yang harus dihindari oleh setiap orang yang beriman. Dengan berpikir negatif justru akan memperburuk masalah dan bisa meningkatkan strees yang kamu miliki.

Sumber pikiran negatif biasanya berasal dari diri sendiri, sehingga kita harus bisa membuang semua pikiran negatif yang dapat memperburuk keadaan hati kita.

Baca Juga : Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah Pada Hari Jumat

Pikiran negatif tersebut biasanya disebabkan karena adanya banyak masalah, tekanan, dan juga stress.

Cara menghilangkan pikiran negatif menurut psikolog

Cara Mengatasi Pikiran Negatif

1. Mengenali pikiran negatif yang muncul

Untuk mengatasi pikiran negatif, kamu harus bisa mengenal dan mengindentifikasi pikiran yang muncul di pikiran. Mengenali dan mengidentifikasi pikiran negatif memang cukup sulit dilakukan. Kadang, apa yang muncul di benak kamu terjadi secara spontan.

Hal tersebut membantu kamu untuk mengenali bagaimana pikiran negatif itu muncul. Saat mulai mengenal polanya, kamu akan lebih mudah untuk menghilangkanya. Mengenali pikiran negatif yang muncul tersebut bisa menjadi cara awal untuk mengatasinya.

2. Berteman dengan orang-orang yang memberikan aura positif

Pikiran negatif kadang berasal dari orang-orang sekitar. Pastikan Cara Mengatasi Pikiran Negatif kamu berteman dengan orang-orang yang bisa memberikan nilai  positif serta mendukung dengan hal-hal baik yang kamu tekuni.

Teman teman ini dapat memberikan nasihat dan feedback, yang membantu kamu untuk berkembang lebih baik.

3. Menahan Diri Dari Perbuatan Negatif

Perbuatan negatif akan berdampak secara langsung pada pemikiran seseorang, perbuatan buruk juga turut memunculkan pikiran negatif. Seperti sering menyalahkan perbuatan orang lain, gampang emosi, dan juga tidak bertanggung jawab terhadap segala sesuatu.

Baca Juga : Cobaan Dalam Rumah Tangga Menurut Islam

Keadaan lingkungan juga turut memengaruhi pola pikir seseorang. Karena, sebagian besar perilaku yang kita miliki berasal dari contoh lingkungan.

4 Tetap Berusaha Menjadi Pribadi Lebih Baik

Setiap orang yang beriman akan terus berusaha untuk menjadi hamba yang lebih baik setiap harinya. Pribadi yang lebih baik di sini bukan berarti mengejar dalam kesempurnaan materi yang kita miliki. Melainkan bekal yang cukup untuk menuju ke akhirat nanti.

Pribadi yang baik salah satunya yaitu dengan Cara Mengatasi Pikiran Negatif yang ada pada diri kita akan memunculkan rasa kekhawatiran yang berlebihan tentang masa depan, hal itu akan menimbulkan rasa keraguan terhadap kuasa yang maha kuasa Allah SWT.

5. Belajar untuk meditasi

Simak Koleksi Selengkapnya

Cara mengatasi pikiran negatif yaiitu dengan mencari ketenangan dengan meditasi. Selain menghilangkan pikiran negatif, bermeditasi juga dapat membantu kamu mendapatkan aura baru terhadap situasi genting, membantu Anda belajar menghadapi stres, sampai meningkatkan kesabaran.

6. Mengatasi pikiran negatif harus dilakukan dengan komitmen

Mengatasi Pikiran negatif memang bukan proses yang mudah dan instan, terutama jika kamu selalu berpikiran negatif terhadap semua hal yang kamu alami.

Baca Juga : Manfaat Lain buah Lemon untuk Bersihkan Perabotan Rumah

Namun begitu, dengan komitmen, pikiran negatif dan kritis terhadap diri sendiri secara perlahan dapat  berubah menjadi penerimaan diri.

Apabila pikiran kamu cenderung positif, kamu akan lebih terlatih untuk menangani stress dan pikiran negatif dengan cara yang konstruktif. Artinya, kamu dapat menjadikan pengalaman untuk membuat hidup lebih baik.

7.Luangkan Satu menit untuk Menenangkan Pikiran

Ketika pikiranmu mulai mengarah pikiran negatif, sehingga sangat sulit buatmu untuk mengendalikannya, cobalah untuk rileks sebentar dan luangkan beberapa menit untuk berdamai dengan diri sendiri.

Ini bisa menjadi seperti meditasi untuk memperlambat hal-hal yang sulit kamu kendalikan khusunya mengendalikan pikiran.

Tarik napas, lalu kemudian keluarkan. Lakukan berulang kali sampai kamu merasa cukup tenang. Kadang saat momen tertentu, penting untuk mengosongkan pikiran sebagai Cara Mengatasi Pikiran Negatif untuk menempatkan hal-hal yang lebih baik untuk mengisi pikiranmu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatas pikiran negatif yang ada pada diri kamu. Berpikiran positif dan percaya kepada ketetapan Allah SWT merupakan salah satu ciri dari seorang muslim yang taat dan beriman, oleh karena itu patut mengetahui cara berpikiran positif dalam Islam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?