Hukum Arisan Dalam Islam, Boleh Dilakukan dengan Syarat-Syarat Ini

Hukum Arisan Dalam Islam Boleh Dilakukan dengan Syarat-Syarat Ini

Hukum arisan dalam islam tentunya sudah cukup familiar di tengah masyarakat, bahkan sudah banyak orang yang mengikutinya. Mulai dari anak muda sampai orang tua turut mengikuti arisan yang biasanya dilakukan secara berkelompok tersebut.

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda dalam arisan. Namun dari arisan inilah, orang orang bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat lainnya.

Apalagi jika dalam kondisi yang cukup mendesak, di mana anada sedang membutuhkan uang. Lalu tiba-tiba saat arisan tersebut andalah yang mendapatkan uangnya. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri.

Baca Juga : Perbedaan anatar Haji dan Umroh yang Harus Diketahui

Tapi, bagaimana pendapat Islam dalam memandang arisan? Apakah hukum arisan dalam Islam ini diperbolehkan atau justru dilarang oleh agama? Ini tentu masih menjadi pertanyaan bagi sebagian umat Islam yang sampai sekarang masih ragu untuk melakukannya.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap tentang hukum arisan, berikut adalah hukum arisan dalam Islam dan arisan seperti apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam Islam, sebagaimana telah dirangkum melalui berbagai sumber.

Hukum arisan menurut islam

Menurut sumber ulama Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu’ al Fatawa, hukum transaksi atau muamalah adalah boleh dan halal. Lalu menurut sumber dari Syekh Ibnu Utsaimin dalam kitab Syarh Riyadhus Shalihin, hukum arisan dalam Islam diperbolehkan.

Sedangkan apabila ada yang berpandangan bahwa arisan ini adalah memberi pinjaman dan mengambil manfaat atau riba, maka itu adalah pendapat salah. Karena dalam kegiatan arisan ini setiap orang akan mendapatkan bagiannya masing-masing secara bergiliran.

Sehingga bisa diketahui secara jelas bahwa untuk hukum arisan dalam Islam adalah halal. Asalkan tetap dilakukan berdasarkan syariat dalam Islam.

Di mana uang tersebut dikumpulkan berdasarkan kesepakatan bersama sama. Masing-masing orang akan mendapatkan uang itu, tanpa harus mengurangi atau melebihkan jumlahnya.

Arisan yang Sesuai dengan Syariat Islam

Setelah mengetahui hukum arisan dalam Islam, kini untuk menjalani hal tersebut pun tidak perlu khawatir lagi. Namun tetap harus diingat bahwa arisan boleh dilakukan dengan mengikuti syariat Islam.

Berikut adalah arisan yang diperbolehkan dalam Islam.

Bersifat Adil

Arisan boleh dilakukan asal sifatnya adil. Setiap orang yang mengikuti arisan tersebut harus memberikan dan mendapatkan bagiannya sesuai hak masing-masing.

Baca Juga : Resep Sop Daging Sapi ala Rumahan, Gurih dan Menggugah Selera

Dalam mendapatkan uang arisan juga tidak dikurangi atau pun dilebihkan jumlahnya. Karena perbuatan tersebut dilarang oleh Allah SWT.

Tidak Melakukan Hal yang Tidak Bermanfaat

Dalam arisan, maka janganlah melakukan hal yang tidak bermanfaat. Misalnya saja seperti saling mengobrolkan dan memamerkan apa yang dimilikinya dan merendakan orang lain. Saat berangkat arisan, maka niatkan diri untuk saling bertemu dan bersilaturahmi.

Arisan yang Dilarang dalam Islam

Hukum Arisan Dalam Islam

Hukum arisan dalam Islam menjadi dilarang apabila arisan yang dilakukan tidak sesuai dengan syariat Islam.

Arisan yang dilarang dalam Islam sebagaimana dikutip melalui islamkita.co sebagai berikut:

Arisan Haji

Melakukan arisan haji dalam Islam sangat tidak diperbolehkan. Hal ini karena apabila orang tersebut masih memiliki tanggungan hutang dan yang lainya. Di sisi lain, haji sendiri bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan apabila kondisinya memang belum mampu.

Arisan Barang Haram

Arisan lainnya yang dilarang oleh agama Islam adalah arisan barang haram. Hal ini sangat jelas dilarang dalam agama Islam. Karena apabila sudah berupa barang haram, maka seluruh umat Islam harus menghindarinya.

Untuk itu, hukum arisan dalam Islam diperbolehkan. Apabila hal tersebut dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Baca Juga : Sejarah Singkat Idul Adha dan Hikmah Di Balik Kurban

Di mana nantinya orang yang mengikuti arisan tersebut akan mendapatkan hak masing-masing tanpa mengurangi dan melebihkan jumlahnya.

Rekomendasi Arisan yang Sesuai dengan Syariat Islam

Berikut adlah rekomendasi arisan yang bisa anda ikuti yang pastinya terpercaya dan sesuai dengan syariat Islam.

Arisan Delia Hijab

Hukum Arisan Dalam Islam

Arisan Delia Hijab ini pada dasarnya sama seperti arisan pada umumnya, namun yang membedakan dengan arisan yang lainya adalah.

Arisan Delia Hijab ini periodenya 1 tahun (bisa di ambil pada saat hari raya Idul Fitri). Selain itu Arisan Delia ini memberikan segudang benefit dan hadiah yang bisa didapatkan bagi para member yang ikut arisan tersebut.

Selain itu anda bisa mempelajari terlebih dahulu lebih detail tentang Arisan Delia Hijab DISINI.

Anda Juga bisa tanya tanya seputar Arisan Delia Hijab dengan menghubungi Admin kami DISINI.

Itulah beberapa Hukum arisan dalam islam dengan mengetahui landasan hokum tersebut agar tidak merasa ragu dalam melaksanakan sesuatu yaitu arisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?