Tips agar Janin Sehat dan Sempurna Simak Tips Berikut ini

Tips agar Janin Sehat dan Sempurna

Tips agar Janin Sehat dan Sempurna adalah hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Bagaimana cara menjaga kesehatan janin di kandungan? Ini tipsnya.

Menjaga janin tetap sehat adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Karena nantinya, hal ini akan memengaruhi tumbuh kembang pada anak hingga ia beranjak dewasa.

Kesehatan anak diperoleh sejak dia masih berada dalam kandungan. Lalu, apa yang dapat dilakukan ibu agar janin selalu sehat hingga persalinan?

1. Penuhi Kebutuhan Kalori Harian

Jumlah asupan yang ibu hamil konsumsi sangat memengaruhi nutrisi janin. Untuk itu, kurangi niat untuk diet atau menghindari peningkatan berat badan selama hamil. Jika memang berat badan Anda sudah meningkat pesat saat hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

2. Hindari mengonsumsi kafein dan alcohol

Kafein dan alkohol adalah dua minuman yang harus dihindari selama menjalani program hidup sehat, dan saat hamil. Kedua kandungan ini biasanya ditemukan di dalam kopi, teh, cokelat, roti, dan minuman bersoda lainya. 

Baca Juga : Hukum Arisan Dalam Islam, Boleh Dilakukan dengan Syarat-Syarat Inia

3. Mengonsumsi kacang almond secara rutin

Kacang almond banyak manfaat dan kaya akan Vitamin E, B2, B9, protein, dan serat yang baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Selain berguna untuk menambah energi, kacang almond juga bagus untuk menguatkan tulang, melancarkan pencernaan, mengatasi alergi, dan menjaga sistem kekebalan tubuh bayi saat nanti lahir.

Untuk saat ini, kacang almond bisa ditemukan dalam berbagai camilan yang sehat yang dijual di supermarket, diantaranya seperti roti, biskuit, atau coklat.

Dengan mengoonsumsi kacang almond secara teratur dan jumlah yang tepat, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh sang buah hati.

4. Tidur yang cukup dan berkualitas

Tips agar Janin Sehat dan Sempurna yaitu dengan waktu tidur yang cukup selama 6-8 jam per hari, ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dari biasanya.

Tidur yang cukup dapat memulihkan tenaga, sehingga ibu hamil tidak mudah cepat lelah saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain tidur yang cukup, ibu hamil juga perlu mendapatkan tidur yang berkualitas. Biasakan ibu hamil tidak memikirkan hal-hal yang terlalu berat menjelang tidur untuk dapat menghindari tidur yang tidak nyenyak.

Cara mengatasi berat badan naik drastis saat hamil

Tips agar Janin Sehat dan Sempurna

Jika ibu hamil mengalami obesitas atau berat badan lebih, maka terdapat beberapa risiko berbahaya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hingga persalinan dengan prosedur operasi Caesar.

Untuk itu, bagi ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih dianjurkan untuk melakukan diet.

1. Mengurangi Asupan Kalori

Cara pertama dalam menurunkan berat badan saat hamil adalah dengan menurunkan asupan kalori.

Penurunan sebanyak 3.500 kalori efektif menurunkan berat badan sebanyak 0,5 kg. Dengan ukuran tersebut, Anda disarankan untuk bisa mengurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori.

Sehingga proses penurunan berat badan Anda dilakukan secara perlahan agar respon tubuh tidak buruk. Selain hal itu,

ibu hamil tidak dianjurkan makan di bawah 1.700 kalori agar kesehatan ibu dan janin terjaga.

Baca Juga : Perbedaan Antara Haji dan Umroh yang Harus Dipahami

2. Mengolah Makanan dengan Cara Sehat

Pada Tips agar Janin Sehat dan Sempurna, Anda bisa mengambil contoh dari bahan mentega. Anda bisa mengganti mentega yang mengandung lemak tidak sehat menjadi minyak yang lebih sehat untuk mengolah makanan. Salah satu contoh minyak yang sehat adalah diantaranya minyak zaitun.

Hindari juga mengolah makanan yang siap saji karena kandungan di dalamnya bisa jadi terdapat lemak yang tidak sehat.

3. Mengontrol Berat Badan Secara Rutin

Ibu hamil pada umumnya mengalami kenaikan drastis saat kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Oleh karena itu, sebagai ibu hamil harus rutin mengontrol berat badan agar dapat mengetahui berat badan idealnya sesuai massa tubuh dan menyesuaikannya.

 Jika sudah obesitas sebelumnya, maka disarankan untuk melakukan upaya menurunkan berat badan sejak trimester pertama.

Cara mengatasi susah tidur saat hamil 8 bulan

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan keluhan susah tidur saat hamil tua, di antaranya adalah pembesaran ukuran rahim yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, nyeri punggung, mual dan mulas, sering buang air kecil di malam hari, hingga timbul stres dan rasa cemas.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi keluhan susah tidur saat hamil tua:

1. Perhatikan posisi tidur

Saat hamil tua, ibu hamil perlu mengatur posisi tidur agar bisa tidur dengan nyaman yang menjadi Tips agar Janin Sehat dan Sempurna.

Posisi tidur yang disarankan saat hamil tua yaitu tidur miring ke arah kiri dengan lutut yang ditekuk.

Bila anda merasakan keluhan sensasi panas pada bagian dada, ibu hamil bisa tidur dengan posisi setengah duduk dengan punggung bersandar pada tumpukan bantal.

2. Terapkan jam tidur

Usahakan untuk selalu menerapkan waktu tidur yang teratur setiap harinya.

Agar anda bisa lebih cepat tidur, disarankan untuk bisa menciptakan suasana tidur yang tenang, dan redupkan lampu kamar.

Jika malamnya anda kurang tidur, sebaiknya sempatkan waktu untuk tidur siang sebentar. Anda juga bisa menerapkan sleep hygiene.

3. Lakukan teknik relaksasi

Agar pikiran dan otot tubuh menjadi nyaman dan rileks, coba lakukanlah relaksasi menjelang saat tidur. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pernapasan, yaitu dengan menarik napas dalam-dalam lalu mengeluarkannya secara perlahan.

Selain itu, anda juga bisa melakukan relaksasi dengan cara yoga atau stretching sebentar sebelum waktu tidur, mencoba aromaterapi, atau bisa meminta suami untuk memberikan pijatan. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi stres saat hamil dan Tips agar Janin Sehat dan Sempurna.

Bagi anda yang suka arisan, kami sedang mengadakan Arisan Delia Hijab.

Arisan Delia Hijab ini pada dasarnya sama seperti arisan pada umumnya, namun yang membedakan dengan arisan yang lainya adalah.

Arisan Delia Hijab ini periodenya 1 tahun (bisa di ambil pada saat hari raya Idul Fitri). Selain itu Arisan Delia ini memberikan segudang benefit dan hadiah yang bisa didapatkan bagi para member yang ikut arisan tersebut.

Selain itu anda bisa mempelajari terlebih dahulu lebih detail tentang Arisan Delia Hijab DISINI.

Anda Juga bisa tanya tanya seputar Arisan Delia Hijab dengan menghubungi Admin kami DISINI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?