Inilah Adab Berpakaian Dalam Islam Yang Harus Diketahui

Keyword : Adab Berpakaian - Adab Memakai Pakaian - Adab Dalam Berpakaian 

Keyword : Adab Berpakaian – Adab Memakai Pakaian – Adab Dalam Berpakaian 

Dalam ajaran agama islam, berbagai macam aspek kehidupan semuanya ada adab-adab yang harus di taati oleh seluruh umat muslim. Termasuk dalam adab bagaimana cara berpakaian. Sebagai mana yang telah di jelaskan dalam alQuran surat al-A`raf ayat 26 menjelaskan bahwa Allah telah menurunkan pakaian yang indah kepada anak adam sebagai perhiasan, dan agar selalu menjaga auratnya. Menggunakan pakaian sesuai dengan adab syariat islam merupakan suatu bentuk ketaqwaan kita terhadap allah SWT. Selain itu, adab  menggunakan pakaian dalam syariat islam juga memiliki tujuan yang positif, salah satunya agar tidak mengundang hawa nafsu yang bisa menimbulkan tindak kejahatan. Lantas, bagaimana cara berpakaian yang baik dan benar sesuai dengan adab syariat islam itu? Intuk itu simak ulsannya di Delia Hijab berikut ini.

1. Menutup Aurat

Baca Juga : 

Dalam adab syariat agama islam, seseorang dianjurkan untuk berpakaian yang menutupi aurat. Bagi laki laki berkewajiban menutupi auratnya dimulai dari bagian pusar hingga lutut. Sedangkan kewajiban bagi perempuan dalam menutupi auratnya yaitu seluruh tubuhnya, kecuali kedua telapak tangan dan telapak kaki, serta wajahnya.

Keyword : Adab Berpakaian - Adab Memakai Pakaian - Adab Dalam Berpakaian 

2. Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Selain harus menutupi aurat, adab dalam berpakaian menurut anjuran syariat islam juga tidak boleh mengunakan pakian yang menyerupai lawan jenis. Jadi seorang muslim dan muslimah harus bisa membedakan dan memilih pakaian yang akan dikenakannya. Jangan sampai pada saat mengenakan pakaian seorang perempuan terlihat serupa dengan laki-laki, ataupun sebaliknya

3. Tidak Transparan dan Ketat

adab menggunakan pakaian selanjutnya adalah seorang muslim dan muslimah tidak boleh menggunaan pakaian yang ketat dan transparan. Terutama bagi wanita, menggunakan pakaian ketat dan transparan sama seperti mempertontonkan lekuk tubuh yang bisa mengundang hawa nafsu dari lawan jenis. Menggunakan pakaian yang tidak transparan dan ketat merupakan suatu adab yang harus ditaati oleh seluruh umat muslim. Bila seseorang melanggarnya maka akan menjadi dosa dan akan mendapatkan siksa api neraka. Maka dari itu sebagai umat muslim, penting sekali untuk menggunakan pakaian yang tertutup dan longgar  sesuai syariat-syariat islam.

4. Mengawali Dari Kanan

Saat hendak mengguanakan pakaian, ada baiknya jika kita mengawalinya dari tubuh bagian kanan terlebih dahulu. Karena dalam HR bukhari 168 adab ini merupakan sebuah kebiasaan Nabi Muahammad SAW yang selalu mendahulukan tubuh bagian kanan pada saat melakukan sesuatu termsuk pada saat menggunakan sandal, menyisir dan berpakaian.

5. Tidak Menimbulkan Perasaan Ria’

Adab atau aturan berpakaian menurut syariat islam lainnya yaitu tidak menimbulkan perasaan ria. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa di hari kiamat nanti allah SWT tidak akan memandang umatnya yang semasa hidupnya Selalu menggunakan pakaian yang berlebih- lebihan yang menjadikan perasaan orang tersebut menjadi ria. Maka dari itu sebaiknya kita harus bijak dalam berbusana. Pilihlah pakaian yang sederhana namun sesuai dengan pungsinya. Menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam merupakan suatu bentuk ketaatan kita terhaadap Allah SWT.

Keyword : Adab Berpakaian - Adab Memakai Pakaian - Adab Dalam Berpakaian 

Keyword : Adab Berpakaian – Adab Memakai Pakaian – Adab Dalam Berpakaian 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?