Inilah Tujuan Perintah Menutup Aurat Dalam Islam

Keyword : Tujuan Perintah Menutup Aurat - Kewajiban Menutup Aurat - Hukum Menutup Aurat

Keyword : Tujuan Perintah Menutup Aurat – Kewajiban Menutup Aurat – Hukum Menutup Aurat

Dalam islam menutup aurat merupakan syarat wajib yang harus dilakukan, baik laki-laki maupun perempuan. Bagi laki-laki berkewajiban menutup auratnya dimulai dari pusar sampai lutut. Sedangkan kewajiban menutup aurat bagi perempuan yaitu seluruh tubuh kecuali wajah, kedua telapak tangan, dan telapak kaki. Bagi sebagian perempuan, kewajiban menutup aurat seringkali dianggap hal yang spele,dan menganggap bahwa kewajiban ini merupakan suatu pengekangan terhadap hak dan kreativitas seorang perempuan. Padahal dengan menutup auratnya, seorang perempuan masih bisa mendapatkan hak dan kreativitasnya. Selain kewajiban, menutup aurat juga ternyata memiliki tujuan lain. Penasasran apa tujuannya, untuk itu simak ulasan mengenai Tujuan Perintah Menutup Aurat Dalam Islam di Delia Hijab berikut ini.

1. Terlihat berbeda dari makhluk lain

Baca Juga : Manfaat Mengguanakan Jilbab Dalam Islam

Sebagai mana yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-A’raf ayat 26 yang berbunyi : “Wahai anak Adam, telah kami turunkan buat kamu pakaian yang boleh menutup aurat-aurat kamu dan untuk perhiasan.” Dengan penjelasan ayat tersebut bisa disimpulkan bahwa hanya kepada anak adam atau manusialah yang diperintahkan untuk menutup auratnya. Karena allah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya. Sehingga dengan menutup aurat menjadi suatu pembeda antara manusia dengan makhluk allah lainnya.

Keyword : Tujuan Perintah Menutup Aurat - Kewajiban Menutup Aurat - Hukum Menutup Aurat

2. Islam Sempurna

Agama islam merupakan agama yang sempurna. Karena berbagai macam aspek kehidupan semunya diatur oleh allah SWT, termasuk aturan dalam menutup aurat. Hal itu tentu bukan tanpa alasan, mengingat allah sang maha mengetahui semua kebutuhan dan sifat makhluknya. Dengan menutup aurat seseorang menjadi lebih bisa mengendalikan hawa nafsunya.

3. Terhindar dari dosa-dosa

Dengan menutup aurat seseorang bisa terhindar dari dosa- dosa, hal itu karena dalam islam menutup aurat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Dan itu merupakan perintah allah SWT. Bila tidak dilakukan seseorang menjadi dosa dan akan mendapatkan siksa.

4. Sebagai ujian ketaatan

Salah satu bentuk ketaatan manusia kepada allah yaitu melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Dengan menutup aurat, itu merupakan sebuah bukti ketaatan seseorang kepada allah SWT.

5. Mencegah Penyakit

Selain bentuk ketaatan kepada allah, menutup aurat juga bisa mencegah datangnya penyakit. Mengingat ada beberapa penyakit menular seperti virus Covid–19 yang cara penularannya bisa melalui sentuhan dengan kulit. Maka dengan menutupi aurat seseorang akan lebih terhindar dari penyakit yang menyerang.

Baca Juga : Bersyukur Kepada Allah Ditengah Pandemi

Keyword : Tujuan Perintah Menutup Aurat - Kewajiban Menutup Aurat - Hukum Menutup Aurat

Keyword : Tujuan Perintah Menutup Aurat – Kewajiban Menutup Aurat – Hukum Menutup Aurat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?