Keutamaan Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Keutamaan Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan

Delia Hijab – Baju Gamis Modern | Keutamaan Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan

Puasa Senin Kamis memiliki beberapa keutamaan yang seharusnya membangunkan semangat kita untuk mengamalkannya. Yuk simak pembahasannya dari Delia Hijab.

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Keutamaan Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan

Selalu dikerjakan Rasulullah

Merujuk kepada hadits dari Aisyah RA, semasa hidupnya Rasulullah selalu mengerjakan amalan puasa sunnah ini. Bahkan beliau senantiasa menjaganya.

Dari Aisyah RA beliau berkata, “Nabi SAW selalu menjaga Puasa Senin Kamis.” [HR. Tirmidzi dan Ahmad]

Hari Senin merupakan hari istimewa

Diantara keutamaan berpuasa pada Hari Senin yakni karena Hari Senin merupakan hari istimewa. Hari Senin adalah hari lahirnya Rasulullah dan pada Hari Senin pula beliau mendapat wahyu.

Nabi ditanya tentang puasa pada hari Senin, maka beliau bersabda, “Itu adalah hari kelahiranku dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku.” [HR. Muslim]

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Keutamaan Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan

Pelaporan Amalan pada Hari Senin dan Kamis

Pada kedua hari ini, amal-amal yang diperbuat kita akan dilaporkan kepada Allah SWT. Maka betapa beruntungnya seorang hamba ketika tindak-tanduknya dilaporkan diketahui dirinya sedang berpuasa.

“Diperlihatkannya amal-amal adalah pada setiap Hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.” [HR. Tirmidzi]

Dari Abu Hurairah, Rasulullah berkata “Sesungguhnya seluruh amal akan dipersembahkan pada setiap Hari Senin dan Hari Kamis. Lalu Allah mengampuni setiap muslim atau setiap orang mukmin kecuali orang yang bermusuhan. Sebab Allah berfirman, ‘Tangguhkanlah amal kedua orang itu.’” [HR. Ahmad]

Dibukanya Pintu Surga

Pada kedua hari itu juga, hari Senin dan Kamis, pintu surga dibuka. Hal ini menunjukkan bagaimana mulianya kedua hari itu dan bagaimana beruntungnya orang-orang yang berpuasa.

“Pintu-pintu surga dibuka pada Hari Senin dan Hari Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni, kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” [HR. Muslim]

Sungguh mulia kedua hari itu dan bagaimana meruginya seseorang apabila melewatkan sehari saja kesempatannya. Selain empat keutaman yang disebutkan diatas, berpuasa juga bisa memberi kita banyak hikmah. Selain mengingatkan untuk terus bersyukur, juga menyehatkan dan mendisiplinkan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verification: 91309922493f5ad4
WhatsApp WhatsApp Kami