Konsumsi micin bisa membuat bodoh seseorang, apa benar?

Delia Hijab – Baju Muslim Casual – Konsumsi micin bisa membuat bodoh seseorang, apa benar

Delia Hijab – Baju Muslim Casual – Konsumsi micin bisa membuat bodoh seseorang, apa benar?

Kamu tahu MSG? Mungkin kamu akan lebih mengenalinya dengan nama micin. Micin atau dengan nama lengkap Monosodium Glutamat ini biasanya dipakai sebagai penyedap rasa pada makanan.

Rupanya bahan yang satu ini menuai kontroversi. Pro dan kontra tentang penggunaan micin juga sudah berlangsung sejak lama. Salah satunya, perdebatan tentang pengaruh konsumsinya terhadap kinerja otak.

Delia Hijab - Year End Sale B

Tapi apa sih kebenaran dari micin si penyedap rasa? Yuk simak rangkumannya oleh Delia Hijab, mulai dari sejarah serta efek dan batas aman penggunaanya.

Micin alias MSG alias Monosodium Glutamat

MSG atau Micin ditemukan seorang professor kimia dari Jepang, Kikunae Ikeda pada tahun 1908. Micin mengandung Monosodium Glutamat yang terdiri dari air, natrium dan glutamate. Glutamat merupakan zat yang berperan mengubah rasa makanan menjadi lebih nikmat. Glutamat juga biasanya ada pada kandungan susu, keju, daging serta beberapa sayuran.

Efek Konsumsi Micin

Efek yang ditimbulkan dari konsumsi micin masih menjadi perdebatan di antara Ilmuwan. Pernah dengar tentang Micin bisa membuat bodoh seseorang? Apa benar?

Ahli gizi dari IPB, Prof Herdiansyah mengatakan lembaga-lembaga kesehatan dunia, termasuk Kementrian Kesehatan RI mengkategorikan Micin aman dikonsumsi. Menurutnya, pendapat micin bisa membuat bodoh seseorang merupakan kesalahan persepsi peneliti Dr. John W. Olney.

Olney menguji MSG pada tikus putih dengan menyuntikkannya ke bawah kulit. Cara ini dianggap tidak lazim dan dikritik, karena MSG umumnya dikonsumsi melalui makanan. Dosis yang diberikan pada tikus percobaan sangatlah tinggi dan tidak mungkin diterapkan pada manusia. Sebabnya hasilnya pun tidak heran jiga bisa merusak otak.

Reseller Delia Hijab - Baju Muslim Casual

Anggapan Micin bisa membuat bodoh seseorang, salah dong?

Otak terdiri dari banyak syaraf yang berperan menerima berbagai macam rangsangan yang disebut reseptor. Dan glutamat ini ini memiliki banyak reseptor di otak. Sehingga kebanyakan mengkonsumsi Micin bisa membahayakan. Sebab otak akan terangsang berlebihan akibat kadar glutamat yang tinggi, bahkan parahnya bisa mematikan neuron. Neuron disini memiliki peran penting tentang fungsi kognitif otak. Kematian neuron sama artinya dengan penurunan fungsi kognitif otak, dalam kata lain otak seseorang melemah atau lemot.

Batasi konsumsi Micin. Meski pengaruhnya tidak terlihat dalam waktu singkat, apabila dikonsumsi setiap hari pengaruhnya akan semakin menumpuk. Micin sebagai penyedap rasa, bisa digantikan dengan tambahan kombinasi bahan alami. Misalnya ketumbar, lada, jahe dan sebagainya.

2 thoughts on “Konsumsi micin bisa membuat bodoh seseorang, apa benar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?