Makanan yang Memicu Munculnya Jerawat

Delia Hijab – Baju Muslim Casual - Makanan yang Memicu Munculnya Jerawat

Delia Hijab – Sahabat Delia – Makanan yang Memicu Munculnya Jerawat

Kamu pasti gak akan asing dengan kata jerawat. Meski kecil, sering kali jerawat merusak kepercayaan diri kita, apalagi kalau munculnya di wajah. Umumnya jerawat disebabkan oleh kadar hormone, tetapi ada sebagian makanan yang bisa jadi sebab jerawat mudah muncul.

Makanan penyebab jerawat biasanya makanan yang meningkatkan gula darah, sebab mampu memicu peningkatan kadar insulin. Meningkatnya insulin dalam tubuh akan diikuti dengan produksi minyak yang meningkat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan jerawat membandel.

Nah apa saja sih makanan yang memicu munculnya jerawat? Yuk simak supaya bisa kamu hindari.

Delia Hijab – Baju Muslim Casual - Makanan yang Memicu Munculnya Jerawat - Year End Sale

Kue dan Soda

Makanan dengan kandungan gula tinggi, seperti kue, jus yang dicampur susu dan gula atau minuman bersoda bisa menimbulkan jerawat. Jelas, gula mengandung glukosa akan membuat kandungan insulin semakin tinggi.

Makanan Olahan Susu

Meski kaya dengan kandungan kalsium, susu, keju, serta beragam olahan susu lainnya dapat menyebabkan jerawat kalau dikonsumsi berlebihan. Kandungan yang ada di dalamnya bisa menjadi sebab kelenjar minya terus berkembang dan memicu timbulnya jerawat.

Keripik Kentang

Keripik kentang bisa memiliki indeks glikemik atau bisa mengundang kadar gula tinggi. Ini tentu akan memicu peningkatan insulin serta glukosa dalam tubuh. Selain dalam bentuk keripik, kentang goreng dan roti juga memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa kamu perhatikan lagi konsumsinya.

Delia Hijab - Baju Gamis Casual - Gamis Terbaru 2020

Makanan Berminyak

Makanan dengan kadar lemak tinggi juga berisiko memicu jerawat, misalnya makanan cepat saja. Beberapa menyebutkan makanan pedas yang jadi biang kerok munculnya jerawat. Tapi makanan pedas sebetulnya tidak berpengaruh. Justru lemak dan garam yang terkandung pada makanan pedas tersebut yang menjadi penyebabnya.

Selain dipengaruhi oleh apa yang kita makan, ada banyak hal lainnya yang menyebabkan jerawat. Misalnya konsumsi obat tertentu dan juga stress.

Cara Sehat Menghindari Jerawat

Tidak hanya kacang yang menjadi mitos penyebab jerawat. Mitos tentang cara menghindarinya pun banyak beredar. Sebenarnya seperti apa sih cara tepat menghindari dan mengurangi jerawat?

Delia Hijab – Baju Muslim Casual - Makanan yang Memicu Munculnya Jerawat - Reseller Delia Hijab

Mulai dari makanan. Ya, kamu harus mulai membiasakan makanan yang tentunya sehat. Sebab  apa yang kita makan akan memengaruhi kondisi tubuh kita. Kacang baik untuk dimakan sebagai penolak kemunculan jerawat. Meski sempat dituduh sebagai penyebabnya, naytanya kacang kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi peradangan di sekitar kelenjar minyak. Selain kacang, ikan juga menjadi opsi lainnya dengan kandungan yang sama. Jangan lupa untuk minum cukup air putih, agar tubuh dan kulitmu tidak dehidrasi.

Pola hidup sehat. Sudah jadi rahasia umum pola hidup sehat memengaruhi kesehatan organ tubuh kita. Tidur cukup dan tidak terlalu larut dibarengi olahraga teratur dapat membantu berkurangnya jerawat. Ketika kamu kurang tidur, tiap jamnya dapat meningkatan stres hampir 15 persen. Sedangkan olahraga bisa menurunkan tingkat stress yang menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat.

Jaga kebersihan kulit. Cukup dengan rutin mencuci wajahmu sebanyak dua kali sehari di pagi dan malam hari. Ini penting, untuk membersihkan kotoran, keringat atau make-up yang menempel di wajahmu setelah seharian beraktifitas. Apabila dibiarkan, kotoran tersebut bisa menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat.

Kulit yang dirawat dan dijaga tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tapi juga penampilanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?