Menjaga Lisan Dalam Islam Menurut Al quran dan Hadits

Menjaga Lisan Dalam Islam Menurut Al quran dan Hadits

Menjaga Lisan Dalam Islam saat bertutur kata adalah anjuran untuk seluruh umat Islam yang tercantum di dalam alquran dan juga hadis.

Sebaik-baiknya dalam bertutur kata, alangkah baiknya untuk  kita sangat menjaga kendali diri melalui apa yang akan kita utarakan yaitu lisan.

Perumpamaan dalam menjaga lisan sama halnya dengan sebuah pisau–sekali salah menggunakan lisan, kita akan melukai hati orang lain.

Baca Juga : Cara Bangun Pagi untuk Anda yang Sering Kesiangan

Keutamaan Menjaga Lisan bagi seluruh Umat Muslim Menurut Alquran dan Hadis

Menjaga Lisan Dalam Islam

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan keistimewaan umat Muslim berdasarkan alquran dan juga hadis. Mari kita simak bersama.

Amalan yang Penuh Pahala

Menjaga Lisan Dalam Islam bukan hanya sekadar menjaga lisan tanpa adanya alasan, menjaga lisan saat bertutur kata termasuk amalan dalam Islam yang memberikan keberkahan dan juga berselimutkan pahala yang melimpah.

Ketika Sseseorang bertutur kata yang baik kepada lawan bicara sehingga lawan bicara bisa memahami apa yang kita tuturkan maka segalanya menjadi berkah dan juga tergolong sebagai sedekah.

Mendapatkan Derajat Tinggi sebagai orang Muslim

Menjadi suatu keistimewaan tersendiri jika semua umat Muslim bisa menduduki derajat tertinggi di dunia dan juga akhirat ketika bisa istikamah dalam menjaga lisan dan juga perbuatannya.

Baca Juga : Penyebab Bibir Kering dan Pecah Pecah dan Cara Mengatasinya

Kadar Iman dan Takwa semakin Meningkat

Menjaga Lisan Dalam Islam

Kualitas iman dan takwa bisa terukur dari apa yang kita ucapkan, jadi alangkah baiknya untuk kita senantiasa Menjaga Lisan Dalam Islam setiap saat.

Jika kita selalu senantiasa menjaga tutur kata, kadar keimanan dan ketakwaan tentunya akan bertambah seiring waktu.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa yang beriman kepada Allah Swt. dan juga hari akhir maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Takkan Binasa di Akhirat

Akan tiba masanya bagi hamba-Nya yang tak bisa menjaga lisannya selama di dunia, binasalah ketika ia nanti berada di akhirat kelak dan bak wajahnya tersungkur di dalam neraka.

Rasulullah SAW ketika bercakap dengan Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu: “Maukah kuberitahukan kepadamu tentang kunci dalam semua perkara itu?” Jawabku: “Iya, wahai Rasulullah.”

Baca Juga :  Cara Tampil Percaya Diri Dengan Outfit Color Blocking

Dijauhkan dari Neraka, Surga Jadi Ganjarannya

Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba yang berbicara dengan satu kalimat yang dibenci oleh Allah SWT yang dia tidak merenungi (akibatnya) maka dia terjatuh dalam neraka Jahannam.” (HR. Al-Bukhari)

Dari Sahl bin Sa’ad ra. Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa yang bisa memberikan jaminan kepadaku tentang kebaikannya lalu apa yang ada di antara kedua tulang rahangnya–yaitu mulut atau lidah–serta antara kedua kakinya–yaitu kemaluannya maka saya memberikan jaminan surga untuknya.” (HR. Al-Bukhari)

Itulah lbeberapa keutamaan menjaga lisan dalam islam yang bisa kita ketahui dan juga pahami bersama.

Semoga kita bisa selalu istikamah dalam menjaga kendali diri setiap saat karena sebaik-baiknya bertutur dan bersikap diperlukan perubahan baik dari diri kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?