Amalan Ketika Haid yang Masih bisa Dilakukan untuk Para Wanita

Amalan Ketika haid yang Masih bisa Dilakukan untuk Para Wanita

Ada banyak amalan ketika haid yang dapat dilakukan oleh para wanita agar senantiasa selalu dekat kepada-Nya dan untuk selalu menjaga kadar keimanan.

Walaupun memang jumlah ibadahnya menjadi dibatasi atau sedikit, namun bukan berarti tidak ada ibadah sama sekali yang bisa dilakukan.

Kondisi haid merupakan hal normal yang terjadi pada setiap wanita khususnya yang sudah baligh. Hal ini merupakan sebuah fase alami yang merupakan bagian dari ketetapan dari Allah SWT.

Baca Juga : Menjaga Lisan Dalam Islam Menurut Al quran dan Hadits

Amalan yang bisa dilakukan saat haid

amalan wanita haid

Jangan khawatir, karena masih banyak sekali amalan atau aktivitas yang bernilai ibadah yang bisa dilakukan oleh para wanita yang sedang mengalami masa datang bulan. Ingin tahu apa saja ibadah tersebut? Simak lewat artikel berikut ini!

1. Berdzikir

Ini adalah salah satu amalan ketika haid yang dianjurkan untuk dilakukan. Sebenarnya, berzikir dapat dilakukan kapan saja, baik saat sedang haid maupun tidak.

Ada banyak jenis zikir yang bisa diamalkan oleh wanita yang sedang haid, salah satunya adalah zikir pagi dan petang.

Selain itu ada juga beberapa bacaan sederhana yang bisa dijadikan bacaan dzikir, yaitu kalimah thayyibah seperti tahlil, tasbih, takbir, tahmid, dan juga masih banyak lagi. Semua bacaan tersebut akan menambah kebaikan dan juga melimpahkan keberkahan bagi yang membacanya.

Baca Juga : Cara Bangun Pagi untuk Anda yang Sering Kesiangan

Dzikir juga bisa dilakukan dengan membaca kalimat berupa istighfar sebanyak-banyaknya sambil dengan tulus dalam hati dan meminta pengampunan kepada Allah SWT.

2. Bersedekah

Dengan mengeluarkan sedekah juga bisa menjadi amalan lainnya yang bisa dilakukan untuk mengganti ibadah wajib yang dilarang selama dalam masa haid.

Sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara dan juga sesuai dengan kemampuan pribadi. Contohnya misalnya seperti sedekah berupa uang, makanan, bahkan aktivitas kebaikan pun bisa dihitung sebagai sedekah.

3. Bersholawat Sebanyak Mungkin

amalan untuk wanita haid menurut islam

Sholawat juga bisa menjadi salah satu alternatif Amalan Ketika haid lainnya untuk wanita yang ingin menambah amal ibadah. Salawat adalah sebuah bentuk penghormatan dan juga doa dengan ucapan yang penuh dengan pengharapan.

Baca Juga : Penyebab Bibir Kering dan Pecah Pecah dan Cara Mengatasinya

Karena itulah dengan membaca sholawat sebanyak-banyaknya juga menjadi bukti cinta seorang Muslim kepada Allah SWT dan juga Rasulnya.

Dengan utin membaca sholawat bisa menjadi salah satu penyebab allah menurunkan rahmat, pengampunan, dan juga pahala yang berlipat ganda.

Sama seperti amalan untuk wanita yang sedang haid lainnya, salawata juga termasuk amalan ibadah yang bisa dilakukan kapanpun.

4. Menyambung Tali Silaturahmi

Menjaga silaturahmi juga bisa dilakukan sebagai amalan ketika haid karena mengandung nilai ibadah dan juga menambah pahala. Beberapa langkah untuk menjaga silaturahmi di antaranya yaitu dengan berkunjung kepada keluarga, saudara, teman, ataupun sesama muslim lainnya. Selain dapat bernilai ibadah, silaturahmi juga bisa menambah rezeki.

Selain mendatangi secara langsung, dengan silaturahmi juga dapat dilakukan melalui perantasa seperti dengan menggunakan media social. Melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk masyarakat juga bisa menjadi salah satu bentuk dari silaturahmi.

Itulah beberapa amalan ketika haid yang bisa kalian coba dan semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?