Adab Adab Berpakaian Menurut Syariat Islam

Adab Adab Berpakaian Menurut Syariat Islam

Mengenai Adab Adab Berpakaian dalam Islam sebenarnya sudah dijelaskan dalam Al-Quran surat al-A’raf ayat 26 yang menjelaskan tentang seruan untuk anak-anak Adam agar berpakaian yang indah dan juga menutup aurat.

Bagi seluruh  umat muslim, berpakaian bukan hanya sekedar untuk penutup badan, melainkan juga agar dapat  terhindar dari rasa malu.

Dan  Allah SWT telah memerintahkan kepada umatnya agar berpakaian sesuai adab demi kebaikan. Berbusana yang tidak menutup aurat dikhawatirkan dapat mengundang hawa nafsu dari lawan jenis sehingga yang paling parah sampai memancing tindak kejahatan.

Baca Juga : Amalan Ketika Haid yang Masih bisa Dilakukan untuk Para Wanita

Adab memakai pakaian

Adab Adab Berpakaian

bagi para wanita-wanita Adab Adab Berpakaian yang menyukai trend fashion modern saat ini hendaknya untuk tetap memperhatikan gaya busana yang dikenakan agar tetap sesuai dengan adab dan syariat dalam Islam.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa sekarang makin banyak perempuan-perempuan yang berhijab namun tidak mengulurkan kerudungnya ke dada.

Berpakaian yang Tidak Transparan dan Ketat

Khususnya bagi para wanita-wanita muslimah yang saat ini masih memakai model pakaian ketat dan juga transparan di muka umum.  Desain dan juga gaya baju di jaman sekarang ini memang terlihat modern karena kebanyakan mengikuti budaya barat.

Jika terlena, maka dapat  menjadi lubang dosa yang nyata untuk umat muslim. Gunakanlah desain baju yang tebal dan juga tidak ketat sebagai Adab Adab Berpakaian.

Baca Juga : Menjaga Lisan Dalam Islam Menurut Al quran dan Hadits

Hindari dalam mengenakan pakaian yang menampilkan lekukan pada tubuh untuk mencegah pandangan syahwat dari lawan jenis.

Terlebih sekarang sudah banyak model  gamis modern dengan model kekinian namun tetap sesuai dengan adab adab berpakaian dalam Islam.

Misalnya seperti gamis atau tunik berbahan katun, selain nyaman untuk digunakan juga tidak transparan. Cek selengkapnya DISINI.

Tidak Menimbulkan Perasaan Ria

Melalui sabda Rasulullah SAW sudah menerangkan bahwa Allah SWT tidak akan memandang umatnya pada hari kiamat nanti jika selama hidupnya sering mengenakan pakaian yang berlebih-lebihan yang menimbulkan perasaan ria.

Berbusanalah yang sederhana dan juga sopan, sewarjarnya dan sesuai dengan fungsinya. Tidak perlu memakai pakaian dengan harga yang sangat mahal atau aksesoris langka, karena dapat memicu perasaan sombong dalam diri sendiri.

Baca Juga : Penyebab Bibir Kering dan Pecah Pecah dan Cara Mengatasinya

Berpakaian yang Tidak Menyerupai Orang Kafir

Adab Adab Berpakaian

Dalam Adab Adab Berpakaian seseorang akan dianggap berdosa jika mereka berpakaian seperti orang orang kafir dengan tujuan untuk menyampaikan syi’ar-syi’ar terkait hari raya dan juga peribadatannya. Misalnya saja seorang muslim yang dengan sengaja mengenakan pakaian biarawati, jubah pendeta, dan juga sejenisnya yang bertujuan untuk ikut dalam mengikuti ritual di Hari Raya Natal.

Namun tidak jadi dosa, apabila  seseorang mengenakan jas atau dasi yang banyak digunakan oleh orang-orang kafir di Barat apabila tidak ada unsur syiar atau sengaja ingin menyerupai mereka. Hukumnya makruh atau tidak dosa apabila memang tidak ada niatan sama sekali tasyabbuh.

Berpakaian yang Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Sebagai seorang muslim dan juga muslimah harus memilah-milah model pakaian yang dikenakan agar tak menyerupai lawan jenis.

Sesuai dalam HR. Bukhari yang menyampaikan bahwa Rasul melaknat para wanita yang menyerupai laki-laki, begitu juga dengan laki-laki yang menyerupai wanita. Allah SWT juga membenci kaumnya yang menggunakan busana yang menjadi kekhususan lawan jenis mereka.

Baca Juga : Cara Bangun Pagi untuk Anda yang Sering Kesiangan

  • Adab Adab Berpakaian khusus wanita meliputi khimar atau kerudung, cadar, jilbab, gamis, dan sejenisnya.
  • Pakaian khusus untuk laki-laki meliputi sarung, gamis pria, jubah pria, peci, serban, dan sejenisnya.

Larangan dalam Menggunakan Pakaian Sutera

Tahukah Anda, adab adab berpakaian dalam Islam melarang kaum laki-laki untuk menggunakan pakaian sutra. Rasulullah SAW dalam Hadits-Nya menyampaikan bahwa seluruh umat muslim yang mengenakan pakaian sutra maka tidak akan memakainya di akhirat nanti.

Nah, sudah tahu kan mengenai adab adab berpakaian dalam Islam? Yuk, mulai untuk biasakan dan juga terapkan beberapa ada di atas agar selalu menjadi seorang muslim dan muslimah yang beriman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?