Tips Content Writing, Sebagai Nyawa Dalam Digital Marketing

Tips Content Writing, Sebagai Nyawa Dalam Digital Marketing

Pernahkah anda merasa penasaran akan suatu hal seperti produk dan sesegera mungkin untuk browsing agar mendapatkan informasi? Apa yang anda temukan? Biasanya akan muncul berbagai link berisikan tulisan sesuai keywords yang kamu cari yang didalamnya ada content writing.

Dari sekian banyak judul, ada beberapa hal yang menarik perhatianmu. Anda pun membacanya dan ternyata membuat anda tertarik untuk melihat content content lain, bahkan tertarik untuk berbelanja. Begitulah cara kerja content writing.

Apa Itu Content Writing?

tips content writing

 

 

Dalam dunia marketing, content writing bukan  sekadar kegiatan menulis, namun juga menyunting sampai mempublikasikan melalui media social atau digital untuk kepentingan pemasaran produk dan yang lainya.

Formatnya pun semakin banyak dan beragam. Bisa berupa seperti blog, skrip video atau podcast, deskripsi produk, artikel produk, tulisan pada landing page website, dan yang lainya.

Koleksi Baju Muslim Casual dan Simple Terbaru 2022 : KLIK DISINI

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Reseller Busana Muslim bisa dapat Pahala

Alasan Kenapa Content Writing Penting

Di era zaman dulu, konten dibuat sebatas untuk kebutuhan pembuatan jurnal, buku, cerita, teori, serta keperluan edukasi dan hiburan lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan waktu, konten pun ikut berevolusi dan mempunyai peranan penting dalam dunia pemasaran. Hampir semua industri juga membutuhkan content writing untuk menunjukkan eksistensinya di mata publik.

Brand brand besar memanfaatkan website dan juga berbagai media sosial untuk dapat membangun kredibilitas, mencari calon konsumen, sampai menjaga loyalitas di para konsumen yang sudah ada. Semua kegiatan dalam media social dan digital ini membutuhkan konten.

Sebagai tambahan lain:

  • Berdasarkan Survey dari The State of Content Marketing 2019, bisa diketahui bahwa 98% dari Tim Marketing yang disurvey memakai konten tertulis sebagai tipe konten yang paling sering digunakan untuk media pemasaran.
  • Sementara itu, berdasarkan laporan dari State of Marketing 2022 dan melibatkan kurang lebih 1600 marketers di seluruh dunia, 70% marketers diantaranya aktif berinvestasi untuk konten marketing sebagai bagian dari strategi dari pemasaran mereka.

Dari data diatas bisa disimpulkan bahwa konten berbentuk tulisan yang punya andil besar terhadap keberlangsungan bisnis di era digital sekarang ini. Jadi, apabila anda hobi menulis atau sedang memulai usaha sendiri, content writing merupakan teknik pemasaran yang wajib banget untuk di pelajari.

Baca Juga : Jadi Reseller Aja Inilah Keuntungan Menjadi Reseller

Tips Content Writing Efektif untuk Marketing

content writing pemula

  • Tulis konten yang original dan juga unik

Selain untuk bisa mengembangkan kemampuan dalam menulis dan menjadi nilai tambah untuk portofoliomu sebagai content writer, ternyatadengan  konten yang original dan unik juga sangat berpengaruh loh, terhadap performa dalam digital marketing.

Tulisan anda akan susah untuk masuk ranking dalam pencarian Google apabila hanya bermodalkan copy paste dari berbagai informasi yang sudah tersedia di media online.

Selain itu, konten juga sangat berkaitan dengan kepercayaan audience dan juga citra bisnis. Sebaiknya buat lah konten yang spesifik mungkin sesuai dengan kebutuhan target pembaca dan juga sesuaikan dengan persona dari bisnis itu sendiri.

  • Headline yang menarik perhatian

Headlinemerupakan kunci utama keberhasilan suatu content writing. Ibarat seperti rumah singgah, headline yaitu pekarangan, teras, dan juga bentuk bangunan dari luar. Anda perlu membuatnya semenarik mungkin agar orang yang lihat mau datang untuk berkunjung.

Ada banyak sekali kategori headline yang diklasifikasikan berdasarkan jenis jenis dan tujuannya. Salah satu yang cukup sering kita temukan yaitu News Headline. Selain berita, headline jenis ini juga sering dipakai untuk artikel deskripsi pemaparan produk, tips dan trik, dan yang lainnya.

Sebagai contoh, daripada memberi judul seperti “Menambah Penghasilan dari Rumah”, anda bisa menulis seperti “5 Teknik Ampuh Mendapatkan 20 Juta/Bulan dari Rumah!”

Baca Juga : Bisnis Tanpa Modal – Tips Sukses jadi Reseller Baju Gamis Modern

  • Cermat dalam pemilihan angle konten

Sudut pandang yang unik content writing yang dapat menarik perhatian pembaca dan juga kemungkinan besar untuk meningkatkan jumlah audience baru.

pemula, cara mudah untuk menentukan angle content writing bisa dilakukan dengan memakai rumus 5W + 1H (what, when, why, who, where, dan how).

Misalnya, saat membuat konten untuk mempromosikan suatu produk, Tu peluang bisnis. Anda bisa memilih angle “when”. anda bisa menulis cerita melalui cara pendekatan berdasarkan fenomena yang sedang terjadi saat konten tersebut dibuat.

  • Membuat konten untuk berbagai platform

Sebagian besar para marketers mentarget 3 segmen audience yang berbeda untuk dapat memperluas jangkauannya. Segmentasi ini bisa ditentukan berdasarkan demografis, psikografis, perilaku, dan lain sebagainya.

Dari sini anda juga bisa menentukan jenis dan juga gaya konten yang lebih spesifik untuk berbagai platform digital dan media social yang sesuai dengan segmentasi tersebut.

Itulah beberapa tips membuat content writing, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?