Pahala Puasa Setahun Penuh, Ini Keutamaan Puasa Syawal

Kunci : Pahala Puasa Setahun Penuh, Ini Keutamaan Puasa Syawal - Amalan Sunnah Bulan Syawal - Baju Gamis Modern Casual

Kunci : Pahala Puasa Setahun Penuh, Ini Keutamaan Puasa Syawal – Amalan Sunnah Bulan Syawal – Baju Gamis Modern Casual

Setelah berpuasa sebulan penuh di Bulan Ramadan. Datanglah Bulan Syawal, yang didalamnya terdapat sebuah anjuran berpuasa sunnah atau yang disebut Puasa Syawal. Mengenai puasa ini, diriwayatkan melalui hadis yang menyebutkan jika seseorang melaksanakan Puasa Ramadhan, kemudian ditambah puasa enam hari di Bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa selama setahun penuh.

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka baginya (ganjaran) puasa selama setahun penuh.” (HR Muslim)

Diriwayatkan juga oleh Imam al-Darimi dari sabahat Tsauban RA :

Dari Tsauban RA, beliau berkata, Nabi SAW bersabda: “puasa sebulan Ramadhan itu sama dengan puasa 10 bulan. Dan enam hari syawal itu sama seperti dua bulan, dan kesemuanya sempurna setahun.” (HR al-Darimi)

Supaya lebih jelas lagi, menurut Nahdatul Ulama (NU) ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai hukum, waktu dan keutamaan Puasa Syawal. Yuk simak informasinya di Delia Hijab.

Tata Cara Melaksanakan Puasa Syawal

Hukum

Status hukum Puasa Syawal adalah sunnah bagi orang yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib, baik qadha Puasa Ramadan atau Puasa Nazar. Sementara bagi mereka yang mempunyai hutang puasa karena uzur, seperti sakit, perjalanan, dan lainnya, status hukum Puasa Syawal menjadi makruh. Namun, bagi orang yang tak melaksanakan Puasa Ramadan karena kesengajaan, tanpa uzur, status hukumnya menjadi haram.

Diberitakan oleh Kompas.com, 24 Mei 2020, Kepala Kantor Kementerian Agama Surakarta, Musta’in Ahmad mengatakan, hukum Puasa Syawal adalah sunnah mustahab. Maksudnya, sesuatu yang sudah dikerjakan oleh Rasulullah satu atau dua kali.

Kunci : Pahala Puasa Setahun Penuh, Ini Keutamaan Puasa Syawal - Amalan Sunnah Bulan Syawal - Baju Gamis Modern Casual

BACA JUGA : Hati-Hati, 5 Perbuatan yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa

Waktu

Puasa Syawal idealnya dilaksanakan enam hari berturut-turut tepat setelah Hari Raya Idul Fitri, yaitu 2-7 Syawal. Namun, meskipun seseorang tidak berpuasa di tanggal tersebut dan juga tidak berurutan, akan tetap mendapatkan keutamaannya. Sehingga, seseorang diperkenankan menentukan Puasa Syawal, misalnya setiap Hari Senin dan Kamis, atau pada tanggal 13, 14, 15 Syawal (pertengahan bulan) atau kapanpun selama masih dalam bulan syawal.

Keutamaan

Umat Islam dianjurkan melakukan puasa selama enam hari di Bulan Syawal. Hal ini seperti diriwayatkan dalam hadits shahih Imam Muslim : “Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.”

Kunci : Pahala Puasa Setahun Penuh, Ini Keutamaan Puasa Syawal – Amalan Sunnah Bulan Syawal – Baju Gamis Modern Casual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?