Terpanjang di Asia, Jembatan Gantung Situgunung

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Terpanjang di Asia - Jembatan Gantung Situgunung

Delia Hijab – Baju Gamis Modern | Terpanjang di Asia, Jembatan Gantung Situgunung

Kalau kamu ada rencana berkunjung ke Sukabumi, terutama untuk berlibur, ada satu tempat yang jangan sampai kamu lewatkan. Di Sukabumi ada Jembatan Situgunung, jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara.

Jembatan ini memiliki panjang 243 meter dan lebar 1,2 meter. Membentang tinggi pada 161 meter diatas Taman Wisata Situgunung yang merupakan bagian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jembatan yang diresmikan pada 9 Maret 2019, oleh Kemenko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan kini telah menjadi wisata ikonik Sukabumi. Berikut fakta unik Jembatan Gantung Situgunung, Terpanjang di Asia Tenggara.

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Terpanjang di Asia - Jembatan Gantung Situgunung

Sumber: Instagram @nano.portraiture

Dibuat dari Kayu Ulin Asli Papua

Salah satu yang membuat jembatan gantung ini kokoh membentang tinggi adalah material dasarnya. Dibuat dengan Kayu Ulin atau Kayu Besi yang dikirim langsung dari Papua. Pemilihan kayu ini sebagai bahan pembuatan jembatan salah satunya dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Diantaranya karena kayu ini berat, kuat dan keras, juga tahan terhadap suhu dan lembab, serta tidak mudah dimakan rayap.

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Terpanjang di Asia - Jembatan Gantung Situgunung

Dibatasi pada 40 Pengunjung meski Kapasitasnya 55 ton

Terlepas dari bahan dan konstruksi yang kokoh, dan konon bisa menampung beban hingga 55 ton. Terdapat aturan yang harus dipatuhi pengunjung saat hendak menaiki jembatan gantung ini. Yaitu, Jembatan Gantung Situgunung ini hanya boleh dinaiki 40 pengunjung dalam waktu bersamaan. Pengunjung juga tidak diperbolehkan berlarian dan melompat diatas jembatan untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Terpanjang di Asia - Jembatan Gantung Situgunung

Sumber : Instagram @cindoy.26

Dana Pembangunan yang Besar untuk Struktur Konstruksi Kokoh dan Aman

Pembangunan yang diprakarsai Kementrian Lingkungan Hidup dan pihak swasta ini sudah terencana sejak Mei 2017. Meski tanpa menggunakan alat berat, pembangunan jembatan ini selesai kurang dari 1 tahun, tepatnya hanya selama 4 bulan.

Sebagai wisata ikonik Sukabumi, tidak heran apabila Jembatan Gantung Situgunung atau Situgunung Suspension Bridge menghabiskan dana pembangunan yang tidak sedikit. Dana yang tidak sedikit ini dibutuhkan untuk kualitas dan keamanan konstruksi jembatan. Kamu tidak perlu takut. Situgunung Suspension Bridge ini sudah lulus uji beban dan disertifikasi Kementrian PUPR untuk keselamatan dan kenyamanannya.

Salah Satu dari yang Terpanjang di Asia

Situgunung Suspension Bridge memiliki panjang 243 meter yang membentang pada ketinggian 161 meter di atas permukaan tanah. Tidak heran, jembatan ini menjadi salah satu yang terpanjang di Asia, dan nomor satu di Asia Tenggara. Setiap harinya, tempat wisata ini buka dari pukul 08:00 – 16:00 WIB. Dari atas jembatan ini, pengunjung bisa melihat keindahan alam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak terlewat keasrian Taman Wisata Situgunung, diantaranya Curug Sawer dan Danau Situgunung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?