Tips Khatam Al-Qur’an saat Ramadhan, Berapa Halaman Sehari?

Tips Khatam Al-Qur'an saat Ramadhan, Berapa Halaman Sehari? - Cara Mengkhatamkan Al-Qur'an Selama Ramadhan

Kunci : Tips Khatam Al-Qur’an saat Ramadhan, Berapa Halaman Sehari? – Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an Selama Ramadhan

Meng-khatam-kan Al-Qur’an selama Ramadhan adalah salah satu aktivitas pembawa berkah di bulan suci. Selain menjadi sunnah Rasul, membacanya di bulan ini juga merupakan sebuah amalan besar dengan limpahan pahala.

Cara untuk bisa khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan juga tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi dengan banyaknya waktu di rumah aja selama pandemi ini bisa menjadi lebih bermakna. Untuk itu, ada beberapa tips supaya kamu bisa konsisten dan mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadhan. Yuk simak tipsnya di Delia Hijab.

Tips Khatam Al-Qur'an saat Ramadhan, Berapa Halaman Sehari? - Cara Mengkhatamkan Al-Qur'an Selama Ramadhan

Tips Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Membangun Niat

Membangun niat adalah langkah awal memacu diri untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Bahkan, Rasulullah mengajarkan umatnya tentang pentingnya memiliki niat atau tujuan.

Niatkan khatam Al-Qur’an hanya untuk mendapat ridha Allah semata, dan yakinlah bahwa kamu bisa khatam Al-Quran selama Ramadhan. Pastikan juga untuk selalu memperbarui niat. Sebab, niat bisa saja pudar sewaktu-waktu, bahkan hilang hingga seseorang malas untuk memulai lagi.

Baca 1 Juz Setiap Harinya

Pastikan untuk membaca ayat Al-Qur’an sebanyak satu juz setiap harinya. Apabila kamu memiliki lebih banyak waktu luang, coba baca lebih dari satu juz. Al-Qur’an memiliki sekitar 600-an halaman, jika dibagi kedalam 30 hari menjadi 20 halaman per hari. Jumlah yang cukup banyak untuk dibaca dalam satu waktu. Tetapi, apabila kamu bagi kembali dengan 5 waktu sholat, jumlahnya menjadi 4 halaman. Kalau kamu ingin mengkhatamkannya sebanyak 2 kali, kamu bisa coba membaca 4 halaman sebelum dan sesudah sholat wajib.

Manfaatkan Aplikasi di Ponsel

Jika kamu sedang dalam perjalanan dan sulit untuk memegang mushaf Al-Qur’an, manfaatkan saja aplikasi Al-Qur’an di ponsel. Ada banyak pilihan aplikasi Al-Qur’an yang bisa diunduh secara gratis, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al-Qur’an dari manapun.

Tetap Konsisten

Selain niat kuat, kamu juga perlu konsisten dan teguh terhadap misimu mengkhatamkan Al-Qur’an. Banyak orang begitu semangat membaca Al-Qur’an dan menunaikan ibadah lain di awal puasa. Saat tiba akhir puasa, tidak sedikit orang yang semangatnya berkurang. Padahal, di penghujung bulan Ramadhan adalah waktu paling baik untuk lebih menggiatkan aktivitas ibadah. Sebab ada 1 malam dari 10 hari terakhir Ramadhan yang bisa melipatgandakan pahala ibadah kita layaknya beribadah selama 1000 bulan.

Tips Khatam Al-Qur'an saat Ramadhan, Berapa Halaman Sehari? - Cara Mengkhatamkan Al-Qur'an Selama Ramadhan

Tadarus Bersama

Tidak bisa dipungkiri, support system yang baik adalah sumber motivasi terbaik ketika diri sendiri sedang lemah. Cari teman-teman, saudara ataupun grup di sosial media yang punya keinginan sama untuk khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan. Mereka bisa jadi teman tadarus bersamamu. Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam Al-Qur’an.

Jika perlu, buat sebuah kompetisi membaca Al-Qur’an kecil-kecilan. Ini akan memotivasi dan menginspirasimu untuk semakin semangat menyelesaikan bacaannya. Namun, pastikan untuk tetap pada tujuan awal mengkhatamkan Al-Qur’an, yaitu hanya semata karena Allah.

Kunci : Tips Khatam Al-Qur’an saat Ramadhan, Berapa Halaman Sehari? – Cara Mengkhatamkan Al-Qur’an Selama Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?