Amalan 10 Muharram yang Menghasilkan Pahala

Amalan 10 Muharram yang Menghasilkan Pahala

Amalan 10 Muharram menjadi salah satu bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT karena memiliki banyak pahala yang akan diberikan oleh Allah SWT untuk para hamba-Nya pada bulan tersebut.

Bulan Muharram menjadi bulan pertama di tahun Hijriah dan biasa disebut dengan lebaran untuk anak yatim piatu dan juga fakir miskin. Dalam bulan Muharram tersebut.

Baca Juga : Resep Bubur Suro Menu Wajib yang Disajikan Saat Tahun Baru Islam

 Banyak amalan yang bisa dilakukan dan akan memberikan pahala yang besar seperti yang sudah dijanjikan Allah SWT untuk hamba yang melaksanakan amalan dan akan kami sampaikan secara lengkap berikut ini.

1. Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura

Amalan 10 Muharram

Puasa Muharram adalah puasa sunnag yang dianjurkan untuk dikerjakan seluruh umat Muslim setelah puasa wajib Ramadhan.

Selain itu, dengan puasa di bulan Muharram juga lebih utama dibanding dengan puasa bulan Syakban. Adapun waktu terbaikdalam berpuasa di bulan Muharram, yakni puasa Tasua (9 Muharram), puasa Asyura pada (10 Muharram), dan juga puasa Ayyamul Bidh (13-15 Muharram).

2. Sholat Sunnah di Malam Asyura

Sholat Sunnah Asyura bisadilaksanakan di malam Asyura berupa melaksanakan shalat 2 raka’at  dengan membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3x setelah membaca Al Fatihah.

3. Bersedekah kepada Anak Yatim

Amalan 10 Muharram  Selanjutnya sebagian umat Islam dalam menyebut 10 Muharram sebagai Lebaran Anak Yatim. Idul Yatama menjadi momen untuk berbagi atau menyantuni para anak yatim.

Keutamaan bersedekah pada Bulan Muharram diantaranya:

  • Pahalanya sama dengan pahala sedekah setahun.
  • Doa dan juga permohonannya dikabulkan oleh Allah.
  • Bila memberi makan, seakan-akan ia telah memberi makan kepada seluruh umat Nabi Muhammad hingga kenyang.
  • Apabila memberi minum, maka di hari kiamat nanti tidak akan merasa haus selamanya dan seakan-akan tidak bermaksiat sekejap matapun.

Dengan mengusap  kepala anak yatim, akan mendapatkan pahala yang berlimpah, yaitu setiap 1 helai rambutnya yang kita usap akan meningkatkan derajat kita sebanyak 1 derajat di Surga nanti.

Baca Juga : Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Kaum Ibu Harus Tau

Menyantuni anak yatim pada tanggal 10 Muharram boleh dilakukan. Namun perlu ditekankan menyantuni anak yatim bukan hanya dapat dilakukan di hari Asyura saja, tapi juga dapat dilakukan kapan pun.

Mengusap kepala anak yatim yang disebutkan diatas, memiliki arti tentang memberikan kasih sayang dan juga sikap lemah lembut kepada anak yatim.

Bentuk kasih sayang bukan hanya dalam usapan kepala saja, namun dengan mengurus anak yatim dengan baik dan memberikan santunan baik secara sandang, pangan, papan ataupun pendidikan. Jadi santunan kepada anak yatim ini bukan hanya dilakukan  pada 10 Muharram saja, namun berlanjut juga di bulan-bulan berikutnya.

Itulah bebrapa amalan 10 muhrram semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?