Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Kaum Ibu Harus Tau

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas Kaum Ibu Harus Tau!

Kulkas merupakan perabotan elektronik yang sangat penting di setiap rumah tangga. Kulkas sangat membantu dalam menyimpan makanan dan membuat makanan lebih tahan lama serta terjaga kualitasnya. Hanya saja ada Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas.

Terlepas dari hal itu, ternyata mendinginkan buah-buahan tertentu dapat mengubah rasa. Bahkan dapat mengurangi kualitas nutrisi dan juga mempercepat proses pembusukan.

Baca Juga :  Cara Menghemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga

Buah yang Sebaiknya Tidak Masuk Kulkas

Berikut ini beberapa penjelasan tentang buah-buahan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang tidak boleh masuk kulkas. Pisang memerlukan suhu ruang yang cukup hangat, yaitu sekitar 15-20°C.

Agar dapat matang secara alami dan membentuk rasa yang juga manis. Proses pematangan pisang justru akan berhenti apabila dimasukkan ke dalam kulkas.

Akibatnya, dalam waktu maksimal dua hari saja, kulit pisang akan berubah warna menjadi kehitaman akibat suhu dingin merusak dinding sel pisang.

2.Labu

Buah yang tidak boleh masuk kulkas berikutnya yaitu labu. Sebenarnya, labu harus dibiarkan di bawah sinar matahari, di jendela yang cukup terang, agar kulitnya terbentuk lebih kuat.

Jika kulitnya bagus, maka buahnya akan tetap segar dalam waktu beberapa hari. Bagusnya, labu harus disimpan di tempat yang gelap, kering, dan berventilasi pada suhu di atas 10°C agar bisa tahan selama 6 bulan.

3. Melon

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Buah hijau yang segar ini termasuk ke dalam buah yang tidak boleh masuk kulkas. Melon mengandung antioksidan seperti vitamin C, dan betakaroten yang bisa menetralkan radikal bebas di dalam tubuh yang merusak sel.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Amarah Dalam Mendidik Anak

Menyimpan melon di dalam kulkas, apalagi jika sudah keadaan dipotong-potong, justru akan memecah kandungan antioksidan pada buah melon.

4. Lemon dan Jeruk Nipis

Selanjutnya, jeruk lemon dan jeruk nipis adalah buah yang tidak boleh masuk kulkas. sebaiknya simpan lemon dan nipis di meja saja karena jika dimasukan ke dalam kulkas bisa mengakibatkan kulit jeruk cepat mengering dan kisut. Kandungan air di dalamnya pun menjadi ikut menyusut.

5. Tomat

Tomat juga tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas. Suhu kulkas dapat merusak membran kulit pada tomat.

Apabila disimpan di dalam kulkas, tomat memang bisa bertahan lebih lama, namun buahnya akan menjadi cepat berubah kasar, berair dan bertekstur seperti tepung. Menyimpan tomat dalam kulkas dapat mengurangi cita rasa alaminya.

6. Nanas

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Nanas utuh merupakan buah yang tidak boleh masuk kulkas. Menyimpan nanas dalam kulkas dapat membuat rasa manis nanas menjadi berkurang.

Bila membeli nanas potong, maka sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Tapi Jika buah ini sudah dipotong, maka ia akan mudah teroksidasi dengan udara yang kemudian dapat menyebabkannya berubah warna menjadi kecokelatan.

7. Mangga

Mangga yang belum matang tidak boleh dimasukkan dalam kulkas karena bisa menghambat proses kematangannya.

Suhu dingin dalam kulkas dapat membuat mangga lama matang. Kamu bisa simpan mangga dalam kantong plastik di suhu ruangan agar mangga cepat matang dan juga manis. Dan bisa dimasukkan kulkas jika tekstur buahnya sudah mulai lembut.

8. Alpukat

Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Sama halnya dengan buah mangga, alpukat juga butuh disimpan di suhu ruangan agar cepat matang. Butuh waktu kurang lebih  4-7 hari sampai alpukat benar-benar matang.

Menyimpannya di dalam kulkas justru dapat memperlambat kematangannya. Kamu pun harus menunggu lebih lama untuk mencicipi rasa buah alpukat yang manis ini. Untuk itu, alpukat masuk ke dalam buah yang tidak boleh masuk kulkas.

9. Semangka

Jika kamu membeli semangka utuh, lebih baik simpanlah buah semangka tersebut dalam ruangan. Kesegarannya akan bisa lebih terjaga dan kematangannya pun bisa lebih cepat jika kamu membiarkannya di luar kulkas.

Jika sudah matang dan sudah dipotong, semangka harus dilapisi sesuatu, misalnya seperti food wrap, baru kemudian disimpan di dalam kulkas untuk mempertahankan kesegarannya.

10. Jeruk

Jeruk juga lebih baik disimpan di dalam suhu ruang saja. Jeruk paling baik dikonsumsi dalam waktu 2 minggu. Namun apabila jeruknya belum habis setelah 2 minggu, simpanlah di dalam kulkas dengan cara melapisinya dengan plastik terlebih dahulu.

11.  Persik

Buah persik merupakan tipe buah yang tidak boleh masuk kulkas jika belum matang. Jika memasukkan buah persik yang belum matang ke dalam kulkas, akibatnya proses pematangannya akan menjadi terhambat karena suhu dingin di kulkas.

Teksturnya pun dapat berubah keras dan seperti tepung. Ini juga berlaku untuk jenis lainnya seperti ceri dan plum.

Nah, itulah 11 buah yang tidak boleh masuk kulkas. Buah-buahan pada umumnya memang lebih baik di simpan di suhu ruangan.

Jadi, apabila  kamu membeli buah-buahan utuh, simpanlah di ruangan terbuka, sperti di dapur atau di meja. Namun, apabila buah sudah dipotong-potong dan belum habis dimakan, maka sebaiknya disimpan dalam kulkas agar tetap fresh. Catat dan jangan sampai lupa, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?