Amalan Sunnah Malam Jumat, apa saja?

Delia Hijab – Baju Muslim Casual – Hijab Sukabumi - Amalan Sunnah Malam Jumat, apa saja

Delia Hijab – Baju Muslim Casual – Hijab Sukabumi – Amalan Sunnah Malam Jumat, apa saja?

Dalam pandangan Islam, Hari Jumat memiliki banyak keistimewaan. Sebabnya melaksanakan ibadah sunnah pada hari ini sangat dianjurkan.

Diriwayatkan pada Hari Jumat Nabi Adam diciptakan. Pada hari Jumat pula, Nabi Adam dimasukkan ke surga dan pada hari itu beliau dikeluarkan dari surga. Kiamat juga disebut akan terjadi pada Hari Jumat.

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Hari Jumat juga lebih agung dari pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.” Begitu bunyi hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad.

Menurut perhitungan kalender hijriyah yang digunakan umat Islam, Hari Jumat dihitung mulai Kamis petang ketika matahari sudah terbenam. Oleh karena itu, amalan-amalan sunnah sudah bisa dikerjakan sejak malam. Atau kita sering mendengarnya dengan istilah Amalan Sunnah Malam Jumat, berikut amalan tersebut :

Membaca Surat Yasin

Amalan Sunnah Malam Jumat yang pertama adalah membaca Surat Yasin. Keutamaan membaca surat ini, Allah akan mengabulkan permintaan kita seperti yang disebutkan dalam HR. Abu Daud dari al-Habr.

“Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah akan kabulkan permintaannya.”

Delia Hijab – Baju Muslim Casual – Hijab Sukabumi - Amalan Sunnah Malam Jumat, apa saja

Membaca Surat Al Kahfi

Tidak hanya Surat Yasin, tetapi Surat Al Kahfi juga dianjurkan untuk diamalkan. Keutamaan membaca surat ini bermanfaat dapat memberikan ketenangan hati selama satu pekan atau hingga bertemu dengan Jumat lagi.

Dengan membaca surat ini, kita akan diterangi cahaya antara dua Jumat. Selain itu, kita juga akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal kelak.

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” [HR. ad-Darimi]

Reseller Delia Hijab - Delia Hijab – Baju Muslim Casual – Hijab Sukabumi - Amalan Sunnah Malam Jumat, apa saja

Sholat Tahajud

Pengerjaan sholat tahajud memang tidak terbatas pada malam Jumat. Allah SWT memberikan rahmat serta berkahnya yang besar bagi seorang hamba yang menjalankan sholat tahajud. Dalam Surat Al-Isra ayat 79, Allah akan mengangkat derajat seseorang jika dia mengamalkan sholat tahajud.

“Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” [QS. 17:79]

Model Gamis Terbaru 2020 – Sherin Dress – Delia Hijab - Full Color - Baju Muslim Casual - Baju Gamis Modern

Membaca Sholawat

Mungkin sholawat merupakan amalan yang paling mudah diamalkan. Membaca sholawat pada malam Jumat akan mengalikan pahala yang akan kita dapat. Selain banyaknya manfaat yang dimiliki, rutin bersholawat juga bisa mengabulkan do’a yang kita panjatkan.

“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan selawat kepada Muhammad dan keluarganya.” [HR Thabrani]

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” [HR Muslim]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?