Apa Benar Makanan Pedas Bisa Jadi Cara Mengatasi Hidung Tersumbat?

Apa Benar Makanan Pedas Bisa Jadi Cara Mengatasi Hidung Tersumbat? - Cara Mengatasi Batuk Kering yang Membandel

Delia Hijab – Apa Benar Makanan Pedas Bisa Jadi Cara Mengatasi Hidung Tersumbat? – Cara Mengatasi Batuk Kering yang Membandel

Banyak orang meyakini, kalau mengonsumsi makanan pedas bisa mengobati batuk dan pilek. Anggapan ini muncul karena adanya efek pengurangan gejala yang dirasakan setelah menikmati makanan pedas. Apakah anggapan tersebut benar? Kamu pernah merasakannya?

Makanan Pedas Bisa Jadi Cara Mengatasi Hidung Tersumbat? Mitos atau Fakta

Dilansir dari Pepper Scale, makanan pedas tidak dapat mengobati pilek dan batuk. Faktanya, dalam cabai mengandung zat capcaisin, yang pada kasus ini bisa memberi sedikit kelegaan sementara. Tetapi setelahnya bisa memperburuk gejala penyakit yang sedang dialami.

Zat-zat seperti capcaisin, piperin atau allyl isothiocyanate yang sering ditemukan pada makanan pedas hanya berfungsi sebagai dekongestan alami. Dekongestan adalah obat yang mampu meringankan gejala hidung tersumbat, bukan menyembuhkannya. Selain itu capcaisin juga berperan seperti ekspektoran yang bisa mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan.

Apa Benar Makanan Pedas Bisa Jadi Cara Mengatasi Hidung Tersumbat? - Cara Mengatasi Batuk Kering yang Membandel

Khasiat ini seakan bisa memberi manfaat karena imun tubuh mendeteksi adanya peradangan. Namun setelah efeknya habis, sistem kekebalan tubuh akan memicu lebih banyak lendir. Kelebihan lender inilah yang sebetulnya bisa memperburuk gejala yang sedang dialami.

Ibaratnya, makanan pedas memberi efek layaknya obat Pereda nyeri. Tapi setelah efeknya habis, otak akan mengirim sinyal nyeri lagi dan tubuh kita merespons hal itu.

Bahaya Mengonsumsi Makanan Pedas saat Sakit

Mengingat makanan pedas juga mengandung zat aditif yang bisa bikin penikmatnya ketagihan. Secara tidak langsung merangsang keinginan untuk mengonsumsi makanan pedas lagi dan lagi. Apalagi saat kondisi tubuh tidak fit, bukannya mengobati, malahan bisa menambah masalah pada sistem pencernaan.

Karena itu, kita perlu sadar, mengonsumsi makanan pedas bukan sebuah cara mengobati batuk dan pilek. Sebaliknya, ketika kondisi tubuh sedang tidak fit, sebaiknya hindari makanan pedas. Dan pastikan mengonsumsi makanan sehat, terutama buah dan sayur. Tidak lupa istirahat dan cukup minum, sehingga sistem kekebalan tubuh bisa bekerja efektif melawan penyakit.

Apa Benar Makanan Pedas Bisa Jadi Cara Mengatasi Hidung Tersumbat? – Cara Mengatasi Batuk Kering yang Membandel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?