Cara Mempertahankan Pelanggan yang Wajib Diketahui

Keyword : Cara Mempertahankan Pelanggan yang Wajib Diketahui

Sudah memiliki banyak pelanggan bukan berarti bisnis anda tidak melakukan berbagai terobosan lagi. Pada kenyataanya, mempertahankan pelanggan sama sulitnya dengan mendapatkan pelanggan baru.

Untuk  itu, anda  harus tahu bagaimana cara mempertahankan pelanggan agar tetap setia memilih produk dan layanan yang anda tawarkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa pelanggan adalah aset yang sangat berharga bagi para pebisnis karena dari mereka anda mendapatkan keuntungan. Agar mereka tidak berpaling pada competitor lain untuk alasan apapun.

beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mempertahankan pelanggan.

Tidak ada jaminan bahwa pelanggan anda akan tetap setia dengan bisnis yang anda miliki, terlebih dengan begitu banyaknya kompetitor di industri yang sama. Setiap pebisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan hati pelanggan melalui berbagai jenis digital marketing dan yang lainya.

Produk Kamu Harus Lebih Unggul Dari Kompetitor

Yang pertama bagaimana cara mempertahankan pelanggan yang bisa anda lakukan agar pelanggan selalu setia adalah dengan memastikan bahwa produk anda lebih unggul daripada competitor lain.

Selain mempertahankan pelanggan setia, cara ini juga dapat berpotensi memberikan pelanggan baru. Sehingga anda memiliki pelanggan yang lebih banyak. Hal ini tentu harus anda perhatikan bahkan di awal memulai usaha.

Sebagus apapun pelayanan yang ditawarkan dari bisnis anda, jika produknya dinilai kurang atau tidak memiliki keunggulan, pelanggan bisa kapan saja berpindah tempat. Artinya bahwa, pelanggan akan memilih produk dari brand lain.

Sediakan Saluran Komunikasi yang Lengkap

Cara menarik dan mempertahankan pelanggan yang bisa anda coba adalah dengan menyediakan saluran komunikasi yang lengkap. Di era digital sekarang ini, semua orang cenderung berbelanja secara online. Itulah kenapa anda harus berada di berbagai platform mulai dari website hingga media social dan marketplace.

Anda bisa memastikan bahwa pelanggan memiliki kemudahan akses untuk berkomunikasi dengan bisnis anda bahkan melalui email, whatsapp, dan telepon. Hadir lebih dekat dengan pelanggan melalui media sosial bisa sangat menguntungkan, jadi coba terapkan strategi marketing melalui media sosial atau yang biasa disebut social media marketing.

Yaitu pemasaran yang dilakukan dengan mengandalkan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan yanglainnya. Dengan begitu, anda bisa menjangkau lebih banyak target market yang kemudian bisa anda ubah menjadi calon pelanggan.

Baca Juga : Teknik Marketing Penjualan Menggunakan Strategi Marketing

Lakukan Email Marketing

Selain memasarkan produk melalui media sosial, anda juga bisa memilih email sebagai media pemasaran atau promosi. Ini juga sangat baik untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Anda bisa mengirimkan mereka penawaran spesial atau update terbaru dari brand yang anda miliki.

Buat Loyalty Program

Cara Mempertahankan Pelanggan

Dapatkan Promo dan Hadiah Menarik Lainya Klik DISINI

Jika anda masih bingung cara mempertahankan pelanggan, mengapa tidak membuat program khusus seperti loyalty program? Cara ini cukup efektif membantu anda memicu loyalitas kepada para konsumen.

Coba tawarkan program membership yang memberikan keuntungan atau hadiah yang lebih banyak.

Dengan cara tersebut, secara tidak langsung anda juga bisa melakukan branding sehingga brand dari bisnis kamu semakin dikenal setelah banyak orang yang tertarik untuk mengikuti program yang ditawarkan.

Lakukan Follow Up Konsumen

Cara mempertahankan pelanggan yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah melakukan follow up customer sehingga pelanggan akan kembali melakukan pembelian di kemudian hari.

Kamu bisa menanyakan sejauh apa tingkat kepuasan mereka dan apa yang harus anda perbaiki dari layanan atau lainnya. Anda juga harus siap menerima kritik dan saran dari mereka untuk melakukan peningkatan kualitas produk maupun layanan.

Berikan Kesan yang Baik Kepada Pelanggan

Satu hal yang harus anda ingat adalah pelanggan akan selalu mengingat bisnis atau brand yang berkesan. anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti:

Menampilkan visual menarik dan unik pada website, email bisnis, dan media sosial.

Memastikan website memiliki kecepatan loading yang sangat cepat yang juga berpengaruh terhadap jumlah leads website.

Memastikan bahwa website responsif, user-friendly, dan mobile-friendly.

Kirim Pesan Secara Personal

Cara mempertahankan pelanggan yang cukup terkesan dan agak merepotkan tetapi banyak perusahaan besar yang melakukannya. Data customer harus selalu tersimpan pada sistem database agar nantinya bisa digunakan sebagai rujukan saat mau mengirim email atau chat berisi promosi produk.

Kamu juga bisa mengirim pesan personal untuk mengingatkan agar pelanggan kembali berbelanja produk dari brand milikmu. Pada momen personal pelanggan, seperti beberapa minggu setelah mereka membeli produkmu, jangan lupa untuk turut andil di dalamnya seperti memberikan kode voucher special dan kupon hadiah mennarik lainya.

Anda juga bsa belajar banyak tentang tips & trik terbaru seputar dunia bisnis dengan bergabung menjadi Partnership Delia Hijab. Untuk info selengkapnya bisa klik DISINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?