Teknik Marketing Penjualan Menggunakan Psikologi Konsumen

Keyword : Teknik Marketing Penjualan Menggunakan Psikologi Konsumen

Teknik Marketing Penjualan Menggunakan Psikologi Konsumen yaitu salah satu ilmu atau trik dalam dunia marketing untuk memahami psikologi pelanggan saat mereka mengunjungi  dan melihat produk yang ditawarkan hingga pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Psikologi marketing dapat diterapkan pada strategi pemasaran disocial media marketing, website, dan platform lainnya. Dengan menerapkan psikologi marketing, para penjual dapat lebih mudah memahami kebiasaan, sifat, kecenderungan, dan hal-hal lain yang disukai pcustomer sebelum mereka membeli sebuah produk.

Misalnya, para  wanita memiliki kebiasaan mudah tergiur untuk membeli fashion wanita ketika ada diskon besar-besaran. Mereka tidak peduli produk fashion tersebut memang sedang dibutuhkan atau tidak, yang terpenting adalah mereka tidak ingin melewatkan promo diskon tersebut.

Oleh karena itu, para pebisnis akhirnya memakai promo diskon untuk mempengaruhi pelanggan wanita agar membeli bahkan memborong produk fashion mereka.

Teknik Marketing Penjualan

Join Partnership Delia Hijab Slo Terbatas Klik DISINI

Rahasia Jitu Teknik Penjualan Untuk Memaksimalkan Psikologi Marketing

Menerapkan Prinsip Social Proof

social proof yaitu memanfaatkan berbagai testimoni produk dan review positif dari pelanggan yang telah membeli produk sebelumnya. Selain itu, social proof juga bisa terbentuk dari rekomendasi dari influencer atau public figur. Para influencer yang memiliki banyak followers serta citra diri mereka yang positif di tengah masyarakat membuat sebagian besar calon pelanggan langsung percaya dengan produk yang direkomendasikan oleh mereka.

Agar bisa menerapkan prinsip social proof dalam psikologi marketing, platform media sosial adalah alat yang sangat ampuh seperti. Facebook, Twitter, Instagram dan  Tiktok sebagai media sosial dengan jumlah pengguna paling masif saat ini bisa dimanfaatkan untuk mengunggah berbagai macam testimoni dan rekomendasi dari influence  tanah air.

Menerapkan Prinsip Emotional Marketing

Teknik Marketing Penjualan Menggunakan Psikologi Konsumen Selanjutnya adalah Prinsip emotional marketing berfungsi untuk menumbuhkan emosi positif dari calon customer bisnis kalian. Misalnya, sebuah perusahaan mengajak para calon customer mereka untuk membeli produk sekaligus berdonasi untuk masyarakat kurang mampu.

Sehingga bisnis yang berjalan pun juga akan ada nilai berkah karena selain mencari keuntungan, juga mampu menyebarkan nilai positif kepada semua customernya melalui ajakan membeli sambil berdonasi.

Baca Juga : Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM

Membuat Produk Seolah olah Langka

dengan membuat produk yang dijual seakan akan cepat habis atau langka. Hal tersebut dapat membuat para calon customer berlomba-lomba untuk membeli produk sebelum kehabisan karena mereka mengira bahwa banyak yang ingin membeli produk tersebut.

Teknik Marketing Penjualan Menggunakan Psikologi Konsumen. Apabila bisnis kamu memakai platform marketplace untuk memasarkan produk, jangan menampilkan stok yang terlalu banyak di marketplace tersebut. Masukkan stok jumlah yang sedikit sehingga terkesan produk tersebut cepat habis atau stok terbatas.

Atau bisa juga memakai label “limited edition” pada suatu produk agar menambah kesan eksklusif dan tidak pasaran.

Menerapkan Prinsip Timbal Balik

Prinsip timbal balik banyak sering digunakan oleh para pelaku bisnis saat ini. Biasanya mereka menggunakan strategi ini untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan. Contoh penerapan prinsip timbal balik dalam strategi marketing yaitu dengan menawarkan pemberian hadiah, diskon, poin, atau bonus ketika pelanggan selesai melakukan transaksi pembelian produk.

Poin atau koin bonus tersebut dapat dikumpulkan dan ditukar untuk mendapatkan diskon atau hadiah pada pembelian selanjutnya. Dengan begitu, pelanggan akan terus berlangganan pada produk kalian.

Selain Itu kamu juga bisa mendapatkan Double Point dan hadiah menarik lainya dari Delia Hijab. Klik DISINI.

Promo Untuk Pelanggan Tertentu

Dalam menjalankan Teknik Marketing Penjualan Menggunakan Psikologi Konsumen, tentu riset adalah hal yang wajib dilakukan. Ketika mengetahui calon pelanggan mana saja yang loyal terhadap produk tertentu, maka jadikan pelanggan tersebut target market untuk diberikan diskon spesial.

Melalui strategi tersebut, para pelanggan akan merasa lebih dispesialkan. Bukan hanya itu, pemberian diskon juga lebih tepat sasaran karena diterapkan melalui prinsip personalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?