Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM

Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM bisa diartikan sebagai strategi dalam membangun dan mempromosikan citra diri kamu dihadapan orang lain. Personal branding juga bisa dilihat dari penampilan, gaya berbicara, hingga akun sosial media milik kalian. Simplenya, personal branding adalah persepsi seseorang yang kamu bentuk terhadap dirimu sendiri.

Itu sebabnya,untuk membangun personal branding,anda  mesti berhati-hati sekaligus akurat dalam menyampaikan berbagai nilai, keyakinan, dan tujuan anda. Dengan begitu, anda dapat membentuk bagaimana persepsi seseorang terhadapmu sesuai dengan anda mau.

Personal branding tidak hanya untuk mengenalkan ciri khas atau keunikan diri anda saja, namun juga dapat digunakan bagi para pelaku UMKM yang sedang merintis usahanya. Bisa dibilang, strategi ini cukup membantu seseorang, atau organisasi lebih mudah dikenal dan dipercaya oleh orang lain yang lebih luas.

Pentingnya Personal Branding

Cek Double Point Sekarang Juga!

Berikut adalah Pentingnya Membangun Personal Branding untuk Bisnis Anda

1. Membangun Relasi

Dalam dunia usaha, Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM membangun relasi merupakan hal yang cukup penting. Dengan adanya relasi, anda jadi bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Misalnya saja pemilik modal, supplier, dan yang lainya.

Memiliki reputasi yang cukup positif tentu dapat membuatmu lebih mudah dalam menjalin networking. Bukan hanya itu, bila anda membangun branding yang bagus, maka akan lebih mudah untuk menemukan partner yang bersedia bekerja sama untuk memajukan bisnismu itu.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Di era digital seperti sekarang ini, hampir seluruh kegiatan jual beli terjadi secara online atau tanpa tatap muka. Untuk itu, trusted jadi hal utama dalam menjalankan bisnis di era digital ini. Di sinilah strategi personal branding sangat dibutuhkan.

Adapun caranya yang bisa dilakukan untuk membangun personal branding yang positif ini yaitu dengan memastikan barang yang ditawarkan kualitasnya sangat terjamin, menjalin komunikasi yang baik dengan para konsumen, berusaha untuk selalu jujur dan terbuka, membuat sistem pembelian yang mudah, konten pemasaran yang menarik, dan masih banyak lainnya yang bisa kalian coba.

Baca Juga : Memulai Usaha Baru Dari Nol Secara Efektif

3. Nama Brand Akan Diingat Pelanggan Dengan Baik

Salah satu keberhasilan Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM didunia bisnis adalah nama brand akan selalu diingat oleh pelanggan. Jika produk yang anda jual sudah diingat dengan baik oleh pelanggan, artinya branding yang telah dibangun sejak awal telah berhasil dan melekat di produknya. Jadi cukup wajar, bila strategi ini begitu penting untuk diterapkan di bisnis yang sedang anda jalankan.

Join Parnership Delia Hijab Klik Selengkapnya

Tips Membangun Membangun Personal Branding Bagi Pelaku UMKM

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bagi para pelaku UMKM untuk membangun Personal Branding di bisnis yang sedang dijalankan.

1. Pelajari Kemampuan Public Speaking yang Baik

Dengan memiliki keterampilan komunikasi atau kemampuan menggerakan orang lain untuk melakukan suatu tindakan, anda akan lebih percaya diri untuk mempromosikan produkmu di depan banyak orang. Disaat semua oraang mulai menerima produkmu itu, artinya bahwa branding yang sudah anda bangun telah tersampaikan ke khalayak luas!

Jika anda termasuk yang sulit atau takut untuk berbicara di depan banyak orang, anda jangan khawatir. Karena, kemampuan ini sangat bisa untuk diasah secara perlahan. Pada tahap awal, cobalah untuk membiasakan diri dengan berbicara di depan cermin.

Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM Setelah itu, cobalah berbicara di depan orang terdekat sambil mencoba melakukan kontak mata dengan mereka. Jangan ragu untuk meminta saran dari orang-orang terdekatmu, sehingga anda dapat memperbaiki kekuranganmu.

Baca Juga : Contoh Bisnis Di Era Digital Yang Sangat menjanjikan

2. Manfaatkan Media Social Pribadi

Media sosial bisa menjadi media promosi sekaligus sarana menjangkau audiens atau customer yang lebih luas. Dengan media sosial, anda tidak perlu lagi repot membuat brosur dan membagikannya ke orang-orang.

Cukup dengan membuat konten dengan desain promo yang menarik, lalu mengunggahnya di akun media sosial pribadi, anda bisa memperkenalkan produk ke banyak orang. Walaupun ada banyak media sosial yang bisa anda manfaatkan, namun kembali lagi ke kebutuhan anda dan target market yang ingin dicapai.

3. Melakukan Kolaborasi Dengan Pelaku Usaha Lain

Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM, walaupun sama-sama menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan, bukan berarti anda harus menganggap semua pelaku usaha adalah saingan. Bagi para UMKM, menjalin kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai pihak justru dapat meningkatkan nilai penjualannya.

Bukan hanya itu, hal tersebut juga menjadi cara untuk menciptakan kreativitas dalam usaha, meningkatkan brand awareness, hingga membangun reputasi bisnis. anda bisa mengajak berbagai merk produk sebagai bagian dari aliansi bisnis. Tak perlu khawatir produkmu akan kehilangan identitasnya.

4. Aktif Mmengikuti Seminar dan Event Usaha Lainya

Kunjungi Marketplace Kami Klik DISINI

Pentingnya Personal Branding Bagi Pelaku UMKM yang anda geluti juga dapat semakin berkembang bila anda aktif mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan bisnis. Bisa berupa menghadiri workshop atau pelatihan kewirausahaan, terlibat dalam komunitas yang sejalan dengan lini usaha anda, hingga menjadi pembicara di acara seminar dan masih banyak lainnya. Berbagai kegiatan yang sudah disebutkan tadi nyatanya menawarkan banyak sekali manfaat untuk keberlangsungan bisnismu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?