Cara Mengatasi Alergi Dingin Secara Alami

Keword : Cara Mengatasi Alergi Dingin Secara Alami

Cara Mengatasi Alergi Dingin dapat terjadi pada siapa pun, kapan pun, dan terjadi saat seseorang terpapar suhu yang cukup dingin sehingga tubuhnya tidak dapat menoleransi.

Alergi dingin menyebabkan kondisi di mana muncul bentol-bentol pada tubuh beberapa menit setelah terpapar suhu dingin. Alergi dingin yang menyebabkan cold urticaria atau bentol bentol pada kulit akan memunculkan reaksi gatal seperti bekas gatal.

Akan tetapi ada juga alergi dingin yang menyebabkan penderitanya bergejala seperti flu, batuk, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan lainya. Jika dibiarkan, bahaya alergi dingin dapat menimbulkan sesak napas pada tubuh.

Baca Juga : Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Kesehatan Tubuh

Mengenal Alergi Dingin

Alergi dingin ialah salah satu jenis alergi yang disebabkan oleh suhu dinginyang cukup ekstrim sehingga timbul reaksi alergi pada tubuh yang hampir mirip dengan flu dan pilek.

Kondisi alergi dingin dapat memengaruhi tubuh seseorang seperti muncul gejala pilek pada hidung, mata, bahkan bentol pada kulit. Bahkan alergi dingin dapat menyebabkan penderitanya mengalami asma atau gangguan pada pernapasan lainnya.

Ciri-ciri alergi dingin yang paling sering adalah saat seseorang mengalaminya yaitu ketika cuaca sangat dingin misalnya menghirup udara dingin pagi hari atau malam hari. Alergi dingin berbeda dengan gejala sinusitis atau pilek karena virus lainnya.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Berikut Adalah Tips Mengatasi Alergi Dingin Secara Alami

Alergi dingin yang cukup parah bisa menggunakan obat tertentu untuk meredakannya, Akan tetapi ada juga cara mengatasi alergi dingin secara alami bila alerginya tidak terlalu parah.

Beberapa orang yang mengalami sesak napas disebabkan karena alergi dingin mungkin harus segera konsultasi ke dokter karena jika dibiarkan justru menimbulkan penyakit lainnya. Dilansir melalui berbagai sumber, berikut ini adalah cara mengatasi alergi dingin secara alami:

1. Menggunakan Air Garam Hangat

Cara mengatasi alergi dingin secara alami yang pertama bisa memakai air garam hangat. Siapkan satu wadah ukuran sedang lalu masukkan kurang lebih satu liter air hangat pada wadah tersebut dan tambahkan garam secukupnya.

Garam yang dipilih sepertinya tidak boleh sembarangan, yang sangat disarankan adalah garam yang digunakan untuk terapi dan bebas sodium. Kalian bisa mencampurkan semuanya kemudian hirup air garam hangat tersebut secara perlahan. Air garam hangat juga dapat membantu meredakan hidung yang tersumbat.

Baca Juga : Peluang Usaha Kreatif Beserta Gajinya

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Menghirup udara segar dipagi hari bagi penderita alergi dingin cukup mengganggu, mereka akan seketika bersin-bersin atau batu berkali-kali. Untuk meredakannya, kalian bisa segera menyeduh minuman hangat karena akan cukup membantu meredakan bersin-bersin atau gejala alergi dingin lainnya.

Bisa berupa hanya air putih hangat biasa atau bisa dicampur dengan lemon, bisa juga air hangat dari rebusan jahe dan sereh, dan yang lainya.

3. Mengkonsumsi Yogurt

Yogurt adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin dan probiotik tinggi yang merupakan salah satu Cara Mengatasi Alergi Dingin. Bakteri baik pada yogurt akan cukup membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh seseorang.

Yogurt juga dapat membantu pada sistem pernapasan agar lebih lancar selain itu juga digunakan untuk asupan tambahan penghalau virus dan penyakit lainnya.

4. Cobalah Untuk Minum Madu

Alergi jenis apapun sering terjadi karena kondisi imunitas tubuh yang menurun. Madu dapat membantu memelihara kesehatan dan kebugaran pada tubuh seseorang. Pilihlah madu yang sesuai selera dan kebutuhan.

5. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau sudah sejak lama dapat membantu menetralkan racun pada tubuh, sama halnya dengan alergi yang tiba-tiba datang. Bila memungkinkan mencari air kelapa, maka akan cukup membantu penderita alergi meredakan alergi yang sedang dialami.

6. Menjaga Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Gabung Sekarang!

Tips terakhir Cara Mengatasi Alergi dingin yaitu Badan yang sehat dan imunitas yang terjaga bisa menjadi satu alasan alergi yang dimiliki kalian tidak kambuh walaupun sedang berada di cuaca yangsangat dingin sekalipun. Alergi dingin akan berhenti apabila pemicunya dijauhkan, namun saat kondisi badan fit dan sehat, alergi dingin bis jauh berkurang.

Coba juga untuk melakukan olahraga dan diet sehat secara rutin sebagai penunjang gaya hidup sehat aktif. Lakukan min 30 menit setiap hari, tak perlu olahraga berat, cukup berjalan-jalan ringan pada pagi hari, jogging, bersepeda, atau berenang. Lakukan olahraga yang mudah dijangkau ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?