Cara Mengatasi Overthinking yang Sering Muncul

Keyword : Cara Mengatasi Overthinking yang Sering Muncul

Car Mengatasi Overthinking yaitu suatu kondisi di mana kamu memikirkan dan mengkhawatirkan suatu hal berulang-ulang kali. Bahkan orang yang sering mengalami overthinking biasanya sulit untuk fokus menentukan keputusan yang tepat karena semua tidak didasarkan pada pikiran yang jernih.

Banyak contoh dari dampak overthinking yang tidak disadari sebagian besar orang. Jika kamu berulang kali memikirkan apakah si kecil akan baik-baik saja di hari pertamanya sekolah lalu kemudian merasa cemas berlebihan, ini artinya kamu overthinking.

Overthinking mmerupakan salah satu penyebab kesehatan mental yang terganggu hingga menimbulkan kecemasan berlebih hingga depresi yang memerlukan penanganan khusus. Dampak Overthinking akan berpengaruh pada :

1. Kesehatan Mental yang Terganggu

Kesehatan mental yang terganggu akan menjadi salah satu dampak overthinking yang tidak kasat mata. Seseorang dengan overthinking bisa tiba-tiba merasakan sedih, tidak berguna, sampai ketakutan akan suatu hal yang sungguh luar biasa.

Overthinking ini semakin lama juga akan mengakibatkan seseorang merasa depresi atau tertekan, bahkan perasaan sedih yang berkepanjangan.

2. Pola Pikir yang Tidak Sehat

Bukan hanya mental yang terganggu, dampak overthinking juga bisaberpengaruh pada cara seseorang berpikir dan mengambil keputusan. Beberapa orang dengan kondisi ini gampang sekali goyah dengan keputusan yang diambil, sulit menentukan jalan hingga mengambil keputusan yang cukup konyol tanpa pikiran yang matang.

3. Pola Tidur yang Buruk

Memiliki gangguan tidur seperti insomnia karena pikiran mereka yang hampir terus bekerja. Hal ini adalah ciri buruk yang mengakibatkan overthinking, karena orang yang susah tidur memiliki kesehatan fisik yang tidak segar dan bugar. Mereka rentan terkena penyakit karena kualitas tidur yang cukup buruk dan tidak sehat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Alergi Dingin Secara Alami

Cara Mengatasi Overthinking

Gabung Sekarang

Cara Mengatasi Overthinking Secara Alami

Cara mengatasi overthinking bisa dimulai dengan cara yang lebih alami, dan mungkin masih dapat tertangani walau tidak pergi ke dokter. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi overthinking yang cukup mengganggu.

1. Yakin dan Optimis Menjalani Hidup

Cara mengatasi overthinking pertama adalah memulainya dari dalam diri sendiri. Kamu harus menanamkan bahwa dampak overthinking semakin lama akan semakin mengganggu kesehatan jasmani maupun rohani serta mengusik aktivitas harian.

Mulailah yakin kepada diri sendiri tentang segala hal yang sedang kamu hadapi dan selalu optimis saat menjalani kehidupan. Hiduplah untuk saat ini, lupakan yang telah berlalu, ambil pelajaran dan hikmahnya mulai melangkah mempersiapkan masa depan yang lebih baik lagi.

2. Lakukan Yoga atau Meditasi

Beberapa olahraga seperti yoga atau meditasi sangat cocok untuk kesehatan dan keseimbangan pikiran kamu. Ini merupakan cara mengatasi overthinking yang cukup jitu dan sangat bermanfaat karena bukan hanya akan membuat pikiran tenang namun juga menjaga badan lebih sehat lagi.

3. Tuangkan Masalah pada Buku Harian

Bagi kamu yang suka menulis, cara menghilangkan overthinking bisa dilakukan dengan menulis kekhawatiran dan masalah kita pada buku harian atau perangkat smartphone lainnya.

Buatlah sebuah tulisan seperti tuisan rasa syukur, namun kali ini kamu bisa menuliskan apa saja yang membuat overthinking ini terus berkembang. Menulis adalah salah satu cara efektif menghilangkan overthinking yang cukup menyenangkan.

Baca Juga ; Peluang Usaha di Bidang Industri Kreatif Beserta Gajinya

4. Fokus pada Penyelesaian Masalah

Sering kita tidak fokus pada penyelesaian masalah dan hanya berfokus pada masalah yang muncul saja. Ini adalahh dampak overthinking yang cukup merugikan.

Apabila dihadapkan pada satu masalah, usahakan terlebih dahulu untuk tidak mengutamakan overthinking kita, namun harus fokus terhadap penyelesaian masalah yang bisa dilakukan. Memikirkan solusi yang tepat akan mencegah munculnya overthinking berkembang lebih buruk lagi nantinya.

5. Minumlah Air Putih

Cara Mengatasi overthinking selanjutynya adalah ketika overthinking sedang menguasai pikiran kamu, maka sebaiknya kamu duduk dengan tenang terlebih dahulu. Lakukan tarikan nafas panjang lalu kemudian keluarkan perlahan, buatlah diri kamu setenang mungkin.

Setelah itu, minumlah air putih secukupnya karena akan membantu mengembalikan kejernihan pikiran kamu. Air putih bukan hanya membantu menjernihkan pikiran yang sedang kacau saja, tetapi juga dapat membantu memelihara kesehatan pada tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?